DISITU
03 Jan 2019

Asuransi Mobil Syariah Dan Asuransi Kesehatan Syariah

Asuransi merupakan sebuah kebutuhan atau pun investasi yang cukup diminati oleh masyarakat Indonesia. Di dalam dunia asuransi, memang terdapat dua pilihan untuk masyarakat, yaitu asuransi konvensional dan juga asuransi syariah. Namun untuk sebagian masyarakat cenderung lebih memilih asuransi syariah karena terbilang tidak bertentangan dengan Islam. Perbedaan yang ditonjolkan sendiri adalah dari aspek keadilan di dalam transaksinya.

asuransi-syariah

Di dalam asuransi syariah juga terdapat beberapa pilihan produk asuransi yang ditawarkan, contohnya saja asuransi mobil syariah dan juga asuransi kesehatan syariah, dimana kedua produk asuransi tersebut terbilang sangat penting dan cukup banyak diminati oleh masyarakat. Mengingat mobil merupakan sebuah kendaraan yang dapat menunjang kegiatan sehari – hari, sedangkan kesehatan menjadi faktor yang sangat penting untuk diperhatikan.

Asuransi Mobil Syariah

asuransi-syariah

Asuransi mobil syariah sendiri menjalankan aktivitasnya dengan sesuai prinsip syariah, dimana menganut prinsip hukum Islam yang berdasarkan fatwa yang sudah dikeluarkan oleh Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia. Untuk perjanjian di antara konsumen dan juga perusahaan asuransi juga akan dilakukan dengan menggunakan akad tabarru’ atau hibah. Di dalam asuransi ini sendiri nantinya dana yang dikumpulkan secara bersama dengan nasabah yang lainnya dan harus dikelola dengan baik dan juga sesuai dengan prinsip syariah dimana tidak mengandung unsur perjudian, perbuatan maksiat dan juga barang haram. Dan secara garis besar, asuransi syariah ini lebih memfokuskan prinsip kerjasama, kemudian tolong menolong dan juga saling melindungi. Kemudian prinsip pengelolaan resiko yang mana ditawarkan asuransi mobil secara syariah ini adalah sharing of risk dimana peserta asuransi saling menanggung resiko. Asuransi mobil secara syariah sendiri juga memiliki dua pilihan yaitu total loss only dan juga all risk.

Asuransi Kesehatan Syariah

asuransi-syariah

Sedangkan untuk asuransi kesehatan syariah sendiri pada dasarnya proteksi yang digunakan sama dengan asuransi kesehatan konvensional, namun sanggup untuk memberikan proteksi secara menyeluruh. Dan secara garis besar, asuransi kesehatan secara syariah ini sendiri merupakan pilihan yang tepat jika Anda mencari perlindungan secara menyeluruh untuk anggota keluarga, karena asuransi ini dikelola sesuai syariat Islam. Asuransi kesehatan ini sendiri juga memberikan banyak sekali manfaat. Contohnya saja seperti dapat digunakan oleh siapapun, dalam artian tidak hanya orang yang beragama Islam saja, melainkan orang yang beragama lain pun bisa menggunakan asuransi syariah. Kemudian juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk menabung, dimana sakit bisa saja menyerang kapan saja dan siapa saja, dengan demikian membutuhkan dana yang sangat besar, terlebih jika penyakit yang diderita cukup berat. Dengan adanya asuransi kesehatan yang berbasis syariah ini tentu saja nantinya akan membantu Anda dalam membiayai kebutuhan Anda selama dirawat. Dan untuk pengeluarannya juga tidak terlalu besar karena setiap bulan nantinya akan seperti menabung. Kemudian premi yang nantinya dibayarkan juga akan menjadi harta abadi yang mana berbentuk infaq, yang mana akan terus menjadi harta abadi karena akan menjadi amal dan menjadi ladang pahala untuk Anda. Lalu sistem yang digunakan dalam asuransi syariah sendiri adalah bagi hasil sehingga diusahakan agar nasabah tidak merasa dirugikan di kemudian hari. Selain itu premi dapat dicairkan sebelum jatuh tempo.

Jadi itulah penjelasan secara singkat mengenai asuransi mobil syariah dan juga asuransi kesehatan syariah yang perlu Anda ketahui. Dengan demikian tentu saja Anda bisa menentukan pilihan jika ingin menggunakan asuransi sebagai sebuah bentuk perlindungan untuk kendaraan maupun kesehatan Anda serta keluarga.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT