DISITU
25 Dec 2018

Cek Tagihan BPJS Sekarang Bisa Secara Online Loh!

Nama BPJS saat ini makin populer, bahkan menjadi andalan, apalagi jika dikaitkan dengan kesehatan. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan merupakan badan hukum yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan. Semua penduduk Indonesia wajib menjadi peserta jaminan kesehatan yang dikelola BPJS. Dengan demikian, Anda pun wajib menjadi peserta BPJS.

Terdapat dua kelompok peserta BPJS Kesehatan, yaitu  (1) Penerima Bantuan Iuran (PBI) jaminan kesehatan, untuk orang yang tidak mampu atau fakir miskin dan (2) Bukan PBI jaminan kesehatan, untuk pekerja penerima upah dan anggota keluarganya; pekerja bukan penerima upah dan anggota keluarganya; bukan pekerja dan anggota keluarganya; dan lain sebagainya.

bpjs

Asuransi kesehatan melalui BPJS ini mewajibkan Anda membayar iuran tiap bulan. Dengan kata lain, tagihan tiap bulan dibebankan kepada Anda dalam jumlah tertentu sesuai dengan kelas atau golongan yang Anda pilih. Anda harus membayar tagihan tersebut tepat waktu agar bisa menikmati layanan BPJS dengan baik. Jika Anda menunggak atau tidak membayar tagihan maka Anda tidak bisa berobat ke dokter dengan nyaman, alias Anda harus merogoh kocek dari uang Anda sendiri karena tidak ditanggung BPJS. Anda harus melunasi tagihan terlebih dahulu baru kemudian bisa menikmati fasilitas yang diberikan BPJS.

bpjs

Cek tagihan BPJS Anda jika Anda lupa membayarnya atau mengalami keterlambatan. Dengan demikian, Anda bisa menyelesaikan tagihan BPJS dengan baik, dan asuransi Anda pun berjalan dengan lancar. Cara mengecek tagihan BPJS pun sekarang mudah, karena bisa melalui online.

Kunjungi website resmi BPJS, bpjs-kesehatan.go.id (https://bpjskesehatan.go.id/). Pada halaman utama klik menu “Cek Pembayaran Iuran”. Isi dua kolom yang terdiri atas Nomor Kartu dan Tanggal Lahir Anda sebagai pemegang kartu BPJS. Setelah itu, ketikkan Angka Validasi. Kemudian, klik Cek. Rincian pembayaran yang Anda lakukan akan muncul pada layar. Anda bisa mengetahui secara lengkap rincian pembayaran yang telah Anda lakukan dan juga tagihan yang belum Anda bayar. Sangat mudah dan praktis. Anda bisa segera melakukan pembayaran tagihan yang tertunggak agar tidak terkendala jika sewaktu-waktu Anda sakit dan perlu berobat ke dokter.

bpjs

Melunasi tagihan Anda pun bisa melalui berbagai cara. Anda bisa mendatangi langsung kantor BPJS, bisa juga melalui ATM BRI, BNI, atau Bank Mandiri. Kantor Pos juga dapat Anda pilih untuk membayar tagihan BPJS. Jika sekalian ingin berbelanja kebutuhan pokok, Anda dapat melunasi tagihan BPJS dengan membayarnya di Indomaret dan Alfamart. Jika Anda hendak memanfaatkan jaringan internet untuk melunasi tagihan BPJS, Anda bisa melakukan pembayaran melalui Loket Pembayaran Multitagihan yang tersedia secara online. Anda tinggal memilihnya mana yang terbaik, yang penting tagihan yang belum terbayar bisa segera dibayarkan.  

 

Baca juga: Simulasi Kredit Motor Pegadaian Beserta Syaratnya

 

BPJS sangat penting dalam menemani Anda menjaga kesehatan, termasuk menjaga kantong Anda tetap aman ketika Anda hendak berobat ke dokter. Syarat pentingnya adalah Anda membayar tagihan tepat waktu. Cek tagihan BPJS Anda secara rutin jika Anda tidak ingin kena denda keterlambatan akibat lalai bayar iuran. Manfaatkan jaringan internet Anda dengan baik karena mengecek tagihan BPJS bisa secara online. Cara ini sangat membantu Anda karena praktis dan mudah. Setelah mengecek tagihan pun Anda juga bisa melanjutkan sekaligus untuk melakukan pembayaran via online, sehingga Anda bisa terhindar dari denda keterlambatan karena kesibukan Anda. Hanya melalui online, dan tak perlu repot, tagihan BPJS Anda bisa aman terkendali.***

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT