DISITU
09 Apr 2019

Makanan Indonesia Yang Terkenal Di Negara Lain

Memiliki selera pada produk makanan dengan cita rasa populer dari luar negeri tentu tidak masalah. Tapi jangan salah karena produk makanan khas orang Indonesia juga bisa lebih populer saat berada di luar negeri, lho!

Cita Rasa Khas yang Bikin Makanan Indonesia Terkenal di Luar Negeri

Cita Rasa Khas yang Bikin Makanan Indonesia Terkenal di Luar Negeri

Bagi Anda yang menjadi pecinta produk kuliner masakan khas Indonesia patut berbangga dengan hasil karya lokal masyarakatnya. Pasalnya, beragam  kuliner Indonesia ini memiliki cita rasa khas karena masyarakat Indonesia masih mempertahankan resep masakan yang berasal dari nenek moyang secara turun temurun. Ciri khas dari masakan orang Indonesia tersebut didominasi dengan bahan dasar utama berupa rempah rempah yang diolah menjadi bumbu masakan.

Popularitas makanan khas Indonesia

Popularitas makanan khas Indonesia di luar negeri bermula ketika ada penduduk lokal yang bermigrasi ke negara lain, baik untuk mencari pekerjaan maupun ingin berpindah tempat tinggal di sana. Beberapa dari mereka bahkan mulai memperkenalkan masakan Indonesia untuk menghasilkan pendapatan, dengan hanya bermodal kemampuan memasak beberapa jenis makanan saja. Permulaan tersebut justru membuat popularitas kuliner lokal meningkat dan laris manis di pasaran masyarakat negara lain.

Baca Juga : Fakta Dibalik Makanan Yang Disangka Menyehatkan!

Inilah Aneka Makanan Khas Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri

Inilah Aneka Makanan Khas Indonesia yang Terkenal di Luar Negeri

Ada beberapa makanan lokal yang menunya dianggap sederhana dan tidak kekinian, namun justru sangat populer di wilayah mancanegara karena cita rasa khasnya masih terjaga. Masyarakat Indonesia sebenarnya juga masih banyak yang menggemari berbagai produk kuliner tradisional tersebut, oleh karena itu hingga kini berbagai jenis makanan tersebut masih bisa ditemukan di berbagai wilayah Indonesia. Berikut adalah aneka makanan khas Indonesia yang sangat digemari masyarakat di luar negeri.

1. Bika Ambon

Makanan khas yang sangat populer di luar negeri ini berasal dari medan, Sumatera Utara. Bahannya utamanya cukup sederhana, antara lain telur, santan, dan keju. Namun, kini bika ambon bisa divariasi dengan berbagai rasa pemanis, seperti strawberry, coklat, dan lain-lain. Bika termasuk ke dalam menu makanan khas yang populer di dunia karena keunikan cara mengolahnya yang khas.

2. Nasi Goreng

Seluruh orang masyarakat di berbagai wilayah di Indonesia tentu sangat familiar dengan menu makanan nasi goreng. Makanan berasal dari bahan yang sederhana, yakni nasi yang dicampur dengan berbagai bumbu rempah, kemudian digoreng. Nasi goreng menjadi salah satu makanan favorit terenak di dunia, serta tidak hanya populer di Indonesia saja, di luar negeri juga. Nasi goreng Indonesia terbuat dari bumbu rempah khas yang hanya bisa ditemukan di wilayah Indonesia, oleh karena itu berbanggalah selama masih bisa mencicipi nasi goreng buatan lokal.

3. Gado Gado

Menu makanan sederhana yang populer di negara lain selanjutnya adalah gado gado. Gado-gado sangat terkenal di Napoli, Italia, dan menjadi menu makanan favorit masyarakatnya ketika mengunjungi restoran yang menjual makanan khas Indonesia. Proses pengolahan makanan ini sama sekali tidak rumit karena yang diperlukan hanya mengukus atau merebus beberapa jenis sayuran, tauge, wortel, kacang panjang. Kemudian dicampur dengan lauk khas Indonesia seperti, tahu, serta ditambahkan telur. Bahan-bahan penyusunnya memang umum, tetapi yang membuat gado-gado menjadi khas adalah bumbu yang menjadi penyedap rasanya. Bumbu gado-gado memang khas, karena terbuat dari kacang, gula merah, dan beberapa rempah. Tentu rasa uniknya hanya bisa diciptakan oleh orang Indonesia asli saja.

4. Sop Buntut

Di Spanyol, makanan yang terbuat dari daging sapi dengan kuah sup ini sangat populer. Hal itu bermula sejak kedutaan Indonesia memperkenalkan makanan khas lokal yang beraneka ragam, dengan membawa contoh salah satunya sop buntut tersebut untuk dicicipi pihak perwakilan dari negara Spanyol. Meskipun begitu, masyarakat Indonesia juga masih menggemari makanan lezat ini.

5. Rendang

Rendang

Makanan khas dari daerah Sumatera Barat yang terbuat dari daging sapi ini berhasil masuk ke dalam kategori 50 besar makanan khas daerah paling enak di dunia versi CNN di Jerman. Proses pengolahan daging sapi sebagai bahan utama rending ini dapat menghasilkan daging yang empuk. Serta dipenuhi dengan bumbu khas beraroma kuat dan berwarna coklat kemerahan karena bumbunya ini menambah selera setiap orang yang mencicipinya.

6. Mie Goreng

Berbeda dengan cara memasak bahan sejenis mie di Italia yang disebut pasta, atau ramen di Jepang. Bahan adonan memanjang di Indonesia yang disebut mie ini dimasak dengan cara digoreng dengan bumbu rempah sehingga hal tersebut membuat mie goreng dari Indonesia memiliki rasa unik dan digemari banyak masyarakat di luar negeri.

7. Tempe

Siapa sangka menu lauk pauk khas Indonesia yang oleh masyarakatnya dianggap makanan paling sederhana ini sangat digemari oleh masyarakat Jepang? Tempe yang bisa diolah dengan hanya menggunakan bawang putih dan garam sebagai bumbunya tersebut bahkan dihargai sangat mahal di Jepang. Selain terkenal dengan kelezatannya, kandungan tempe yang sangat bergizi tersebut juga menjadi faktor makanan ini populer di Jepang dibandingkan di Indonesia.

8. Soto

Menu makanan tradisional khas Indonesia yang mendunia selanjutnya adalah soto. Beberapa negara, salah satunya Jepang sangat menyukai cita rasa soto karena diperkenalkan oleh pelajar yang tinggal di sana. Tidak hanya di Jepang atau negara-negara lain, soto di Indonesia saat ini juga masih populer, bahkan disini juga terdapat berbagai macam varian soto yang berbeda di tiap wilayah, seperti soto khas Jawa, Soto Lamongan, Soto khas Solo, Coto Makassar, dan masih banyak lagi.

Baca Juga : 6 Peluang Usaha Makanan Laris di Kalangan Masyarakat

Mencoba Makanan Khas Indonesia

Itu dia beberapa makanan Indonesia yang terkenal di luar negeri. Pastikan Anda sudah mencobanya ya sebagai masyarakat Indonesia. Jangan sampai Anda sebagai masyarakat Indonesia kalah dari masyarakat negara lain yang sudah pernah mencoba makanan Indonesia dan menjadi makanan terpopuler di negara lain.

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT