DISITU
26 Mar 2019

Simulasi Perhitungan Bunga Kredit Mobil Baru dan Bekas

Kebutuhan untuk memiliki mobil sudah menjadi hal yang biasa. Banyak orang yang mengajukan kredit agar bisa mendapatkannya lebih cepat. Karena hanya dengan cara itu membuat perjalanan lebih nyaman dan lancar. Membeli yang baru maupun bekas tidak ada masalah. Yang pasti semua bisa terpenuhi dengan tepat baik mengenai cicilannya dan juga bunganya. Namun sebagian orang yang tidak mempertimbangkan simulasi perhitungan bunga kredit mobil baru dan bekas. Padahal jika melakukannya proses kredit dapat dilalui tanpa menjadi beban baru.

Perbedaan simulasi perhitungan bunga kredit mobil baru dan bekas

Anda yang ingin membeli mobil harus bisa mempertimbangkan apakah membeli baru atau bekas. Walaupun seluruh syarat dan ketentuan tetap sama namun ada perbedaan yang lebih jelas. Yaitu bunga kredit mobil baru dan kredit mobil bekas memiliki persentase yang berbeda. Ini sudah ditetapkan oleh pihak bank atau dealer yang membedakan nilai bunga tersebut. Terdapat banyak resiko yang akan dihadapi jika mengambil kredit mobil bekas. Sehingga menerapkan bunga tinggi adalah cara yang terbaik. Berikut yang harus diperhatikan dalam simulasi kredit :

1. Bunga yang ditetapkan untuk mobil baru dan bekas

Bunga yang ditetapkan untuk mobil baru dan bekas

Untuk bunga kredit mobil baru dan bekas dibedakan sesuai ketentuan Bank Indonesia. Untuk yang baru diberikan bunga 3% per tahun sedangkan jenis bekas diberikan 6% . Namun ketentuan ini juga tergantung dari masalah finansial lembaga kredit yang Anda pilih. Jika lembaga tersebut memiliki laju keuangan yang baik maka bunga yang diberikan pun menjadi kecil. Jika proses kredit seperti ini tentu akan banyak orang yang mengajukannya. Agar Anda memiliki gambaran yang tepat

Baca Juga : Mengenal Kredit Mobil Baru Cicilan Ringan Lebih Dekat

2. Uang muka yang lebih besar untuk mobil baru

Uang muka yang lebih besar untuk mobil baru

Anda juga harus mempertimbangkan uang muka yang harus dibayarkan. Ternyata ada ketentuan berbeda dalam menetapkannya. Semakin kecil harga total sebuah mobil uang mukanya juga murah. Ketetapan persentase pembayaran dp ini antara 25-30%. Jika Anda akan membeli mobil baru dengan harga 200 juta maka dp nya sekitar 60 juta. Jika membeli mobil bekas dengan harga 100 juta maka dp hanya 30 juta.

3. Simulasi mobil baru dan bekas

Simulasi mobil baru dan bekas

Untuk melakukan perhitungan bunga kredit mobil baru dan bekas hanya dibedakan dari persentase yang ditetapkan dealer. Langkah awal Anda harus menghitung dp yang harus dibayarkan. Kemudian lanjut menghitung pokok kredit. Untuk minimal jumlah dp biasanya diberikan 20% dari harga mobil.

Berikut contoh rumusannya :

Harga mobil = 200 juta

Persentase dp = 20%

Total : 20% × 200 juta = 40 juta.

Setelah itu hitung pokok kredit (PK)

PK = Harga mobil - dp

PK = 200 juta - 40 juta = 160 juta

Perhitungan tarif bunga (TB)

Jika Anda akan mengambil tenor 3 tahun maka Tarif bunga yang diberikan adalah 8%

TB = PK - TB %

TB = 160 juta × 8% = 12,8 juta

TB = 12,8 juta × 3 tahun 38,4 juta

Jadi total bunga secara keseluruhan  selama pembayaran 3 tahun yaitu 38,4 juta

Baca Juga : Apa Saja Syarat Untuk Mendapatkan Kredit Mobil Bekas

Mobil Baru atau Bekas, Sesuaikan Dengan Kebutuhan

Mobil baru maupun bekas memiliki resiko masing-masing yang pasti Anda dapatkan. Jika keberuntungan mobil bekas yaitu pembeliannya yang lebih ringan maka beda lagi dengan mobil baru. Anda tidak perlu memikirkan perawatan mobil karena semuanya masih terbilang baru dan terjamin. Agar lebih paham Anda bisa melakukan simulasi perhitungan bunga kredit mobil baru dan bekas dengan mengikuti arahan yang tepat. Lalu pertimbangkan mana yang bermanfaat untuk kebutuhan Anda.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT