DISITU
26 Feb 2019

Syarat Pengajuan Kredit Tanpa Agunan Bunga Rendah

Siapa yang tidak tergiur dengan kredit tanpa agunan bunga rendah? Saat meminjam uang, nasabah pasti mencari debitur (penyedia kredit) yang menetapkan suku bunga terendah. Banyak nasabah mengaku kesulitan mencari debitur semacam ini. Padahal kenyataannya banyak debitur yang menetapkan bunga rendah. Lalu di mana masalahnya?

Ternyata selama ini, masalahnya terdapat di syarat. Banyak nasabah yang kurang paham syarat pengajuan kredit tanpa agunan bunga rendah. Apa saja syarat-syarat tersebut?

1. Syarat Finansial

Pengajuan-Kredit

Syarat finansial adalah syarat utama sebelum mengajukan kredit tanpa agunan bunga rendah. Untuk syarat ini meliputi nominal peminjaman, besar penghasilan, jenis pekerjaan, dan beban finansial. Besar bunga tidaklah berubah-ubah. Akan tetapi semakin besar nominal peminjaman, maka bunga yang harus dibayar juga berlipat.

Selain nominal peminjaman, besar penghasilan, pekerjaan, dan tanggungan juga berpengaruh. Terdapat beberapa debitur yang menentukan bunga dari ketiga komponen ini.

Namun demikian, tetap saja nasabah perlu memperkirakan sendiri berapa nominal yang sanggup ditanggungnya. Jika debitur merasa penghasilan, pekerjaan, dan tanggungan tidak setara dengan nominal pinjaman, bisa-bisa pengajuan kredit ditolak.

2. Syarat Usia Dan Domisili

Kredit-Tanpa-Agunan

Mungkin ini tidak ada pengaruhnya jika kredit tanpa agunan bunga rendah diajukan ke situs online. Akan tetapi syarat usia dan domisili berpengaruh besar untuk kredit ke instansi perbankan. Sebagian instansi perbankan –baik secara konvensional atau online- mensyaratkan usia peminjam minimal 21 tahun. Terkait dengan bunga, terdapat beberapa instansi yang menetapkan bunga rendah untuk nasabah usia 21-25 tahun.

Sementara terkait domisili, instansi bank banyak yang membedakan besar bunga antara warga negara domestik dan asing. Biasanya besar bunga yang harus dibayar warga asing lebih tinggi dibanding domestik

3. Syarat Pekerjaan

Bunga-Rendah

Selain usia dan domisili, syarat pekerjaan juga sangat berpengaruh. Saat ini, banyak debitur mengklasifikasikan nasabahnya. Misalnya seperti nasabah kelas PNS, nasabah kelas konglomerat, dan kredit usaha mikro. Biasanya semakin rendah pekerjaan nasabah, bunga kredit tanpa agunan yang harus dibayarkannya makin kecil.

4. Syarat Registrasi

Pengajuan-Kredit-Tanpa-Agunan

Baik di debitur konvensional maupun online, syarat “registrasi” sudah menjadi syarat yang wajib. Sebagian instansi bahkan mensyaratkan registrasi sebagai dasar diterimanya pengajuan kredit. Misalnya saja di dunia perbankan. Apabila seseorang ingin mengajukan kredit tanpa agunan di suatu bank, maka orang itu harus menjadi nasabah bank bersangkutan. Di dunia online, misalnya. Banyak situs kredit online mengharuskan nasabah “logging up” terlebih dahulu sebelum melanjutkan transaksi.

Selain yang mensyaratkan registrasi, ada pula debitur yang membebaskan. Akan tetapi besar bunga yang ditetapkan untuk member dan non-member jelas berbeda. Jadi jika akan mengajukan kredit tanpa agunan bunga rendah, registrasilah terlebih dahulu ke instansi yang dipilih.

 

Baca juga: Kredit Mobil Baru Angsuran 5 Tahun Penawaran Menarik

 

5. Syarat Dokumen

KTA

Dokumen juga menjadi syarat yang harus dilengkapi. Hal tersebut dikarenakan dokumen menjadi bukti tertulis atas informasi-informasi penting. Seperti identitas, status pekerjaan, nominal gaji, hingga besar tanggungan.

Akan tetapi, tidak semua debitur mensyaratkan adanya dokumen. Jika ada nasabah yang kesulitan melengkapi dokumen, ada beberapa debitur yang tidak memintanya sama sekali. Terkait informasinya silakan dicek di Disitu.com

6. Syarat Pembayaran Biaya

Pengajuan-Kredit

Sebenarnya selama ini, yang membuat pembayaran cicilan kredit menjadi bengkak bukanlah bunga. Melainkan biaya. Terdapat berbagai jenis biaya yang ditetapkan debitur, seperti biaya administrasi, provisi, hingga keterlambatan angsuran. Setiap debitur punya kebijakan biayanya sendiri. Bahkan beberapa di antaranya tidak menarik biaya apapun. Alias gratis. Jadi nasabah harusnya bukan hanya mencari kredit tanpa agunan bunga rendah. Tapi juga kredit tanpa agunan yang biayanya rendah.

Kredit-Tanpa-Agunan

Demikianlah 6 syarat yang perlu dipahami sebelum mengajukan kredit tanpa agunan bunga rendah. Apabila semua syarat tersebut dilaksanakan, maka nasabah akan lebih mudah mendapatkan kredit. Tanpa harus mengkhawatirkan bunga yang tinggi.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT