DISITU
29 Aug 2018

Saat Ini, E-money Dapat Dimiliki Oleh Siapa Saja

Kehadiran e-money yang memudahkan transaksi mendorong masyarakat untuk meninggalkan uang fisik/uang tunai. Puluhan ribu gerai di Indonesia telah menerima e-money sebagai alat pembayaran baik secara online maupun offline. Dalam menunjang permintaan dan kebutuhan masyarakat, saat ini e-money dapat dengan mudah dimiliki oleh setiap orang.

Bagaimana Cara Mendapatkan E-money?

Anda dapat mendatangi bank penyedia e-money untuk mendapatkan e-money, seperti Bank Mega, Mandiri, BRI, BNI, BCA?dan BTN. Kunjungilah kantor cabang bank terdekat, kemudian minta petugas setempat untuk menerbitkan e-money untuk Anda.

E-money dalam bentuk e-toll juga dapat didapatkan di kantor gerbang operator tol, dan minimarket seperti Alfamart, Alfamidi, Indomart, Lawson, dan Circle K. Terkadang Anda juga bisa menemukan petugas jalan tol yang menjual e-toll di sela-sela antrean keluar gerbang tol untuk mempermudah pengemudi untuk memiliki kartu ini.

Keuntungan Menggunakan E-Money

  • Sebagai pengganti uang tunai. Anda dapat berbelanja di tempat yang menyediakan pembayaran khusus untuk kartu e-money tanpa harus membawa uang tunai.
  • Transaksi dikelola oleh computer. Hal ini meminimalisir kesalahan nominal yang mungkin akan terjadi secara manual.
  • E-Money dinilai cukup efektif dalam mengurangi peredaran uang palsu di masyarakat.
  • Anda tidak perlu repot menghitung dan menunggu uang kembalian karena jumlah nominal akan berkurang sesuai degan jumlah uang yang diperlukan.
  • Penggunaan E-money dapat menghemat waktu antrian, misalnya antrian di jalan tol dan menghemat penggunaan kertas.
  • Penggunaan E-money juga mendapatkan penawaran berupa potongan harga atau diskon dari produk-produk tertentu.
  • Terdapat database yang dapat mencatat seluruh transaksi yang Anda lakukan sehingga Anda tidak perlu untuk mengingat untuk apa uang tersebut digunakan.

Kelemahan Yang Dimiliki E-Money

Selain memberi kemudahan kepada penggunanya, berikut juga beberapa kelemahan dari e-money yang harus diperhatikan.

  • Terdapat resiko data hilang karena kesalahan software. Kesalahan teknis dari sistem komputer menjadi hal yang harus diperhatikan dalam proses transaksi online.
  • Tidak semua tempat menerima pembayaran secara e-money karena tidak memiliki alat yang dipergunakan untuk menggunakan digital money.
  • Saldo yang tersimpan dalam e-money akan hilang jika Anda menghilangkan kartu atau alat yang dipergunakan untuk menyimpan uang tersebut.
Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT