DISITU
05 Oct 2018

Hal Penting Dalam Pinjam Uang Gadai Sertifikat Rumah

Gadai sertifikat rumah merupakan salah satu cara mendapatkan pinjaman dana. Cara tersebut sudah banyak dilakukan oleh banyak orang untuk mendapatkan pinjaman dana guna menutupi kebutuhan merek. Baik kebutuhan pribadi maupun untuk kebutuhan modal usaha. Segala kebutuhan saat ini yang semuanya serba menggunakan uang, membuat banyak kalangan orang harus memutar otaknya untuk mendapatkan uang. Mungkin Anda pernah merasakan terdesak dalam kebutuhan yang membutuhkan dana yang tidak sedikit. Maka dari itu, Anda mencoba cara gadai sertifikat rumah ini. Namun sebelum Anda melangkah lebih jauh, ada baiknya perhatikan hal yang berhubungan dengan pinjam uang gadai sertifikat rumah di bawah ini.

Gadai Rumah

1. Pilih Bank Atau Lembaga Keuangan Yang Terpercaya

Saat ini banyak sekali terdapat Bank atau lembaga keuangan lainnya yang berada di tengah-tengah masyarakat. Tapi dari semua lembaga keuangan tersebut, tidaklah semuanya bisa dipercaya. Tak jarang juga banyak lembaga keuangan yang tidak bertanggung jawab terhadap nasabahnya. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda mencari tahu terlebih dahulu lembaga keuangan yang ingin Anda tuju. Lebih baiknya jika lembaga keuangan tersebut telah terdaftar serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan(OJK) agar lebih aman.

Gadai Rumah

2. Perhatikan Persyaratan

Dalam hal menggadaikan barang, tentunya terdapat persyaratan yang harus dipenuhi. Biasanya, calon peminjam minimal memiliki penghasilan Rp 4 juta per bulannya. Namun hal tersebut juga tergantung dengan masing-masing bank atau lembaga keuangan. Selain pendapatan, terdapat juga persyaratan lainnya seperti berkas-berkas penting da juga batasan umur. Setelah semua persyaratan telah Anda lengkapi, maka selanjutnya pihak lembaga keuangan akan melakukan survey terhadap rumah Anda.

Gadai Rumah

3. Perhatikan Lokasi Rumah Anda

Rumah memang merupakan salah satu barang agunan yang bernilai tinggi. Dibandingkan dengan aset lain seperti emas atau kendaraan, rumah memiliki peringkat yang paling tinggi. Namun, Anda juga tidak boleh sembarangan menggadaikan rumah, karena tidak semua rumah bisa untuk digadaikan. Jika rumah Anda berlokasi di tempat yang rawan banjir, maka jelas pihak bank atau lembaga pembiayaan lainnya akan menolak. Selain itu, rumah yang dekat dengan sutet, berada di gang sempit, dekat pemakaman atau rumah bekas pembunuhan tentu juga akan ditolak oleh pihak lembaga keuangan. Beberapa contoh rumah di atas kemungkinan besar akan mendapatkan penolakan terhadap pihak lembaga keuangan. Oleh sebab itu, pastikan terlebih dahulu rumah yang akan Anda gadaikan berlokasi strategis.

Gadai Rumah

4. Tentukan Nilai Pinjaman Sesuai Kebutuhan

Pinjam uang gadai sertifikat rumah bukanlah hal yang sepele untuk dilakukan, karena memang menyangkutkan biaya yang cukup besar. Di samping itu, rumah merupakan aset atau salah satu kebutuhan primer yang sangat berharga. Maka dari itu, pertimbangkan betul-betul uang pinjaman yang akan Anda pinjam untuk kebutuhan yang penting. Jangan mentang-mentang gadai rumah yang mudah diterima,lalu Anda seenaknya meminjam uang dalam jumlah besar. Lalu pada akhirnya Anda tidak sanggup untuk membayar cicilannya.

Gadai Rumah

5. Komitmen Membayar Cicilan

Dengan melakukan transaksi pinjaman dana ke lembaga keuangan, berarti Anda telah memiliki tanggung jawab yang besar untuk membayar cicilan. Oleh karena itu, sebelum meminjam uang ke lembaga keuangan, sebaiknya Anda telah memiliki komitmen untuk membayar cicilan. Jangan sepelekan komitmen tersebut, karena agunan yang Anda ajukan adalah aset yang sangat berharga yaitu rumah.

Itulah sedikit ulasan mengenai pinjam uang gadai sertifikat rumah yang perlu untuk menjadi perhatian Anda. Usahakan sebelum meminjam uang, Anda benar-benar sudah memikirkannya matang-matang.  Karena, rumah yang Anda gadaikan tersebut merupakan kebutuhan yang sangat penting. Jangan sampai rumah Anda disita oleh pihak peminjam karena Anda tidak sanggup untuk membayar cicilan.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT