DISITU
15 Sep 2018

Keuntungan dan Kerugian Gadai Motor Yang Masih Kredit

Menggadaikan kendaraan memang menjadi pilihan untuk mendapatkan dana pinjaman yang lumayan besar baik di tempat penggadaian swasta maupun negeri. Pada umumnya syarat dalam menggadaikan motor adalah menggunakan surat-surat lengkap berupa BPKB dan STNK. Namun bagaimana jika ingin menggadaikan motor yang masih kredit? Berikut tips gadai motor yang masih kredit beserta keuntungan dan kekurangannya :

Tips Gadai Motor Yang Masih Kredit

Menggadaikan motor dengan surat surat yang lengkap memang sangat mudah dilakukan. Proses pengajuannya yang mudah dan dana yang cepat cair menjadikan penggadaian sebagai alternatif dalam mencari dana pinjaman. Namun begitu jika menggadaikan motor tanpa BPKB atau motor yang masih kredit memang sangat sulit dilakukan. Berikut tips jika gadai motor yang statusnya masih kredit :

1. Melakukan Pemindahan Kepemilikan Motor

Jika Anda ingin menggadaikan motor yang masih kredit ada prosedur lain dalam mengajukan pinjaman. Prosedur tersebut digunakan untuk membuktikan bahwa motor tersebut adalah milik Anda. Karena BPKB masih disimpan pihak penyedia kredit maka harus melampirkan surat keterangan dari pihak penyedia kredit motor. Surat tersebut berisi pemindah tanganan dari pihak finance ke kreditur. Ini dilakukan untuk mengantisipasi penipuan yang dilakukan oleh kreditur. Mengajukan pinjaman untuk motor kredit harus dibawah kredit hal ini agar kreditur dapat mencicil pada pihak penggadaian sekaligus mencicil pada pihak yang kredit.

2. Memilih Tempat Penggadaian Yang Tepat

Yang harus dilakukan selanjutnya adalah memilih tempat penggadaian yang tepat. Anda dapat memilih tempat yang sesuai dengan pinjaman yang akan Anda inginkan baik di penggadaian negeri, swasta maupun milik pribadi. Selain pinjaman yang sesuai dengan kenginan Anda. Juga pengadaian yang meawarkan bunga yang ringan dan barang jaminan disimpan di tempat yang aman.

3. Melakukan Perjanjian

Cara gadai motor yang statusnya masih kredit yang terakhir adalah dengan melakukan perjanjian. Perjanjian dilakukan untuk mengurangi resiko yang tidak diinginkan. Dan dilakukan dengan menggunakan saksi dari kedua belah pihak untuk mengurangi kesalah pahaman kedepannya, materai dan tanda tangan resmi. Dengan demikian akan kuat dimata hukum sehingga mengurangi resiko penipuan atau kerugian pada salah satu pihak.

4. Memenuhi Syarat Gadai Motor

Sebelum Anda melakukan gadai motor yang harus anda lakukan memenuhi syarat penggadaian. Syarat gadai motor yang statusnya masih kredit diantaranya kartu identitas, STNK asli, KK jika Anda sudah berkeluarga, dan membawa motor yang akan digadaikan.

5. Datangi Tempat Gadai Beserta Syaratnya

Anda mendatangi outlet peggadaian terdekat dengan membawa motor beserta syaratnya. Dengan mendatangani surat bukti kredit dan disimpan untuk digunakan saat mengambil barang jaminan. Jika dana sudah diterima maka kewajiban Anda untuk segera melunasinya.

Keuntungan Dan Kekurangan Gadai Motor Yang Masih Kredit

Ada beberapa keuntungan dan kekurangan dalam melakukan kredit motor yang masih kredit. Beberapa keuntungan gadai motor yang statusnya masih kredit adalah dana pinjaman cepat cair, dengan bunga yang rendah dan jaminan barang disimpan di tempat yang aman. Sehingga Anda tidak perlu khawatir barang jaminan akan hilang. Namun salah satu kekurangannya adalah Anda harus mengurus tanda bukti pemindah tangan pemilik motor. Biasanya proses tersebut terkendala oleh persyaratan cicilan yang mencapai 60%. Selain itu juga karena resiko yang lebih besar maka nilai jaminan motor kredit akan menjadi lebih kecil dari nilai taksiran.

Berikut adalah tips gadai motor yang statusnya masih kredit beserta keuntungan dan kekurangannya. Jika Anda berniat untuk menggadaikan motor yang masih kredit Anda harus mempertimbangkannya dulu. Anda juga dapat melakukan pinjaman secara online. Disana ada berbagai penawaran yang memudahkan dalam melakukan pinjaman, dana cepat cair, dan bunga yang rendah hanya ada di disitu.com. Di disitu.com memberi kemudahan untuk Anda. Semoga bermanfaat

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT