DISITU
30 Aug 2018

Langkah Mengajukan Gadai Sertifikat Rumah Di Bank BRI

Dengan kondisi perekonomian yang semakin mencekik, bagi sebagian kepala keluarga mengeluhkan kebutuhannya dalam bidang finansial. Hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya pemohon yang mengajukan pinjaman dana untuk menutup lubang finansialnya. Bahkan kebutuhan-kebutuhan mendadak acap kali menjadi momok yang menakutkan, sebab kebutuhan itu harus di selesaikan dengan secepat mungkin. Terlebih jika dibarengi dengan keadaan Anda yang belum memegang uang sama sekali, belum menerima gaji bahkan tabungan pun tak ada. Ada pula yang meminjam uang kepada kerabat atau pun saudara untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Namun jika beberapa orang terdekat tidak bisa diandalkan, alternatif lainnya adalah dengan mengajukan gadai sertifikat rumah di Bank BRI. Karena banyak pilihan produk yang bisa Anda jadikan solusi.

Untuk segera mendapatkan pencairan dana adalah impian setiap orang, bagaimana prosedurnya? berikut uraian yang bisa Anda pelajari:

1. Melengkapi Persyaratan

Seperti peminjaman pada umumnya, syarat utama untuk mendapatkan pencairan dana secara cepat adalah dengan melengkapi persyaratan yang telah Anda siapkan. Sebelumnya tentu harus bertanya terlebih dahulu, pahami dan segera lengkapi persyaratan. Setelah semuanya terkumpul Anda bisa mengunjungi kantor Bank BRI sesuai dengan domisili, di sana Anda bisa menemui customer service (CS). Sebab bagian ini yang bertanggungjawab untuk pendaftaran pengajuan peminjaman.

2. Mengisi Formulir

Setelah semua persyaratan yang Anda siapkan telah sesuai dan dikira benar, maka Anda akan diberikan formulir untuk diisi. Isilah formulir tersebut sesuai dengan identitas Anda, jangan sekali-kali mencoba untuk memalsukan, karena hal ini sangat beresiko sekali. Nah setelah formulir diisi kemudian serahkan pula seluruh persyaratan yang Anda lengkapi tersebut.

3. Melakukan Survey

Karena jenis gadai sertifikat rumah di bank BRI menggunakan sertifikat sebagai jaminan yang Anda serahkan, maka pihak Bank tentu akan akan melakukan survey ke lokasi yang tertera sesuai dengan alamat di sertifikat rumah Anda. Selain itu pihak Bank juga akan menanyakan pekerjaan atau pun jenis usaha yang telah Anda jalani. Karena hal ini menyangkut dengan banyak sedikitnya dana yang akan dicairkan. Jadi semakin tinggi jumlah nilai sertifikat Anda semakin banyak pula jumlah dana yang akan anda terima.

4. Proses

Dari beberapa proses yang telah Anda lakukan tadi, pihak Bank akan melakukan verifikasi serta pengecekan dan menelaah beberapa dari dokumen yang Anda serahkan. Selain itu juga akan melihat bagaimana hasil dari survey yang telah dilakukan oleh pihak Bank dengan mendatangi sendiri. Setelah mendapatkan keputusan apakah pengajuan Anda akan diterima atau tidak, pihak Bank akan memberikan informasi tersebut dengan jangka waktu 3-7 jam kerja, hal ini tergantung dengan banyaknya antrian.

5. Menunggu Informasi Dari Bank

Jika keputusan yang diambil dari Bank adalah menyetujui permohonan Anda, Anda akan dihubungi melalui telepon dan mendatangi Bank dengan membawa materai 6000 sebanyak 6 lembar. Hal ini bertujuan untuk penandatanganan akad atau pun perjanjian permohonan yang telah Anda ajukan. Hal yang terpenting adalah Anda harus membaca isi perjanjian tersebut, agar pada hari selanjutnya tidak terjadi kesalahpahaman, dan masing-masing pihak bisa menerima tanpa ada pemaksaan.

6. Dana Cair

Penandatangan tersebut merupakan akhir dari proses pengajuan dana yang telah Anda ajukan. Alhasil dana yang diajukan akan dicairkan dengan menunggu beberapa saat setelah penandatangan.

Itulah beberapa proses pengajuan dana dalam gadai sertifikat rumah di Bank BRI, pahami dan cermati setiap ketentuan yang telah tertulis. Proses awal tersebut akan berlanjut hingga proses cicilan yang akan menjadi tanggungan Anda setiap bulan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Tanyakan pula bagaimana sistem pembayaran yang telah ditentukan oleh pihak Bank. Tanyakan juga banyaknya bunga yang telah ditetapkan, sehingga Anda bisa mengkira-kirakan berapa tanggungan Anda setiap bulannya.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT