DISITU
03 Jan 2019

Milenial, Atur Gaji Bulanan Secara Bijak dengan 5 Cara Ini

Belakangan, harga rupiah terhadap dollar memang terus naik. Meskipun kini mulai turun, namun hal tersebut telah terlanjur berdampak pada kenaikan harga berbagai barang. Kenaikan harga barang dan jasa tentu harus disiasati dengan mengatur gaji bulanan yang Anda terima.

Selain untuk mencukupi kebutuhan hidup, mengatur gaji bulanan juga penting dilakukan agar Anda memiliki tabungan demi masa depan kelak. Namun bagaimana caranya mengatur gaji bulanan dengan bijak? Tim Disitu.com telah merangkum tipsnya berikut ini

  1. Menyisihkan gaji di awal bulan

gaji-bulanan

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatur gaji bulanan adalah dengan membuat plotting pengeluaran. Saat menerima gaji, sebaiknya Anda langsung membagi-bagikan uang ke dalam beberapa kategori pengeluaran seperti tabungan, kebutuhan sehari-hari, dan gaya hidup. Dengan demikian, Anda akan mengetahui berapa jatah yang dimiliki untuk setiap bagian, sehingga mau tidak mau Anda tidak dapat belanja di luar budget yang sudah diatur. Selain itu, menyisihkan gaji di awal juga akan membantu Anda untuk selalu memiliki uang tabungan tiap bulannya.

 

  1. Beli sesuatu berdasarkan kebutuhan bukan keinginan

gaji-bulanan

Tren nongkrong di kedai kopi atau mal memang telah menjadi gaya hidup generasi milenial. Tanpa disadari, gaya hidup ini sedikit banyak telah menguras gaji bulanan Anda lho. Bukan tanpa alasan, selain membeli makanan atau minuman, kebiasaan nongkrong berpotensi membuat Anda membeli barang yang mungkin saja tidak diperlukan. Karena itu, mulai sekarang biasakan untuk membeli sesuatu berdasarkan kebutuhan bukan keinginan semata. Kurangi juga kebiasaan nongkrong yang dapat

 

  1. Tentukan target keuangan dalam waktu dekat

gaji-bulanan

Selain membagi gaji di awal bulan, untuk mengatur keuangan dengan bijak Anda dapat menentukan target keuangan atau financial goals. Sebagai contoh dalam satu tahun Anda ingin memiliki tabungan hingga 50 juta atau berniat menyicil motor. Dengan membuat target, Anda akan lebih semangat dalam menabung dan langsung dapat menyisihkan uang untuk mencapai target tersebut.

 

  1. Pertimbangkan untuk membuka tabungan deposito

gaji-bulanan

Meskipun masih muda, Anda harus mulai menyiapkan tabungan yang cukup untuk masa depan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuka tabungan deposito. Saat ini sudah banyak bank yang menawarkan program tabungan deposito dengan jangka waktu pengambilan yang dapat diatur sesuai kebutuhan nasabah.  Cara ini baik dicoba, terlebih bagi Anda yang sulit memiliki tabungan dan selalu tergoda untuk mengambil uang yang ada di tabungan. Dengan begini mau tidak mau Anda harus menyimpan uang tanpa bisa diambil sesuai jangka waktu yang telah disepakati.


 

  1. Jangan gunakan kartu kredit

gaji-bulanan

Mudahnya persyaratan membuat kartu kredit tanpa disadari membuat banyak orang akhirnya memutuskan untuk memilikinya. Jika benar-benar digunakan untuk keperluan kerja, misalnya, memiliki kartu kredit bukanlah masalah besar. Namun lain halnya jika Anda membuat kartu kredit hanya untuk memenuhi gaya hidup konsumtif. Anda bisa terjebak banyak hutang yang menghabiskan gaji jika kartu kredit tidak dibayar tepat waktu. Karena itu, jika Anda tidak benar-benar memerlukan kartu kredit, sebaiknya gunakan kartu debit biasa untuk melakukan transaksi atau menggunakan uang tunai.

Itu dari lima cara yang dapat Anda coba untuk mengatur gaji bulanan. Di samping lima cara di atas, yang terpenting adalah Anda memiliki kontrol diri untuk mengatur gaji bulanan yang didapatkan. Ingat, jangan boros dan selalu biasakan menabung untuk masa depan lebih cerah.

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT