DISITU
22 Mar 2019

Pengertian Deposito, Jenis dan Keuntungannya

Pada saat Anda melihat produk keuangan yang ditawarkan oleh bank atau lembaga keuangan lainnya, seperti produk pinjaman, produk kredit konsumen, produk asuransi dan produk deposito, dan lain-lain. Namun, mungkin Anda masih belum mengetahui secara detail mengenai apa itu deposito, jenis deposito dan juga keuntungan deposito sebagai salah satu produk keuangan.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai pengertian deposito, jenis sehingga keuntungannya secara detail dan lengkap. Agar Anda memiliki gambaran tentang produk keuangan yang satu ini. Langsung saja mari kita simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Deposito

Pengertian Deposito

Pertama kami akan menjelaskan mengenai pengertian deposito. Jadi, deposito adalah suatu produk perbankan yakni berupa jasa tabungan berjangka dengan suku bunga tetap sesuai dengan kesepakatan yang dilakukan sebelumnya. Deposito adalah simpanan dengan besaran bunga lebih tinggi dibandingkan bunga tabungan biasa karena penarikannya hanya bisa dilakukan pada waktu tertentu yakni pada saat jatuh tempo.

Ada beberapa bentuk deposito dengan jangka waktu tertentu sesuai dengan pilihan Anda yakni ada deposito berjangka 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan dan 24 bulan. Jadi, jangka waktu deposito paling singkat adalah 1 bulan, jika Anda berencana untuk mengambil dana kurang dari 1 bulan Anda tidak bisa memilih produk deposito. Bisa saja Anda mencairkan deposito sebelum jatuh tempo, namun Anda akan dikenakan penalti atas hal ini.

Pada saat deposito jatuh tempo secara umum pihak bank yang bersangkutan akan membuat deposito Anda diperpanjang secara otomatis. Namun, hal ini hanya dapat dilakukan sesuai dengan kesepakatan awal yang Anda lakukan dengan pihak bank.

Dari segi bunga, produk deposito menawarkan suku bunga yang lebih tinggi dari jenis tabungan biasa. Besarnya suku bunga deposito tergantung pada lembaga penjamin simpanan LPS. Anda bisa melakukan pencairan bunga setiap bulannya.

Baca Juga : Nabung Saham, Cara Baru Investasi Menguntungkan

Jenis Jenis Deposito

Jenis Jenis Deposito

Secara umum, ada beberapa 3 jenis deposito yang dapat Anda pilih berikut diantaranya.

1. Deposito Berjangka

Jenis deposito yang banyak diminati salah satunya adalah deposito berjangka. Jenis deposito ini memiliki jangka waktu 1,3,6,12, hingga 24 bulan. Anda bisa melakukan pencairan bunga setiap bulan sesuai dengan angka waktunya baik secara tunai atau non tunai (pindah buku).

2. Sertifikat Deposito

Sertifikat deposito merupakan jenis deposito yang dikeluarkan oleh pihak bank dengan jangka waktu yang lebih singkat yakni 3, 6, hingga 12 bulan. Sertifikat deposito ini akan diterbitkan tanpa dibubuhi nama pemilik sehingga dapat diperjual belikan.

 

3. Deposito On Call

Jenis deposito on call ini adalah bentuk deposito yang digunakan oleh penebar deposito untuk para deposan yang memiliki dana yang cukup besar. Jangka waktunya biasanya sangat pendek yakni hanya 7 hari hingga 30 hari. Jenis deposito ini tidak dapat diperjualbelikan karena dibubuhi nama pemilik.

Baca Juga : Investasi Jangka Pendek & Panjang yang Menguntungkan

Manfaat dan Keuntungan Deposito

Deposito memiliki beragam manfaat dan keuntungan baik bagi pihak bank, deposan dan masyarakat. Berikut ini manfaat dan keuntungan deposito bagi ketiga pihak tersebut.

1. Keuntungan Deposito dari Sisi Bank

Dengan adanya deposito pihak bank akan mendapatkan dukungan terhadap usaha penghimpunan dana. Dana deposito dapat digunakan untuk menambah modal usaha perbankan khususnya di bidang jasa kredit.

2. Keuntungan Deposito dari Sisi Deposito

Sebagai deposan Anda akan mendapatkan keuntungan deposito yakni berupa suku bunga yang lebih tinggi. Tidak hanya itu, deposan juga akan mendapatkan jaminan kredit dan bantuan pengelolaan keuangan dari pihak bank.

3. Keuntungan Deposito dari Sisi Masyarakat

Sedangkan bagi masyarakat yang membutuhkan dana pinjaman, adanya deposito bermanfaat untuk memberikan dana bantuan modal dalam bentuk kredit secara maksimal. Sehingga dapat meningkatkan kegiatan produksi, pendapatan nasional dan juga terciptanya kesejahteraan masyarakat.
Baca Juga : Ulasan Lengkap Mengenai Deposito dan Cara Kerjanya

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian deposito, jenis-jenis deposito dan keuntungan deposito. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang berencana untuk mendepositokan dana keuangan. Terimakasih

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT