DISITU
04 Feb 2019

Info Asuransi Dasar yang Harus Anda Pahami

Sekarang ini banyak orang yang menawarkan asuransi. Berbagai jenis ditawarkan agar membuat orang-orang tertarik untuk mengambilnya. Namun sebagian lagi masih kebingungan dengan keuntungan yang bisa mereka dapatkan nantinya. Itu berarti masih kurangnya pemahaman orang-orang tentang asuransi. Padahal jika sudah mengetahui alur kerjanya akan banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Untuk itu lebih baik ketahui info asuransi dasar yang bisa membuat Anda yakin untuk mengambilnya.

Setiap perusahaan penyedia jasa asuransi biasanya akan menawarkan banyak pilihan. Juga menjelaskan setiap prosesnya dengan istilah yang masih awam. Tak hanya itu, kegunaan yang tidak spesifik pun menjadikan banyak orang kebingungan. Untuk itu perhatikan info asuransi berikut agar Anda paham maksudnya :

- Memahami istilah dalam asuransi

Asuransi

Biasanya yang akan membuat bingung yaitu istilah-istilah yang asing digunakan. Untuk mengambil asuransi, calon nasabah harus banyak mencari info mengenai pemakaian istilah ini. Dengan begitu akan mudah paham maksud dan tujuan dari asuransi yang di tawarkan. Istilah 'Premi' akan selalu Anda dengar dalam asuransi karena ini merupakan pembayaran iuran yang harus dibayarkan setiap bulannya.

Kemudian Anda akan diberikan 'polis' yaitu sebuah perjanjian tertulis untuk melakukan kerjasama ini. Nantinya akan diberikan di awal sebagai kontrak asuransi secara resmi. Info asuransi berikutnya yang harus diketahui yaitu memahami 'Klaim' asuransi sebagai bentuk permintaan resmi untuk membayar kerugian atas kecelakaan yang terjadi sesuai ketentuan pada polis yang telah disepakati.

- Membaca perjanjian dengan detail

Asuransi

Untuk memahami asuransi penting sekali membaca polis dengan benar. Karena nantinya semua ketentuan mengenai apa yang akan di dapat dan berapa biaya yang harus Anda keluarkan tiap bulan sudah tercantum. Dalam perjanjian akan terlihat asuransi apa yang akan di ambil. Jangan sampai ketika mengajukan klaim ada berberapa ketentuan yang dirasa tidak sesuai kebutuhan. Padahal sudah dijelaskan sejak awal dalam lembaran polis yang ditandatangani.

- Terdapat berbagai jenis asuransi

Asuransi

info asuransi berikutnya yang wajib diketahui adalah mengenai jenis asuransi. Dari mulai asuransi jiwa, kesehatan, pendidika, kecelakaan dan lain-lain. Pilih jenis asuransi yang dirasa memang memiliki manfaat besar untuk kedepannya. Yaitu dapat meringankan keselematan pribadi dan keluarga. Juga sebagai bentuk tabungan masa depan yang bisa di ambil ketika benar-benar dibutuhkan sesuai dengan perjanjian awal.

 

Baca juga: Simulasi Kredit Motor Pegadaian Beserta Syaratnya

 

- Asuransi tidak termasuk investasi

Asuransi

Dan terakhir jangan samakan asuransi dengan investasi. Karena ini adalah bentuk dua hal yang berbeda fungsinya. Investasi merupakan aset atau tabungan untuk masa depan. Tetapi bisa digunakan sewaktu-waktu sesuai dengan keinginan sendiri. Untuk keuntungan investasi bisa di prediksi dengan perhitungan yang di buat sendiri

Tetapi investasi merupakan aset untuk kebutuhan finansial yang bisa digunakan pada waktu yang ditetapkan. Yaitu ketika mengalami kondisi darurat sesuai jenis asuransi yang di pilih. Misalkan ketika terjadi kecelakaan, sakit atau untuk biaya sekolah maka asuransi dapat berfungsi. Ini merupakan bentuk perlindungan untuk diri sendiri dan keluarga yang menjadi tanggungan dalam asuransi yang di buat.

Ada banyak berbagai info asuransi yang harus Anda pelajari sebelum mendaftarkan diri. Ini sebagai bentuk penjelasan yang terarah agar Anda tahu apa yang harus di pilih sesuai kebutuhan. Perhatikan jenis asuransi mana yang termasuk mendesak agar manfaatnya lebih terasa. Anda bisa memahaminya dengan membaca melalui perusahaan asuransi online yang lebih mudah di akses. Atau bisa juga langsung mendatangi ke tempat asuransi untuk mendengar berbagai penjelasan terkait.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT