DISITU
04 Sep 2018

5 Ciri Gadai Motor Pribadi Yang Perlu Anda Ketahui

Bagi sebagian besar masyarakat mengunjungi tempat gadai adalah salah satu solusi favorit untuk memenuhi kebutuhan dana mendesak. Ada tiga tempat gadai motor yang populer di kalangan masyarakat, yaitu leasing pegadaian, pegadaian BUMN dan jasa gadai motor pribadi. Ketiga tempat gadai motor itulah yang dikenal oleh masyarakat, dan sering menjadi tujuan jika membutuhkan dana cepat. Gadai motor milik pribadi adalah tempat gadai yang paling dekat dengan masyarakat karena berada di tengah-tengah kegiatan masyarakat, seperti pasar.

Gadai motor miliki pribadi memiliki karakteristik khusus yang berbeda dengan tempat gadai resmi seperti leasing dan Pegadaian milik BUMN. Anda harus mengetahui karakteristiknya terlebih dahulu sebelum menggadaikan motor Anda kepada tempat gadai pribadi, untuk berhati-hati. Berikut adalah karakteristik gadai motor Pribadi yang perlu Anda ketahui:

1. Pinjaman Ditawarkan Dengan Jaminan BPKB Atau Unit Motor

Pihak pengelola biasanya menawarkan jasa mereka kepada nasabah berupa pinjaman uang dengan jaminan BPKB atau unit motor. Untuk jaminan BPKB hanya diberikan kepada nasabah yang sudah dikenal atau sudah menjadi langganan. Namun untuk nasabah baru yang baru dikenal biasanya pengelola akan meminta jaminan unit motornya untuk ditinggal di tempat gadai. Jaminan akan dikembalikan jika Anda berhasil mengembalikan uang pinjaman beserta bunganya.

2. Proses Cepat Hanya Dalam Hitungan Menit

Karena milik pribadi maka mekanismenya sangat mudah tidak rumit seperti di lembaga resmi yang terikat aturan. Proses pencairan pinjaman hanya dalam hitungan menit saja, asalkan barang jaminan sudah diterima beserta suratnya. Pihak pengelola akan segera mencairkan pinjaman Anda setelah menerima barang jaminan, secara tunai. Maka dari itu gadai pribadi menjadi primadona bagi pedagang di pasar yang membutuhkan tambahan modal usaha.

3. Persyaratan Mudah Dan Sederhana

Untuk mendapatkan pinjaman dari tempat gadai pribadi tidak akan diminta persyaratan yang rumit. Persyaratannya sangat sederhana, selama unit kendaraan dan BPKBnya sesuai dengan nama nasabah maka pinjaman akan dicairkan. Karena milik pribadi maka keputusan mutlak ditangan pengelola secara pribadi. Anda tidak akan dimintai dokumen pendapatan, rekening listrik atau dokumen penunjang lainnya.

4. Bunga Tergantung Pengelola

Bunga yang dibebankan kepada nasabah dihitung secara global, tidak menggunakan suku bunga seperti di bank. Perhitungan bunga hanya satu kali selama jangka waktu pinjaman, tidak dihitung harian atau bulanan. Jadi kapan pun Anda bisa melunasi pinjaman, besarnya bunga tetap sama saja, perhitungannya sangat fleksibel. Bahkan Anda bisa tawar menawar bunga dengan pihak pengelola secara pribadi, karena memang tempat gadai miliki pribadi.

5. Tenor, Jangka Waktu Pinjaman Pendek

Jangka waktu atau tenor yang diberikan kepada nasabah umumnya pendek, hanya dalam hitungan minggu dan maksimal 6 bulan. Dalam jangka waktu tersebut Anda harus bisa melunasi pinjaman yang Anda terima beserta bunganya. Jika belum bisa melunasi biasanya akan dikenakan bunga kembali dengan cara memperbarui pinjaman Anda, atau membayar bunganya saja.

Demikian karakteristik gadai motor pribadi yang harus Anda ketahui sebelum menggadaikan motor Anda. Meskipun seperti menawarkan berbagai kemudahan, namun Anda harus cermat agar tidak kehilangan barang jaminan Anda. Hal ini karena belum ada regulasi yang jelas mengenai gadai unit yang biasanya dilakukan pada tempat gadai perorangan. Alternatif tempat gadai yang aman dan terpercaya adalah gadai online melalui disitu.com yang memiliki kemitraan dengan banyak lembaga keuangan resmi. Dapatkan segera penawaran pinjaman dengan jaminan BPKB dari lembaga keuangan mitra disitu.com.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT