DISITU
11 Nov 2018

Perhitungan Dan Simulasi Kredit Mobil Baru Innova

Siapa yang tidak mengenal mobil Toyota Kijang Innova? Mobil ini merupakan mobil keluaran baru dari Toyota yang baru dirilis baru-baru ini. Innova sangat cocok digunakan sebagai mobil keluarga, karena innova memiliki kapasitas yang besar. Harga yang ditawarkan lumayan mahal, pasalnya mobil ini memiliki kualitas mesin yang bagus serta fitur yang lengkap. Nah, bagi anda yang hendak membeli mobil baru Innova, sebaiknya anda lakukan simulasi kredit mobil baru Innova terlebih dahulu. Pasalnya dengan melakukan simulasi anda bisa mengetahui banyak hal mengenai perkreditan.

Seperti DP mobil, cicilan per bulan, tarif bunga dan lainnya akan diketahui biayanya jika anda melakukan simulasi kredit mobil baru Innova. Mengingat semua hal tersebut sangat penting sehingga anda perlu melakukan simulasi. Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara menghitung simulasi, maka ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Hitung Biaya DP Dari Harga Mobil Innova

kredit-mobil

Mobil Innova dipatok dengan harga yang berbeda-beda sesuai varian dan daerah tempat anda membelinya. Oleh karena itu jika diasumsikan harga mobil Innova seharga 350 juta dengan DP minimal 25%. Maka anda dapat menghitung DP yang harus anda bayar dengan cara mengalikan harga mobil dengan persenanan minimal DP. Jika dimasukkan angka, maka 350 juta x 25% hasilnya adalah 87,5 juta. Maka DP yang harus anda bayar minimal sebanyak 87,5 juta rupiah.

2. Hitung Pokok Kredit

kredit-mobil

Dalam melakukan simulasi kredit mobil baru Innova langkah selanjutnya anda menghitung pokok kredit. Caranya sangat mudah sekali, yaitu dengan mengurangi harga mobil Innova dengan DP minimal yang telah dihitung. Jika dimasukkan angka maka 350 juta – 87,5 juta hasilnya adalah 262,5 juta rupiah. Perlu anda ketahui bahwa pokok kredit bukan keseluruhan hutang yang harus anda bayar. Karena belum ditambahkan dengan Bunga kredit.

3. Hitung Total Bunga

kredit-mobil

Langkah selanjutnya dalam menghitung simulasi kredit mobil baru Innova anda harus menghitung total bunga yang diberikan pihak leasing atau bank. Biasanya pihak leasing akan memberikan tarif bunga sesuai dengan ketentuan dan dalam bentuk persen. Jika diasumsikan pihak leasing memberikan tarif bunga sebesar 8%. Maka rumusnya adalah (pokok kredit x tarif bunga) x lama kredit. Maka, jika dimasukkan angka (262,5 juta x 8%) x (asumsikan lama kredit 3 tahun). Hasilnya total keseluruhan bunga yang diberikan adalah sebesar 63 juta rupiah.

4. Hitung Biaya Cicilan Kredit Per Bulan

kredit-mobil

Hal yang paling penting dalam melakukan simulasi kredit mobil baru Innova adalah untuk mengetahui biaya cicilan kredit per bulannya. Cara menghitung cukup mudah yaitu pokok kredit+ total tarif bunga/lama kredit (bulan). Jika kita masukkan dalam angka maka 262,5 juta + 63 juta/3 tahun (36 bulan). Hasil yang didapatkan dari perhitungan tersebut sebesar Rp. 9.041.666,67. Dimana hasil tersebut merupakan biaya cicilan kredit per bulan yang harus anda bayarkan.

5. Hitung Total Pembayaran Awal Dengan Biaya Asuransi Dan Administrasi

kredit-mobil

Tahap terakhir dalam menghitung simulasi kredit mobil yaitu menghitung total pembayaran awal. Namun, sebelumnya anda harus membayar biaya asuransi dan biaya administrasi terlebih dahulu. Nah, jika diasumsikan biaya asuransi yang diberikan pihak leasing sebesar 9% dari harga mobil Innova selama 3 tahun. Maka cara menghitung biaya asuransinya dengan mengalikan harga mobil (350 juta) dengan tarif asuransi 9%. Hasilnya adalah 31.5 juta rupiah, kemudian diasumsikan biaya administrasinya 500 ribu. Selanjutnya kita hitung total biaya pembayaran awal dengan menjumlahkan uang dp + cicilan di bulan pertama + tarif asuransi + biaya administrasi. Lalu masukkan angkanya, 87,5 juta + 9.041.666,67 + 31.5 juta rupiah + 500 ribu, hasilnya sebesar Rp. 128.541.667.

Kesimpulannya jika anda ingin membeli mobil Innova dengan cara kredit selama 3 tahun dengan harga mobil 350 juta, maka anda harus membayar TDP sebesar Rp. 128.541.667 dengan cicilan per bulan sebesar Rp. 9.041.666,67.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT