DISITU
13 Nov 2018

Perhitungan Dan Simulasi Kredit Mobil Baru 5 Tahun

Membeli mobil baru saat ini sudah sangat mudah sekali. Pasalnya anda bisa membeli mobil baru dengan cara kredit untuk meringankan keuangan anda. Untuk melakukan mobil baru dengan cara kredit bisa dilakukan dalam jangka waktu bertahun-tahun. Jika anda hendak membeli mobil baru dengan waktu kredit 5 tahun maka anda harus melakukan simulasi kredit mobil baru 5 tahun. Dalam melakukan simulasi sangat diperlukan untuk mengetahui biaya apa saja yang harus anda bayar. Serta untuk mengetahui berapa tarif yang harus anda sediakan jika ingin melakukan kredit mobil baru selama 5 tahun. Berikut ini langkah-langkah menghitung simulasi kredit yang harus anda lakukan:

1. Menghitung Uang DP Kredit Mobil Baru 5 Tahun

mobil-baru

Pertama anda harus menghitung biaya DP terlebih dahulu. Untuk mengetahui biaya DP anda akan diberitahu minimal pembayaran DP oleh pihak leasing ataupun bank. Diasumsikan pihak leasing mematok tarif DP mobil baru dengan kredit 5 tahun sebesar 20% dari harga mobil 250 juta. Anda bisa menghitungnya dengan cara mengalikan harga mobil dengan minimal DP yang ditentukan pihak leasing. Jika dimasukkan ke dalam angka maka perhitungannya adalah Rp 250 juta x 20%, DP yang harus anda bayar sebesar 50 juta.

2. Menghitung Pokok Kredit

mobil-baru

Kedua anda harus menghitung biaya pokok kredit. Cara menghitungnya cukup mudah, yaitu harga mobil dikurangi dengan biaya DP. Jadi, jika dimasukkan ke dalam angka 250 juta-50 juta dimana hasil yang didapatkan adalah 200 juta. Maka, pokok kredit anda atau sisa hutang yang harus anda bayar sebesar 200 juta. Perlu anda ketahui bahwa pokok kredit bukan merupakan total hutang. Karena total keseluruhan hutang harus ditambahkan dengan total bunga yang harus anda bayar.

3. Menghitung Total Bunga Kredit

mobil-baru

Ketiga, anda harus menghitung tarif bunga kredit untuk bisa menghitung simulasi kredit mobil baru 5 tahun. Tarif bunga akan ditentukan oleh pihak leasing atau bank dalam bentuk persen. Jadi, jika diasumsikan pihak leasing yang anda gunakan memberikan tarif bunga sebesar 8,5%. Maka cara mendapatkan total bunga yaitu dengan mengkalikan tarif bunga dengan jangka waktu kredit. Caranya mudahnya adalah (pokok kredit x tarif bunga) x lama kredit. Jadi, jika dimasukkan ke dalam angka (200 juta x 8,5%) x 5 tahun hasilnya adalah 85 juta.

4. Menghitung Besar Cicilan Bunga Per Bulan

mobil-baru

keempat, anda harus menghitung cicilan bunga per bulan. Dimana anda harus membayar cicilan ini tepat selama 5 tahun. Cara perhitungannya adalah pokok kredit+ total tarif bunga/5 tahun, maka (200 juta + 85 juta)/ 5 tahun. Hasilnya sebesar Rp. 4.750.000, dimana anda harus membayar kredit per bulannya sebesar Rp. 4.750.000. Besar kecilnya cicilan per bulan sangat tergantung pada jangka waktu kredit dan minimal DP serta tarif bunga yang diberikan pihak leasing.

5. Menghitung Biaya Asuransi, Administrasi Dan TDP

mobil-baru

Besar kecilnya biaya asuransi dan administrasi tergantung dari lama waktu kredit.  Ketika anda akan membeli mobil dengan cara kredit maupun cash maka akan ada biaya asuransi dan biaya administrasi. Jika diasumsikan biaya asuransi 9,5% dari harga mobil anda, maka biaya asuransi yang harus anda bayar sebesar 23,75 juta. Kemudian biaya administrasi sebesar 500 ribu, maka perhitungan TDP yaitu DP+ cicilan di bulan pertama + tarif asuransi + biaya administrasi. Jika dimasukkan angka 75 juta + Rp. 4.750.000 + 23,75 juta + 500 ribu. TDP atau total uang yang harus anda bayar di awal adalah sebesar Rp. 104.000.000,-,

Simulasi kredit mobil baru 5 tahun di atas hanyalah asumsi saja. Anda bisa mengikuti langkah-langkah di atas untuk bisa menghitung biaya cicilan dan jumlah biaya TDP. Jika anda tidak bisa melakukannya sendiri, maka mintalah bantuan orang yang sudah paham.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT