DISITU
18 Oct 2018

Pentingnya Lakukan Simulasi Kredit Mobil Baru 5 Tahun

Memiliki mobil menjadi idaman banyak orang. Biaya yang minim bukan menjadi penghalang lagi. Ini karena saat ini sudah hadir beragam penyedia kredit mobil yang siap menghadirkan mobil dengan biaya minim. Apalagi tenor cicilan mobil sekarang tersedia dalam jangka waktu yang cukup panjang, 5 tahun. Tapi, sebelum memutuskan akan kredit mobil atau tidak sebaiknya Anda lebih dahulu melakukan simulasi kredit mobil baru 5 tahun. Ini untuk memberikan beberapa pertimbangan kepada Anda.

Kenapa Melakukan Simulasi Menjadi Penting?

Selain menjadi bahan pertimbangan, melakukan cicilan ini ternyata memberi banyak memiliki manfaat. Dapat dikatakan melakukan simulasi cicilan kredit untuk tenor yang lumayan lama ini cukup penting dilakukan. Berikut adalah beberapa hal penting yang membuat Anda harus melakukan simulasi kredit mobil baru.

1. Mengetahui Besar Cicilan Bulanan

Kredit Mobil

Besar cicilan bulanan merupakan hal yang harus Anda pertimbangkan ketika akan melakukan kredit mobil. Ini harus terlebih dahulu Anda ketahui. Tentu agar nantinya Anda tidak kelabakan saat membayar cicilan bulanan. Apalagi jika sampai mobil terpaksa ditarik ketika Anda tidak sanggup meneruskan pembayaran cicilan. Hal-hal seperti ini yang harus Anda pertimbangkan dengan mengacu pada besaran cicilan yang harus Anda bayarkan tiap bulan.

2. Bahan Pertimbangan

Kredit Mobil

Melakukan simulasi kredit mobil dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan Anda yang akan melakukan kredit. Mulai dari pemilihan mobil, besar cicilan hingga pemilihan tempat kredit dapat Anda pertimbangkan dari sini. Selain itu jenis mobil yang akan Anda keredit juga dapat Anda tentukan di sini. Karena berhubungan dengan besar cicilan tiap bulan.

3. Lebih Mengenal Bunga Untuk Tiap Penyedia Kredit

Kredit Mobil

Seperti yang disebutkan pada poin kedua masalah bunga untuk masing-masing penyedia kredit harus Anda pertimbangkan. Melalui simulasi kredit mobil baru 5 tahun ini Anda dapat mengetahui tempat kredit yang menyediakan bunga rendah untuk tenor panjang. Karena biasanya setiap tempat kredit menyediakan bunga yang berbeda-beda. Bergantung pada kebijakan masing-masing penyedia kredit. Tentu konsumen akan lebih banyak memilih penyedia kredit yang menyediakan bunga pinjaman rendah.

4. Dasar Untuk Mengatur Keuangan Dalam Masa Cicilan

Kredit Mobil

Pada saat melakukan cicilan mekanisme keuangan kita bisa jadi akan terganggu. Untuk mencegah agar pola keuangan kita tidak berantakan sebaiknya Anda lebih dulu melakukan simulasi cicilan. Ini untuk menentukan rancangan keuangan yang tepat saat Anda berada dalam masa cicilan. Jangan sampai kebutuhan lainnya terganggu dengan adanya cicilan ini.

Melalui mekanisme simulasi kredit Anda juga dapat melihat berapa besar porsi pendapatan Anda yang tersita dengan adanya cicilan mobil ini. Ketika Anda mengetahui besar cicilan yang harus dibayarkan tiap bulan Anda jadi dapat mengetahui sisi pengeluaran mana yang harus ditekan. Pengeluaran yang ditekan ini nantinya akan dialokasikan ke bagian kredit mobil. Sehingga Anda tidak perlu kelabakan mencari dana untuk membayar cicilan tiap bulan.

5. Membandingkan Antar Penyedia Kredit Mobil

Kredit Mobil

Setiap penyedia kredit mobil tentu memiliki kebijakan masing-masing. Adanya simulasi dapat membuat Anda mengetahui sedikit banyak tentang penyedia kredit tersebut. Dari sana Anda dapat memilah dan memilih mana yang sesuai dengan yang Anda cari. Misalkan Anda mencari penyedia kredit dengan bunga kecil Anda dapat langsung memilih penyedia yang berdasarkan hasil simulasi memiliki bunga terkecil. Jika Anda mencari yang memiliki tenor panjang, Anda dapat langsung menuju penyedia kredit yang menerima pengajuan dengan tenor panjang.

Contoh Simulasi Kredit Mobil Baru 5 Tahun

Setelah mengetahui pentingnya simulasi kredit, sebaiknya Anda juga mencoba melakukan simulasi kredit. Contoh dari simulasi kredit adalah sebagai berikut. Pertama Anda harus menentukan terlebih dahulu mobil yang akan Anda beli sekaligus harga. Selanjutnya masukkan keterangan tenor serta bunga pertahun. Lalu jangan lupa masukkan uang muka. Biasanya uang muka minimal adalah 25% dari total harga mobil.

Hasil simulasi kredit mobil seharga Rp.134.100.000, tenor 5 tahun, suku bunga flat 7% serta uang muka Rp.35.000.000 adalah sebagai berikut.

  • Cicilan untuk tiap bulan adalah Rp.2.229.800.

  • Pembayaran awal adalah Rp.2.229.800.

  • Pokok hutang atau plafon kredit adalah sebesar Rp.99.100.000.

Salah satu hal terpenting adalah untuk menjadi dasar dalam merencanakan keuangan Anda ke depan. Rencana keuangan ini dapat Anda jadikan pegangan saat dalam masa kredit mobil. Jangan lupa untuk memilih penyedia kredit yang terpercaya. Salah satu penyedia kredit mobil yang terpercaya adalah disitu.com. Selain terpercaya, disitu.com juga menghadirkan fitur simulasi kredit untuk Anda yang akan mengajukan kredit.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT