DISITU
12 Jan 2019

Mengenal Asuransi Kredit Indonesia dan Keuntungannya

(Persero) Asuransi Kredit Indonesia atau yang sering dikenal dengan PT. Askrindo (Persero) merupakan salah satu BUMN yang ada di Indonesia dan didirikan oleh pemerintah pada 6 April 1971. Badan ini didirikan untuk melaksanakan misinya, yakni pemberdayaan usaha mikro, kecil dan UMKM guna mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia. Pada perannya untuk pemberdayaan UMKM, badan ini berperan sebagai penjamin atas kredit yang disalurkan oleh bank kepada pihak UMKM. Untuk menjalankan fungsinya, saat ini Askrindo telah memiliki 60 kantor cabang yang terletak di 34 provinsi se Indonesia. Kantor pusat badan ini terletak di ibu kota Jakarta.

asuransi

Pada pelaksanaannya, Askrindo memiliki beberapa produk layanan kredit yang dikembangkan dan bisa dinikmati masyarakat. Di antaranya adalah penjaminan KUR untuk pelaku usaha, asuransi kredit, suretyship, askredag, asuransi umum dan reassurance. Selain itu, Askrindo juga memberikan pelayanan-pelayanan sosial kepada masyarakat. Pada tahun 2018, Askrindo memberikan asuransi kecelakaan diri secara gratis kepada 1360 orang pemudik.

Asuransi Kredit Indonesia telah mencatatkan banyak keuntungan setiap tahunnya. Per April 2015 misalnya, Askrindo pun berhasil mengantongi laba keuntungan sebesar 300 milyar rupiah. Sehingga tak heran jika pada tahun 2016, badan ini menargetkan perolehan premi sebesar 3 triliun rupiah. Sementara di tahun sebelumnya, yakni pada tahun 2014, Askrindo mendapatkan laba keuntungan sebesar 606 milyar rupiah. Angka ini tentu cukup fantastis di tengah kondisi perekonomian masyarakat yang terbilang sulit dari tahun ke tahun.

asuransi

Sebagaimana perusahaan asuransi lainnya, Asuransi Kredit Indonesia juga memiliki bank rekanan serta bengkel mitra yang mendukung produk layanan asuransinya di setiap daerah. Selain itu, BUMN ini juga memiliki tanggung jawab sosial pada berbagai kalangan, di antaranya seperti anak-anak tidak mampu, yatim piatu dan dhuafa, korban bencana alam, bangunan fisik serta upaya pelestarian lingkungan. Sehingga beberapa program perusahaan tersebut terkait dengan kepedulian sosial ini pun sering digelar.

Produk asuransi kredit dari Askrindo merupakan salah satu produk layanan yang ditujukan untuk pihak seperti Bank Pemerintah/Swasta Nasional termasuk BPR, Bank Pembangunan Daerah, dan Bank SyariahLembaga Keuangan non Bank (Pegadaian). Produk ini bertujuan untuk memberikan jaminan jika pihak UMKM mengalami kemacetan pembayaran terhadap kredit yang sudah diajuka ke bank atau lembaga non bank. Di tengah kondisi ekonomi yang sulit dan peluang kemacetan kredit masyarakat atau pengusaha semakin besar, produk jaminan seperti ini tentu menjadi pilihan yang menjanjikan bagi bank maupun lembaga non bank. Dan inilah yang dilakukan oleh Asuransi Kredit Indonesia  sehingga memiliki potensi keuntungan yang besar dari tahun ke tahun.

asuransi

Produk layanan lainnya dari Askrindo adalah yang disebut dengan Surety Bond. Merupakan jaminan yang diberikan kepada pemilik proyek/ oblige/ bouwheer terhadap kerugian yang terjadi yang diakibatkan tidak dipenuhinya kewajiban pelaksana proyek atas suatu proyek (konstruksi/non konstruksi)  dalam rentang waktu yang ditentukan. Penjaminan dari Askrindo terhadap pihak oblige adalah bahwa proyek yang dikelola atau dimiliki akan terlaksana sesuai dengan kontrak yang disepakati.

Dengan adanya Asuransi Kredit Indonesia ini, diharapkan mampu membantu berbagai pelaku usaha ekonomi di tanah air. Sehingga masalah-masalah yang sering dikeluhkan akibat kondisi ekonomi yang tidak pasti dapat teratasi dengan baik. Dalam hal ini pemerintah melalui Askrindo berupaya untuk memberikan dukungan kepada para pelaku ekonomi di Indonesia sekaligus juga mendapatkan keuntungan yang menjanjikan.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT