DISITU
21 Nov 2018

Simulasi Kredit Mobil Baru Honda

Honda merupakan salah satu brand mobil yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Berbagai merk mobil honda dari type yang berbeda hadir untuk anda. Anda bisa memiliki mobil honda dari harga  yang termurah sampai yang termahal. Nah, bagi anda yang hendak membeli mobil honda yang baru dengan cara kredit. Sebaiknya anda melakukan simulasi kredit mobil baru honda terlebih dahulu. Hal ini karena dengan melakukan simulasi anda akan mengetahui berbagai hal untuk memudahkan anda melakukan cicilan pembayaran. Mulai dari berapa biaya DP mobil, biaya ciiclan per bulan dan biaya TDP atau pembayaran awal yang harus anda bayar bisa anda ketahui.

Menghitung simulasi kredit mobil baru honda sebelum melakukan pembelian mobil honda dengan cara kredit memang penting untuk dilakukan. Karena anda bisa memperkirakan biaya yang harus anda siapkan serta waktu lama kredit. Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana cara menghitung simulasi kredit, anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

1. Menghitung Biaya DP Mobil Honda

mobil-honda

Hal pertama akan dihitung ketika melakukan simulasi kredit mobil baru honda adalah menentukan biaya DP. Biasanya pihak leasing atau pihak bank akan menentukan minimal DP mobil honda yang harus anda bayar. Namun, jika kita asumsikan DP minimal yang dipatok oleh pihak leasing sebesar 25%. Kemudian asumsikan juga harga mobil Honda yang akan anda beli seharga 400 juta. Maka cara menghitung biaya DP mobil dengan mengalikan harga mobil dan minimal pembayar DP. Hasil dari 400 juta x 25% adalah 100 juta, artinya dari harga mobil 400 juta DP yang harus anda bayar minimal 100 juta.

2. Menghitung Pokok Kredit

mobil-honda

Langkah kedua anda harus menghitung pokok kredit atau sisa hutang mobil. Cara menghitungnya cukup mudah yaitu harga mobil dikurangi DP minimal. Jika dimasukkan ke dalam angka maka 400 juta-100 juta sisanya adalah 300 juta. Pokok kredit bukan merupakan total sisa hutang secara keseluruhan karena belum ditambahkan dengan bunga kredit. Oleh karena itu anda perlu menghitung bunga kredit terlebih dahulu untuk mengetahui total hutang keseluruhan.

3. Menghitung Bunga Kredit

mobil-honda

Dalam menghitung bunga kredit anda perlu mengetahui tarif bunga yang diberikan oleh pihak leasing atau bank. Jika diasumsikan pihak leasing memberikan tarif bunga sebesar 8%, maka anda harus menghitung total bunganya. Maka asumsikan dulu lama kredit yang akan anda lakukan selama 4 tahun. Maka cara menghitungnya adalah (pokok kredit x tarif bunga) x lama kredit. Sehingga langsung saja masukkan angkanya (300 juta x 8%) x 4 tahun, hasilnya 96 juta.

4. Menghitung Biaya Cicilan Per Bulan

mobil-honda

Hal yang paling penting dalam melakukan simulasi kredit mobil baru Honda adalah mengetahui berapa biaya cicilan per bulan. Nah, cara menghitungnya cukup mudah yaitu pokok kredit+ total bunga/lama kredit (bulan). Langsung dimasukkan angkanya yaitu 300 juta + 96 juta/4 juta (48 bulan), hasilnya Rp. 8.250.000,-. Jadi, selama 4 tahun anda harus membayar uang cicilan kredit mobil Honda sebesar Rp. 8.250.000,- per bulan.

5. Menghitung Total Pembayaran Awal

mobil-honda

Terakhir, anda harus menghitung total pembayaran awal yang harus anda bayarkan untuk melakukan kredit mobil Honda. Cara menghitungnya yaitu DP + cicilan di bulan pertama + tarif asuransi + biaya administrasi. Nah, tarif asuransi diasumsikan dengan nilai 9,5% dari harga mobil honda, kemudian biaya administrasi diasumsikan sebesar 500 ribu. Maka bila dimasukkan angka 100 juta+ Rp. 8.250.000 + (9,5% x 400 juta)+ 500 ribu, hasilnya sebesar 146.750.000.

Sehingga dapat disimpulkan jika anda ingin membeli mobil honda harga 400 juta, dengan pembelian secara kredit selama 4 tahun. Anda harus menyiapkan biaya awal sebanyak Rp. 146.750.000. Kemudian anda harus membayar uang cicilan per bulannya sebanyak Rp. 8.250.000,- per bulan.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT