DISITU
17 Sep 2018

Tujuan Melakukan Survey Dalam Gadai Sertifikat Rumah

Gadai sertifikat rumah proses cepat merupakan salah satu metode gadai yang diinginkan banyak orang. Hal ini disebabkan karena calon peminjam ingin mendapatkan dana secara cepat. Namun, beberapa orang sering kecewa dengan metode gadai ini. Faktor yang membuat mereka kecewa adalah adanya survei dalam proses gadai.

Tujuan Survey Dalam Gadai Sertifikat Rumah

Beberapa orang rasanya tidak ingin menginginkan adanya survey dari lembaga gadai. Namun sebenarnya survey ini sendiri memiliki tujuan tersendiri yang mana bisa menjadi bahan pertimbangan lembaga gadai. Berikut ini adalah tujuan dari survey dalam gadai sertifikat rumah:

Gadai Sertifikat

1. Memastikan Kebenaran Data Peminjam

Hal ini merupakan hal yang sangat penting dalam sebuah survei. Karena hal ini bisa memastikan bahwa peminjam bisa mempertanggung jawabkan kebenaran identitas dari calon peminjam. Kebenaran data tersebut meliputi nama yang ada dalam sertifikat, ukuran rumah, dan lain-lain. Biasanya pihak gadai akan menolak ketika data yang diberikan tidak sesuai. Maka dari itu, sangat disarankan untuk menyesuaikan data yang ada di sertifikat dengan data diri Anda.

Gadai Sertifikat\

2. Memastikan Bahwa Peminjam Tidak Bermasalah

Hal ini masih berkaitan dengan nomor 1. Pentingnya peran sebuah survey adalah memastikan bahwa peminjam tidak memiliki catatan hitam terkait dengan kredit. Pelaku survey biasanya akan bertanya kepada tetangga sekitar atau RT/RW setempat mengenai kejelasan dari calon peminjam. Apabila debitur memiliki tanggungan hutang dan sedang tidak ada di rumah, biasanya penagih hutang akan bertanya kepada tetangga sekitar. Dan informasi dari penagih hutang ini biasanya akan disampaikan juga kepada pelaku survei. Hal ini tentu saja bisa mempengaruhi proses gadai sertifikat rumah.

Gadai Sertifikat

 

Beberapa lembaga gadai biasanya menerima pengajuan gadai sertifikat rumah dengan ketentuan tertentu. Misalnya rumah tersebut berada di lokasi banjir atau juga berada di dekat menara SUTET. Hal ini tentu saja membuat tim survey berpikir dua kali untuk mempertimbangkan pengajuan gadai. Biasanya proses pengajuan yang cepat akan menjadi lambat karena posisi rumah tersebut. Maka dari itu, Anda harus berpikir ulang atau bisa juga untuk mengurungkan niat dalam melakukan gadai sertifikat rumah. Karena ini bisa membuat tim survei akan bekerja dua kali atau bisa juga menolak pengajuan gadai.

Gadai Sertifikat

4. Menentukan Nilai Jual

Hal ini biasanya dilakukan sesudah proses survey. Hasil dari proses ini biasanya akan menghasilkan nilai jual yang ada. Apabila sudah memenuhi persyaratan namun tidak sesuai dengan kriteria seperti pada poin ke-3, maka nilai jual bisa jadi rendah. Hasil dari proses survei juga akan menentukan nilai bunga. Selain itu, tim survey bisa menentukan bahwa pengajuan Anda bisa dilakukan atau tidak. Biasanya gadai sertifikat rumah proses cepat akan menghasilkan bunga yang sesuai. Sesuai di sini maksudnya adalah sesuai dengan nilai jual yang ada.

Gadai Sertifikat

5. Mempercepat Proses Gadai

Hal ini tentu saja berkaitan dengan poin-poin yang ada di atas. Biasanya proses survey dan hasil survey akan menentukan seberapa cepat proses gadai tersebut. Apabila hasil survey tersebut baik, maka akan menghasilkan proses yang cepat. Begitu juga sebaliknya. Jika hasil survey buruk, proses gadai tersebut akan lambat.

Bisa disimpulkan bahwa gadai sertifikat rumah proses cepat tidak selamanya sesuai dengan apa yang telah disampaikan. Hal ini tentu saja merupakan salah satu strategi promosi yang dilancarkan oleh lembaga gadai. Agar orang tertarik untuk melakukan gadai di lembaga tersebut. Dalam proses cepat tersebut tentu ada yang namanya survei. Yang mana tujuan dari proses tersebut telah disampaikan pada poin-poin di atas.

 

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT