DISITU
10 Feb 2019

Apa itu asuransi pendidikan? Temukan jawabannya di sini

Tak dipungkiri, biaya pendidikan kian tahun semakin mahal. Bertambah tingginya biaya pendidikan ini misalnya diketahui dari kontribusinya terhadap inflasi nasional menurut data dari Badan Pusat Statistik atau BPS. Kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga memberikan andil hingga 0,54 persen untuk inflasi nasional pada September 2018.

Kepala BPS Suhariyanto memperinci dari keseluruhan biaya pendidikan tersebut, biaya kursus atau pelatihan bertambah 0,47% sementara perlengkapan dan peralatan pendidikan ikutan naik 0,37%. Pertambahan tersebut berbarengan dengan awal masuknya tahun ajaran kuliah baru. Naiknya biaya kuliah berimbas pada bertambahnya kontribusi kelompok pendidikan di atas.

Asuransi

Tak mengherankan bahwa banyak orang tua yang begitu mempunyai anak langsung memikirkan untuk membeli asuransi pendidikan. Lalu, apa itu asuransi pendidikan? Secara umum, asuransi pendidikan merujuk pada produk asuransi yang memberikan perlindungan bagi orang tua akan masa depan anak mereka.

Pertanyaan apa itu asuransi pendidikan berikutnya menyinggung soal manfaat produk ini bagi pembelinya. Para pembeli produk ini dapat memastikan sang anak tetap bisa memperoleh biaya pendidikan jikalau ada hal buruk menimpa orang tua mereka. Pencairan produk asuransi jenis ini bisa menyesuaikan dengan jenjang pendidikan sang anak, apakah TK, SD, SMP, SMU hingga bangku kuliah.

Masih menyinggung soal pertanyaan apa itu asuransi pendidikan, yang publik biasanya ingin ketahui adalah besaran bunga per tahunnya. Sebab bersifat seperti tabungan jangka panjang, produk asuransi pendidikan umumnya menawarkan bunga yang lebih tinggi. Layaknya produk investasi lainnya, asuransi pendidikan baru bisa diambil sesuai kesepakatan, yang biasanya memakan waktu bertahun-tahun.

 

Baca juga: Simulasi Kredit Motor Pegadaian Beserta Syaratnya

 

Poin lain terkait apa itu asuransi pendidikan adalah jenis yang bisa dipilih. Ada pilihan asuransi pendidikan dwiguna dan asuransi unit link. Asuransi pendidikan dwiguna pada dasarnya memberikan keuntungan untuk dana pendidikan yang lebih kecil dari jenis unit link karena memang tidak mengaplikasikan sistem investasi. Jadi, keuntungan yang diperoleh nasabah sudah jelas.

Asuransi

Hal ini berbeda dengan tipe unit link dimana memadukan manfaat perlindungan dan investasi di masa depan bagi pembelinya. Oleh karena itu, biasanya bunga atau keuntungan yang diperoleh pembeli atau pemegang polis unit link lebih tinggi dibandingkan dengan tipe dwiguna.

Kurang lengkap rasanya jika penjelasan apa itu asuransi pendidikan di atas tidak menyertakan beberapa hal penting yang perlu diketahui sebelum membeli produk asuransi pendidikan. Masyarakat perlu memahami membeli produk asuransi pendidikan dapat berarti bahwa mereka memilih menempatkan uang pada perusahaan yang akan menginvestasikannya pada instrumen investasi dengan risiko, seperti saham atau obligasi. Sehingga kinerja perusahaan ini menentukan keuntungan bagi pemilik polis produk asuransi pendidikan nantinya. Hal ini berbeda dengan membeli produk tabungan pendidikan yang tidak melibatkan risiko tertentu, yang pastinya dengan pembagian keuntungan jelas.

Asuransi

Publik juga harus mengetahui berapa biaya dan potongan dalam produk asuransi pendidikan tersebut sehingga tidak kaget jika pada awal tahun akan mengetahui dana baru sedikit yang terkumpul. Poin lainnya adalah memilih secara cermat produk asuransi dan jangan mudah terbuai oleh promo agen asuransi yang terkadang terdengar fantastis. Bekali dengan pengetahuan yang cukup mengenai polis, premi dan aspek penting lainnya terkait dengan produk asuransi pendidikan.

Hal penting lainnya adalah masyarakat perlu mengetahui berapa besaran uang pertanggungan yang akan diterima oleh si anak jika orang tua mereka meninggal dunia. Jangan sampai terlalu memperhatikan jumlah investasi sehingga mengabaikan berapa yang akan diterima oleh sang anak.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT