DISITU
23 Nov 2018

Hal-Hal Mengenai Asuransi Syariah di Indonesia

Mungkin kita kini sangat sering mendengar program keuangan berbasis syariah di Indonesia. Saat ini, hampir 50% dari bank di Indonesia menerapkan konsep syariah, baik untuk tabungan, kredit kepemilikan serta asuransi. Saat ini, asuransi syariah di Indonesia menjadi salah satu program asuransi yang banyak diminati oleh nasabah. Mereka berharap bahwa asuransi syariah tidak akan membebani mereka dengan bunga asuransi yang besar, serta premi asuransi yang dapat memberikan perlindungan secara menyeluruh. Namun nasabah juga harus mengetahui detail asuransi syariah yang akan mereka pilih, karena banyak penyedia produk asuransi yang hanya berlabelkan ‘syariah’, tetapi tidak menerapkannya secara aktual.

asuransi

Pada dasarnya, asuransi syariah memiliki konsep sama dengan asuransi lainnya, dimana nasabah mendapatkan fasilitas tabungan serta perlindungan jiwa, sesuai dengan premi yang mereka pilih. Asuransi juga dapat menjadi bentuk investasi jangka panjang yang dapat memberikan perlindungan. Khusus bagi asuransi syariah, penyedia asuransi memberikan program khusus asuransi yang tidak memberatkan nasabah dalam membayar premi tahunan. Dana untuk asuransi syariak dikelola dengan menganut prinsip syariah yang berada di bawah pengawasan dari Majelis Ulama Indonesia atau MUI.

asuransi

Asuransi syariah di Indonesia juga beragam, seperti asuransi pendidikan syariah, asuransi jiwa syariah, dan juga asuransi ibadah haji. Asuransi pendidikan pastinya memberikan perlindungan kontinyuitas pendidikan bagi anak, apabila orang tua atau si pemegang polis tidak dapat lagi memberikan dana pendidikan, baik karena sakit ataupun meninggal dunia.  Si anak juga mendapatkan dana santunan selain dana pendidikan hingga jenjang perguruan tinggi. Ada pula asuransi pendidikan yang memberikan proteksi ganda kepada anak pemegang polis, yakni keberlangsungan pendidikan sekaligus perlindungan jiwa serta santunan kesehatan.

asuransi

Asuransi haji yang ada di Indonesia dapat dipastikan berkonsep syariah, dimana hampir semua bank atau penyedia asuransi menyediakannya. Menariknya, tabungan atau asuransi haji berbasis syariah ini memberikan kemudahan bagi nasabah dalam melakukan pembayaran, yakni secara bulanan, trimester, dan tahunan. Dana dari investasi haji yang diberikan oleh nasabah juga dikelola dengan basis syariah seperti bursa efek syariah, dll. Dana tersebut juga memperhitungkan zakat mal, sehingga nasabah yakin bahwa harta mereka dikelola dengan cara yang halal.  

asuransi

Alangkah baiknya apabila nasabah memilih asuransi syariah di Indonesia yang diberikan oleh penyedia layanan asuransi yang telah mapan, dan menjalankan bisnis asuransi dalam kurun waktu yang lama. Hal ini dapat memberikan jaminan keamanan asuransi, serta kemudahan dalam proses penarikan asuransi saat jatuh tempo. Selain itu, kemudahan asuransi syariah seharusnya juga memberikan kemudahan bagi nasabah atau pemegang polis untuk dapat berkonsultasi ataupun meminta nasehat dalam memilih asuransi syariah yang ditawarkan.

asuransi

Bijak dalam memilih asuransi syariah di Indonesia sangatlah penting, mengingat tidak semua penyedia asuransi benar-benar memberlakukan konsep syariah. Calon nasabah wajib membanding-bandingkan program asuransi syariah yang ada, sehingga mereka tidak salah memilih asuransi. Banyak manfaat yang didapatkan saat nasabah memilih program asuransi yang tepat. Mereka tidak hanya mendapatkan proteksi maksimal melalui asuransi yang mereka pilih, tetapi mereka juga yakin bahwa harta mereka tetap halal, karena pengelolaan dana yang juga berbasis syariah dan berada dalam pengawasan  MUI. Jaminan ini harus ada dalam klausul kontrak, sehingga diharapkan nasabah tidak asal pilih. Asuransi syariah juga tidak akan membebani nasabah dengan biaya premi yang berat, serta menjamin kemudahan kepada nasabah saat dana mereka cair saat jatuh tempo.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT