DISITU
07 Mar 2019

Ingin Membangun Rumah Idaman? Berikut Rinciannya

Memiliki rumah menjadi kebutuhan banyak orang yang harus diutamakan. Tempat tinggal aman dan nyaman selalu menjadi dambaan. Namun yang jadi pertimbangan biasanya mengenai biaya yang harus dikeluarkan dan terkadang menguras pendapatan. Seiring berjalannya waktu membangun rumah minimalis menjadi solusi yang tepat. Selain aman dan nyaman juga harga masih bisa di jangkau. Tapi sebelum memiliki rumah ada baiknya membuat rincian yang tepat. Termasuk mengenai desain rumah sampai perencanaan finansial untuk menggunakan jasa kontraktor.

Rumah minimalis sudah menjadi salah satu gaya hidup yang banyak diminati. Dengan lahan yang tidak begitu besar mampu membuat konsep yang maksimal untuk nyaman ditempati. Tidak hanya mengenai bangunanya, barang-barang yang di pakai seperti furniture juga terbilang unik. Sehingga membuat ruangan semakin menarik. Jika Anda sedang merencanakan untuk membangun rumah minimalis, mulailah lakukan rincian perhitungan yang tepat seperti berikut ini :

1. Menentukan tipe rumah minimalis yang tepat

Membangun-Rumah-Idaman

Ada banyak tipe rumah minimalis yang bisa dipilih. Anda bisa menyelesaikannya dengan budget atau pun kebutuhan keluarga. Agar rumah yang ditempati akan tetap lapang dan tidak membuat aktivitas tersendat. Karena untuk ukuran sederhana ini biasanya dihuni oleh 2 atau 4 orang saja. Contohnya seperti type 21, 36 atau 45 tergantung dari luas lahan yang Anda miliki. Atau bisa juga memilih rumah dengan dua lantai. Itu tergantung dari selera Anda.

Baca Juga : Mobil Dulu? Rumah Dulu?

2. Menuliskan berbagai kebutuhan bahan bangunan dan perlengkapan rumah

Membangun-Rumah-Idaman

Setelah Anda mengetahui tipe rumah seperti apa yang akan di bangun maka lanjutkan dengan menulis rincian kebutuhannya. Buatlah list bahan bangunan yang akan digunakan dan juga perlengkapan rumah yang nantinya akan dibeli. Pilih bahan bangunan yang kuat dan tidak mudah aus seperti memilih baja ringan untuk atap bagian luar rumah. Mempertimbangkan furniture dan hiasan dinding untuk di ruang tamu. Atau membuat desain kamar mandi dengan gaya modern. Untuk membeli semua kebutuhan tersebut harus dibuat catatan harga sebagai gambaran pengeluaran.

Baca Juga : Simak Tips untuk Membeli Bahan Baku Perabotan Rumah

3. Persiapkan dan dan mulailah bangun rumah

Membangun-Rumah-Idaman

Jika semua perencanaan tersebut sudah Anda lakukan maka persiapkan dana dan mulailah bangun rumah. Mempersiapkan dana ini sebenarnya harus dilakukan jauh-jauh hari yaitu membuat tabungan khusus untuk memiliki rumah impian. Namun jika ternyata uang masih belum mencukupi Anda bisa mengajukan pinjaman yang sekarang banyak ditawarkan. Dengan begitu akan meringankan dana yang harus Anda sediakan.

Baca Juga : Pinjaman Uang Online Bisa Beli Rumah!Bisa Anda Pilih

4. Besaran dana yang harus dikeluarkan

Membangun-Rumah-Idaman

Ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi besaran biaya membangun rumah. Anda harus memiliki cadangan uang yang melebihi dari perhitungan yang sudah dirincikan. Karena akan ada kebutuhan tambahan yang diluar dari perencanaan tersebut. Jika ini sudah dipersiapkan tidak akan mengganggu proses pembangunannya. Biasanya yang harus dipersiapkan dilihat dari luasnya lahan yang akan dijadikan rumah, perjanjian harga dengan pihak kontraktor, material yang digunakan, perijinan mendirikan bangunan sampai biaya distribusi bahan bangunan yang dibeli dari toko.

Baca Juga : Apa Saja Keuntungan Dari Memiliki Asuransi Rumah?

Semua rincian tersebut harus Anda perhitungkan jika ingin memiliki rumah minimalis. Dengan rumusan yang tepat anda akan tahu besaran biaya yang harus dikeluarkan. Dengan begitu bangun rumah impian tidak akan terlambat lagi karena perencanaannya sudah tepat. Segera atur sesuai keinginan mengenai desain sampai tata letak setiap ruangan. Dan rumah yang selama ini di idamkan sudah bisa Anda miliki dan menikmatinya bersama keluarga.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT