DISITU
22 Oct 2018

Hal Yang Mempengaruhi Hasil Simulasi Kredit Mobil

Kredit mobil merupakan salah satu solusi dari kebutuhan mobil Anda. Memang saat ini kredit mobil menjadi semakin mudah. Bahkan Anda bisa melakukan pengajuan kredit secara online seperti yang ada di DISITU.COM Tidak hanya dapat melakukan pengajuan secara online, di disitu.com juga tersedia simulasi kredit. Termasuk simulasi kredit mobil baru 4 tahun yang merupakan tenor dengan waktu cukup panjang. Sebelum melakukan simulasi kredit sebaiknya Anda mengetahui beberapa hal yang mempengaruhi hasil simulasi kredit mobil tersebut.

Faktor yang Mempengaruhi Hasil Simulasi Kredit

Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil simulasi kredit tentu harus Anda perhatikan. Ini karena nantinya hasil simulasi kredit dapat menjadi acuan untuk perencanaan keuangan bulanan Anda. Berikut adalah beberapa hal yang mempengaruhi hasil simulasi kredit.

1. Harga Mobil Yang Anda Pilih

Kredit Mobil Baru

Harga mobil menjadi salah satu hal yang paling mempengaruhi hasil simulasi cicilan. Dari harga mobil dan lama waktu kredit akan ditentukan biaya pembayaran tiap bulan. Semakin besar harga mobil tentu biaya cicilan tiap bulan kemungkinan akan semakin tinggi. Jadi sebaiknya Anda memilih mobil yang kiranya cukup sesuai dana yang Anda miliki. Jangan sampai karena mengedepankan gengsi justru Anda memilih mobil dengan harga selangit tapi kesusahan dalam pembayaran bulanan.

2. Lama Waktu Kredit

Kredit Mobil Baru

Besaran hasil simulasi juga dipengaruhi lama waktu kredit. Simulasi kredit mobil baru 4 tahun misalnya tentu akan berbeda hasil dengan simulasi kredit mobil 7 tahun. Semakin panjang waktu kredit, maka kredit yang dibayarkan tiap bulan akan semakin kecil. Namun, biasanya bunga akan semakin naik. Tapi, semua itu bergantung kebijakan dari pihak penyedia kredit. Pilih tenor waktu kredit yang sesuai kemampuan Anda.

Pertimbangkanlah kelebihan dan kekurangan masing-masing tenor. Anda harus dapat menganalisa kelebihan tenor panjang dan kekurangannya. Begitu pula dengan tenor yang memiliki waktu singkat. Karena hal ini akan mempengaruhi hasil simulasi.

3. Besar Bunga Kredit

Kredit Mobil Baru

Bunga kredit adalah hal lain yang harus Anda pertimbangkan saat melakukan kredit. Sebaiknya cari tempat kredit yang memiliki bunga kredit terendah. Meskipun Anda juga harus mempertimbangkan juga faktor lain yang mengikuti bunga rendah tersebut. Biasanya semakin panjang tenor maka bunga kredit akan semakin besar. Tapi, memang dengan tenor yang semakin panjang maka cicilan bulanan akan semakin ringan.

4. Biaya Lain-Lain

Kredit Mobil Baru

Masalah biaya lain-lain memang seringkali lupa diperhitungkan calon nasabah yang akan melakukan kredit. Meskipun memang masalah biaya ini tidak berlaku di semua tempat. Namun, perlu dilihat lagi biaya lain-lain yang dimasukan dalam tagihan debitur meliputi apa saja. Ini tentu penting untuk Anda cermati. Karena akan berpengaruh pada besaran pembayaran kredit tiap bulan.

5. Kebijakan Penyedia Kredit

Kredit Mobil Baru

Kebijakan penyedia kredit menjadi salah satu hal yang berpengaruh pada hasil kredit. Ini karena setiap kebijakan penyedia kredit akan mempengaruhi berbagai faktor di atas. Misalkan tidak semua penyedia kredit menerima tenor lebih dari 4 tahun, lalu masalah bunga dan kebijakan lainnya. Untuk itu alangkah baiknya jika Anda terlebih dahulu mencermati kebijakan calon kreditur yang Anda pilih. Tujuannya tentu mengantisipasi berbagai kemungkinan terkait proses kredit Anda.

Contoh Perhitungan Simulasi Kredit Mobil Baru 4 Tahun

Jika sudah memahami beberapa faktor yang mempengaruhi hasil simulasi kredit sekarang saatnya melakukan simulasi kredit. Seperti contohnya adalah simulasi kredit yang ada di disitu.com. Di sana Anda diminta untuk memasukkan jenis mobil yang akan di pilih serta data diri. Kemudian diminta juga mengisi uang muka serta tenor pinjaman.

Contoh simulasi ketika Anda akan membeli Toyota New Agya 1.0 G M/T dengan harga Rp.134.100.000 dan cicilan 4 tahun. Pengajuan uang muka sebesar Rp.39.360.000 dengan tenor 4 tahun menghasilkan cicilan bulanan sebesar Rp.3.135.000. Harga berikut sudah termasuk dengan bunga tiap bulan.

Hasil simulasi kredit mobil tidak hanya bergantung pada satu faktor. Melainkan ada beberapa faktor yang mengikutinya. Jadi, tidak ada salahnya untuk lebih mencermati faktor-faktor berikut ketika akan melakukan simulasi. Sehingga simulasi Anda sesuai dengan poin-poin yang Anda inginkan.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT