DISITU
15 Mar 2019

SSE Pajak Online Dan Cara Mudah Bayar Pajak

Pajak merupakan kewajiban bagi setiap warga negara, yang sudah memenuhi syarat dan ketentuannya. Dalam pembayaran pajak yang di awali dengan kewajiban perpajakan, yang dikenal juga sebagai Surat Setoran Pajak (SSP), dan nantinya akan dikirimkan kepada pihak tertanggung secara manual. Setiap warga negara Indonesia memiliki nomor pokok wajib pajak, dengan adanya nomor tersebut, akan mempermudah masyarakat pada saat melakukan sistem pembayaran pajak.

Dirjen pajak dapat melihat data langsung melalui nomor pokok wajib pajak yang sudah diberikan. Nomor wajib pajak tersebut berguna ketika kita membeli kendaraan, sehingga data pembayaran pajak, dapat dijadikan satu dengan kendaraan lain yang akan kita miliki.

Setor Mudah Dengan SSE Pajak Online

Kini setiap masyarakat dapat setor pajak secara online maupun manual, dimana nantinya dapat dibayarkan atas kesadaran serta tertanggung sendiri. Dengan adanya setor pajak membuat kita menjadi disiplin, dalam melakukan setoran pajak secara online, maupun datang langsung ke kantor pajak terdekat.

SSE Pajak Online merupakan Surat Setoran Elektronik, dimana sistem pembayaran pajak dapat dilakukan secara elektronik, serta sudah diberlakukan oleh Direktorat Jenderal Pajak, dengan menggunakan billing system. Dengan adanya sistem pembayaran pajak elektronik, maka kita semua dengan mudah dapat melakukan kewajiban perpajakan.

Saat ini SSE memiliki 3 (tiga) versi antara lain

  1. EBilling Pajak Versi 1 (SSE versi 1), dalam versi ini telah ditutup, dan di update menjadi E-Billing Versi 2 serta EBilling Pajak  Versi 3.
  2. EBilling Pajak Versi 2, untuk versi ini dapat dipergunakan oleh Anda, yang sudah memiliki NPWP, serta pernah mendaftar pada Sistem Billing Pajak.
  3. EBilling Pajak Versi 3, versi ini dipergunakan untuk oleh pemiliki NPWP, dan belum pernah mendaftar pada Sistem Billing Pajak.

Fitur Tambahan Pada Sistem Billing Pajak versi Terbaru

  • Pembuatan Billing atas NPWP pihak lain, untuk jenis pajak potongan / pungutan pajak.
  • Pembuatan Billing untuk jenis pembayaran pajak tanpa NPWP, dalam jenis pajak tertentu

Baca juga: Ini Pengertian Lengkap Pajak,Wajib Kamu Ketahui!

Berikut ini kami akan menjelaskan beberapa kelebihan dengan menggunakan SSE Pajak yang perlu Anda ketahui. Agar dapat melakukan pembayaran SS Pajak dengan mudah secara online ataupun offline.

Sistem Pembayaran Pajak Menjadi Lebih Fleksibel

Pajak

SSE Pajak disini dapat kita akses dimanapun, dan kapanpun Anda mau. Tentu kita dapat mengaksesnya, dengan mengunjungi situs resmi DJP Online yaitu sse.pajak.go.id. Dalam menggunakan SSE Pajak online tersebut, Anda wajib membuat kode billing terlebih dahulu agar dapat mendapatkan ID Billing. Pembuatan kode billing tersebut, sesuai dengan data diri lengkap, sehingga Anda tidak perlu lagi datang ke Kantor Pelayanan Pajak KPP. 

Melalui situs tersebut, kita dapat mengetahui besar pajak yang menjadi tanggungan Anda. Untuk membayar pajak dapat melalui bank seperti BRI, BNI, Mandiri, Citibank atau dapat dilakukan melalui Kantor Pos. Dalam sistem pembayaran melalui bank, juga bisa menggunakan internet banking, atau datang langsung di teller bank terdekat. Tapi jangan lupa pastikan juga ID Billing yang akan dibayarkan, karena ini salah satu kesalahan yang sering terjadi ketika hendak melakukan pembayaran pajak.

Setoran Pajak Elektronik Lebih Akurat

Pajak

Sistem yang sudah diterapkan dalam SSE Pajak, dapat meminimalisir kesalahan-kesalahan yang mungkin dilakukan dalam pembayaran pajak secara manual. Seperti melakukan kesalahan dalam memasukkan kode akun pajak, atau kode jenis setoran. Jadi, Anda tidak perlu khawatir bila salah memasukkan angka, atau huruf tersebut yang termasuk di dalamnya.

Baca Juga : Cek Pajak Kendaraan di Samsat secara Online Sekarang

SSE Pajak Online Lebih Praktis

Pajak

 

Surat Setoran Elektronik (SSE Pajak) ini, memberikan kemudahan bagi pihak tertanggung, dalam menuntaskan kewajibannya di dinas perpajakan wilayah setempat. Apabila dahulu tertanggung juga harus mendatangi kantor pajak, atau bank untuk membayar pajak. Kini, aplikasi SSE bisa Anda jalankan melalui smartphone, atau gadget, sedangkan sistem pembayaran dapat kita lakukan melalui ATM, maupun internet banking.

Bagi yang mempunyai aktivitas padat, dan begitu sibuk, jangan khawatir!. Karena langkah pembayaran pajak ini, tidak membutuhkan banyak waktu dan menguras tenaga Anda.

Langkah Dan Cara Mudah Bayar Pajak

Pajak

Pajak merupakan suatu bentuk kewajiban yang harus kita urus, dari wajib pajak baik untuk perorangan maupun kelompok. Mereka yang termasuk dalam tertanggung, untuk setiap pembayaran pajak, maka harus mempunyai NPWP terlebih dahulu. Sekarang ini beberapa perusahaan memberikan kebijakan bagi pemegang NPWP, di mana pemotongan gajinya lebih rendah, bila dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki NPWP.

Sisihkanlah gaji per bulan kita untuk keperluan pajak. Pisahkan dari dana untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Akan lebih baik lagi bila kita memprioritaskan untuk bayar pajak terlebih dahulu, daripada memenuhi kebutuhan lainnya. Tanpa disadari tanggungan pajak, merupakan bentuk hutang tidak langsung, dan hutang wajib hukumnya untuk segera dilunasi.

Penutup

Itulah beberapa kelebihan SSE Pajak, yang menyediakan prosedur mudah untuk bayar pajak yang disajikan oleh tim DISITU.com. Apabila Anda masih belum memahami secara keseluruhan, pihak pajak dapat kita hubungi melalui  Kring Pajak di nomor 1 500 200, akun Twitter @kring_pajak, serta kirim email melalui informasi@pajak.go.id atau pengaduan@pajak.go.id. Sampaikan pertanyaan atau keluhan Anda, dan dinas perpajakan siap menjawab segala kebutuhan yang ada. Jadi, tuntaskan pajak segera mungkin ya!, terima kasih sudah berkunjung, dan nantikan informasi selanjutnya.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT