DISITU
24 Oct 2018

Cara Menentukan Plat Ganjil Atau Genap Di Jakarta

Sudah ada sistem plat ganjil atau genap di Jakarta yang akan membuat sedikit jalanan di Jakarta menjadi lebih lenggang dari pada biasanya. Plat ganjil genap ini seperti yang sudah diketahui hanya untuk kendaraan beroda empat saja. Jadi tidak akan berlaku terhadap kendaraan beroda dua seperti sepeda motor. Meskipun plat kendaraan mobil genap atau ganjil sudah berjalan cukup lama namun masih saja ada yang masih bingung untuk menentukan mana plat nomor ganjil atau genap. Berikut ini adalah cara untuk menentukan plat ganjil atau genap.

1. Lihat Saja Nomor Terakhir Kendaraan Roda Empat Anda

Peraturan

Untuk menentukan nomor kendaraan Anda apakah termasuk nomor ganjil atau genap sangat mudah sekali. Anda bahkan tidak butuh keahlian khusus untuk menerkanya. Hanya dalam sekali lihat saja Anda pasti sudah tahu kendaraan roda empat Anda termasuk kendaraan berplat motor ganjil atau sebaliknya. Caranya adalah dengan melihat dari nomor paling terakhir plat kendaraan roda empat Anda. Misalnya nomor kendaraan Anda adalah B 6547 S, Anda tinggal lihat saja nomor paling belakang dari B 6547 S. Nomor atau angka paling akhir adalah angka 7 yang berarti adalah nomor ganjil. Sangat mudah bukan untuk menentukannya.

2. Untuk Nomor Kendaraan Roda Empat Berakhiran Nol

Peraturan

Kadang masih ada yang bingung dalam menentukan plat ganjil atau genap bukan? Apalagi jika plat nomor paling akhir adalah angka 0? Jadi bagai mana Anda menentukan 0 termasuk ke ganjilkah atau genap? Dari peraturan yang sudah dibuat, Angka atau nomor nol itu termasuk nomor genap. Mungkin dari Anda ada yang bertanya kenapa termasuk kepada hitungan genap bukan? Nol kan sama sekali tidak bisa dibilang ganjil atau genap bukan? Malah bisa dibilang nomor 0 adalah nomor netral. Cara menentukannya adalah dari peletakannya, seperti yang dilihat 0123. Angka atau nomor nol berada pada urutan genap, kemudian nomor 1 adalah ganjil dan seterusnya. Jadi cara menghitung nol itu dari urutannya.

 

Baca jugaSolusi Kehilangan Kendaraan Dengan Asuransi TLO

 

3. Plat Nomor Ganjil Melintas Pada Tanggal Ganjil

Peraturan

Seperti yang sudah dibahas, setelah Anda tahu nomor kendaraan Anda termasuk ganjil atau genap, Anda juga harus tahu kapan Anda bisa melintasi jalan raya. Caranya adalah dari plat nomor Anda. Jika plat nomor Anda ganjil maka Anda hanya bisa melintas jalan raya yang sudah ditentukan pada tanggal ganjil.

4. Plat Nomor Genap Melintas Pada Tanggal Genap

Peraturan

Untuk plat nomor genap juga hanya melintas pada tanggal genap saja. Jadi semuanya sudah diatur, Anda tinggal menjalani saja aturan dan mentaatinya.

5. Hanya Beroperasi Beberapa Jam Saja

Peraturan

Anda juga tidak perlu khawatir karena aturan ganjil genap hanya terjadi 2 sampai 3 jam saja. Terjadinya hanya pada waktu sibuk yaitu di waktu sibuk pagi hari dan di waktu sibuk sore hari. Oleh karena itu, aturan ganjil dan genap tidak akan terlalu mengganggu Anda dalam berkendara atau beroperasi di jalanan ibu kota. Malah aturan ganjil dan genap adalah salah satu solusi untuk masalah jalanan ibu kota Jakarta yang macet. Yang perlu Anda ketahui dari aturan ganjil genap tentu saja adalah hari, waktu, dan plat nomor Anda. Apakah plat nomor Anda ganjil atau genap. Jika Anda mengetahui aturannya, Anda akan terhindar dari kejaran polisi dan juga perjalanan Anda akan aman sampai tujuan tentunya. Semoga cara untuk menentukan plat ganjil atau genap bisa bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT