DISITU
02 Apr 2019

Simulasi Untuk Kredit Mobil Avanza 5 Tahun

Toyota Avanza merupakan salah satu jenis mobil favorit konsumen Indonesia. Produk keluaran Toyota ini saat pertama kali diluncurkan ke pasaran pada 2003 sudah ludes 100 ribu unit. Ada dua jenis merk di sini, yakni Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Toyota Avanza memulai debutnya saat Gaikindo Auto Expo 2003. Toyota Avanza merupakan mobil bertipe multi-function vehicle atau MVP alias multi fungsi. Karena peruntukannya tersebut, banyak keluarga nasional yang tertarik membelinya untuk mengangkut seluruh anggota keluarga.

Simulasi Kredit Mobil Avanza

Anda tertarik ingin membeli Avanza? Ketahui dulu simulasi Kredit Mobil Avanza 5 Tahun, misalnya, sebelum anda memberikannya langsung dengan pihak bank atau leasing sebagai pemberi kredit. Melakukan perhitungan simulasi mobil Avanza baru 5 tahun bermanfaat agar anda mengetahui gambaran berapa yang harus anda sisihkan per bulan untuk membayar cicilan mobil Avanza baru 5 tahun anda.

Baca Juga : Kredit Mobil Baru Dp Murah Cicilan Ringan dan Mudah

Tentukan Besar Uang Muka

Tentukan Besar Uang Muka

Menurut situs Toyota Financial Services, cara melakukan simulasi kredit dapat mudah dilakukan sendiri dengan memperhatikan faktor uang muka jenis mobil yang hendak dibeli. Untuk Toyota Avanza keluaran terbaru harga mulai Rp190an jutaan.

Beberapa faktor dalam melakukan simulasi mobil Avanza baru 5 tahun mencakup perhitungan uang muka. Rata-rata uang muka bisa mencapai 25% dari harga mobil. Nah hitung terlebih dahulu berapa uang mukanya. Kemudian, tentukan pokok kredit dengan cara mengurangkan harga mobil dengan uang muka yang dibayarkan.

Hitung Bunga Per Bulan

Hitung Bunga Per Bulan

Nah langkah berikutnya dalam melakukan simulasi mobil Avanza baru 5 tahun adalah menghitung bunga per bulannya. Terapkan rumus yakni pokok kredit dikali bunga sesuai tenor dalam tahun lalu dibagi tenor dalam bulan. Dalam hal ini, tenor adalah lima tahun atau 60 bulan. Pastinya untuk mengira-ngira berapa bunga anda harus sudah mengetahui perkiraan bunga dari pihak bank atau leasing agar perhitungan pada poin ini lebih terperinci.

Baca Juga : Syarat Kredit Mobil Baru Syariah Yang Perlu Diketahui

Tentukan Jumlah Cicilan Yang Diinginkan

Tentukan Jumlah Cicilan Yang Diinginkan

Poin selanjutnya adalah menentukan jumlah cicilan dengan rumus hasil pokok kredit yang sudah diperoleh dibagi tenor dalam bulan ditambah dengan tarif bunga. Setelah memperoleh angkanya tidak salah jika sekalian memasukkan biaya administrasi dan tarif asuransi sebagai poin penghitungan. Pembayaran biaya administrasi, polis dan fidusia akan dimasukkan ke dalam uang muka menjadi total bayar pertama. Sedangkan untuk pembayaran premi asuransi bisa luwes, dibayar saat total bayar pertama atau masuk ke dalam angsuran per bulannya.

Dalam simulasi mobil Avanza baru 5 tahun ini lagi-lagi harap diperhatikan mengenai pentingnya mencari referensi lalu membandingkan tawaran suku bunga cicilan, uang muka hingga biaya administrasi dan biaya polis dari masing-masing penyedia kredit mobil. Lalu pilihlah poin mana yang hendak anda utamakan. Setelah mantap menentukan kemana akan mengajukan cicilan lebih baik anda menghubungi langsung pihak penyedia kredit tersebut.

Baca Juga : Rekomendasi Tempat Kredit Mobil Mudah dan Cepat

Sisihkan Keuangan Untuk Bayar Angsuran Mobil

Meski simulasi di atas hanya secara kasaran saja, anda akan terbantu belajar melakukan penghitungan secara rasional. Jika berbeda pun semoga tidak terlampau jauh dari perhitungan kasar di atas. Tak ada salahnya memikirkan kembali nilai akhir besaran cicilan dengan kondisi keuangan hingga masa tenor berakhir yakni dalam 60 bulan. Bila perlu, dari tabungan atau anggaran yang ada, terlebih dahulu sisihkan yang sudah untuk membayar angsuran mobil Avanza anda, berikut biaya administrasi, polis dan fidusia.

Antisipasi pula mengenai kenaikan biaya tol dan harga bensin nantinya. Penghitungan simulasi yang komplit dan langkah persiapan terkait hal ini akan memberikan kelegaan dan ketenangan jika terjadi hal yang di luar kehendak.  

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT