DISITU
08 Dec 2018

Cari Motor Bekas, Ini Cara Aman Mencari Motor Bekas

Motor bekas adalah solusi bagi Anda yang menginginkan motor dengan budget yang terbatas untuk membeli motor baru. Dalam mencari motor bekas wajar sekali jika Anda merasa sedikit cemas akan beberapa kemungkinan buruk yang mungkin Anda alami. Oleh sebab itu Anda harus berhati-hati saat cari motor bekas untuk Anda beli. Bagaimana cara membeli motor bekas agar mendapatkan motor yang sesuai keinginan dan tanpa resiko penipuan?

Berikut ini adalah langkah mencari motor bekas yang aman untuk Anda.

1. Tentukan Tipe Motor Yang Ingin Anda Beli

beli-motor

Pertama, tentukan terlebih dahulu jenis motor yang Anda inginkan untuk dibeli. Apakah motor bebek, sport atau matik, hal ini penting Anda tentukan untuk mempersempit pencarian agar lebih mudah. Tentukan juga tipe dan mereknya, karena setiap merek memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tentu saja kelebihannya akan mempengaruhi harga jual yang harus Anda bayarkan. Namun jangan khawatir dengan dana yang terbatas Anda bisa mencarinya, caranya akan dibahas pada langkah selanjutnya.

2. Survey Dulu Harga Pasarannya

beli-motor

Cara cari motor bekas yang selanjutnya ialah sebaiknya Anda survey dulu harga pasarannya. Sebelum memutuskan memasuki pasar motor bekas, cari referensi dulu harga jual yang berlaku di pasaran sesuai tahun jenis dan mereknya. Rajinlah membaca media cetak dan online, serta riset harga motor bekas yang Anda inginkan. Biasanya motor dengan tipe yang sama akan berbeda harganya jika tahun keluarannya berbeda. Jadi Anda bisa mencari motor yang Anda inginkan dengan tahun keluaran lebih tua untuk mendapatkan harga yang sesuai.

3. Jangan Sembarangan Memilih Penjual

beli-motor

Setelah mengetahui tipe motor yang Anda ingin beli dan budget yang Anda miliki, sekarang saatnya Anda mencermati tempat jual-beli motor bekas. Carilah penjual yang memiliki track record yang baik, dengan mencari referensi dari teman, saudara atau media tentang penjual tersebut. Dealer motor bekas terpercaya biasanya memiliki prosedur resmi dalam jual-beli motor bekas mereka. Jika Anda membeli di perorangan, maka Anda harus lebih berhati-hati, karena prosedurnya tidak resmi dan belum terstandar. Hal ini tentunya menjadi salah satu cara mencari motor bekas yang sangat penting untuk dilakukan. 

4. Periksa Kelengkapan Surat Dan Kondisi Motor

beli-motor

Cocok dengan tipe, harga dan penjualnya saatnya Anda memeriksa kelengkapan surat kepemilikannya dan surat resminya. Jangan sampai Anda mendapatkan motor bekas bodong, karena akan berbahaya jika Anda gunakan di jalan raya. Selain surat-surat resminya, penting untuk Anda periksa juga kondisi fisik dan mesin motor tersebut. Periksa body, ban, rem, transmisi dan kelengkapan lainnya yang menempel pada motor bekas yang Anda beli.

5. Manfaatkan Fasilitas Kredit Motor Bekas Untuk Mengatasi Kekurangan Budget

beli-motor

Setelah mengetahui tipe dan harga di pasaran saatnya Anda menyediakan dana untuk membeli motor yang Anda inginkan. Jika budget di kantong Anda tidak mencukupi, tenang sekarang ada solusinya untuk Anda. Anda bisa memanfaatkan fasilitas kredit motor bekas yang ditawarkan sebuah institusi keuangan. Ada berbagai prosedur, Anda bisa mengajukan pinjaman untuk membeli motor bekas yang Anda inginkan setelah pinjaman cair.

Demikian langkah-demi langkah yang harus Anda lalui saat cari motor bekas agar mendapatkan motor bekas terbaik dengan budget terbatas. Dan jika dana Anda terbatas, Anda dapat ajukan kredit multiguna di disitu.com. Disitu.com menyediakan fasilitas kredit multiguna yang dapat Anda gunakan untuk membeli motor bekas

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT