DISITU
05 Apr 2019

Cara Daftar, Cek Saldo, Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Bekerja di perusahaan membuat Anda takut mengalami banyak resiko kerja serta tidak memiliki uang atau modal untuk membiayai hari tua Anda? Tenang saja, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) telah menyediakan jasa layanan untuk menjamin segala kebutuhan finansial selama bekerja serta untuk jaminan hari tua Anda.

Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan

Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan

Selama bekerja di perusahaan tentu akan ada banyak resiko yang harus Anda tanggung, baik berupa resiko sosial, mental ataupun fisik. Para pekerja saat ini dianjurkan untuk menggunakan layanan jaminan sosial yang menjamin berbagai resiko yang dialami oleh tenaga kerja, yang programnya dinamakan BPJS Ketenagakerjaan.

Anda tidak perlu khawatir lagi jika mengalami resiko selama aktif di tempat kerja, karena BPJS siap membantu dan melayani jaminan sosial untuk Anda. Cara pendaftarannya kini sangat mudah, mengingat adanya penerapan sistem terbaru melalui jaringan secara online. Berikut langkah-langkah pendaftaran anggota BPJS ketenagakerjaan,

  1. Siapkan beberapa berkas penting, seperti KTP, KK, beserta pas foto bagi para pekerja. Sedangkan untuk pemilik usaha bisa menyertakan surat keterangan izin usaha.

  2. Lakukan cara daftar secara online agar lebih praktis dan mudah dengan mengunjungi alamat website resmi BPJS ketenagakerjaan di http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id .

  3. Selanjutnya, Anda akan melihat halaman pertama situs tersebut, kemudian pilih menu yang bertuliskan “Mau jadi peserta BPJS Ketenagakerjaan?” Lalu klik “Daftar”.

  4. Sebelum Anda memilih menu “Daftar”, akan ada pilihan berupa jenis layanan BPJS, yakni layanan jaminan secara personal atau perusahaan.

  5. Isi berbagai kolom sesuai dengan perintah yang telah tertulis di sana hingga pada tahap paling akhir.

  6. Jika Anda adalah peserta BPJS ketenagakerjaan, selanjutnya Anda akan diberikan pilihan tentang program jaminan yang ditawarkan BPJS, seperti

  1. Jaminan Hari Tua / JHT

  2. Jaminan Pensiun / JP

  3. Jaminan Kematian / JKM

  4. Jaminan Kecelakaan Kerja / JKK

  1. Jika Anda telah melengkapi proses pendaftaran sebaiknya datanglah ke kantor BPJS untuk melakukan verifikasi agar bisa mendapatkan kartu BPJS ketenagakerjaan bagi para penerima upah.

  2. Selanjutnya Anda hanya perlu membayar iuran bulanan secara rutin.

  3. Iuran berhenti ketika peserta yang bersangkutan meninggal dunia dan mengurus surat kematiannya. Hal tersebut bisa disampaikan kepada ahli waris yang bersangkutan beserta pihak rumah sakit tertentu yang ada kaitannya dengan peserta layanan BPJS ketenagakerjaan.

Baca Juga : Syarat dan Cara Membuat BPJS Kesehatan

Cara Cek Saldo dan Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek Saldo dan Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Jika Anda ingin mengetahui jumlah saldo kartu BPJS ketenagakerjaan milik Anda mau cek jumlahnya sesuai dengan langkah di bawah ini.

  1. Anda bisa mengakses melalui berbagai perangkat seperti smartphone atau laptop, namun pastikan tersedia jaringan internet yang kuat.

  2. Lakukan pendaftaran dengan langkah di di bawah ini,

  • kunjungi alamat website BPJS ketenagakerjaan di www.bpjsketenagakerjaan.go.id, tunggu hingga halaman pertama situs tersebut terbuka sepenuhnya.

  • Pilih menu yang bertulisan “Tenaga Kerja”, berada pada sisi kanan bagian atas.

  • Setelah masuk ke halaman website, kemudian pilih kotak “Registrasi” jika sudah pernah mengaksesnya, maka Anda tinggal “Login”.

  • Isilah kolom perintah sesuai dengan data-data diri Anda secara lengkap, antara lain seperti nomor KPJ yang aktif pada kartu Anda, kemudian nomor KTP, nomor handphone, dan lain-lain.

  • Jika sudah diisi dengan lengkap maka selanjutnya pilih kotak dengan tulisan “Ya, Saya Setuju”.

  • Kemudian tekan “Submit”.

  • Tunggu hingga Anda mendapatkan SMS pin verifikasi. Setelah itu masukkan kode yang dikirimkan tersebut untuk mengaktivasi akun layanan BPJS ketenagakerjaan.

  • Jika sudah terdaftar, maka Anda perlu melakukan login kembali untuk ke tahap cek saldo

  1. Langsung ikuti langkah untuk cek saldo sesuai dengan program BPJS yang Anda ikuti, misalnya cek saldo JHT., maka Anda akan melihat beberapa menu di laman website seperti yang tertera di bawah ini,

  • Menu Profil untuk informasi diri tenaga kerja

  • Menu Cek Saldo JHT untuk melihat jumlah saldo JHT

  • Simulasi JHT untuk menghitung simulasi saldo JHT

  • E klaim JHT untuk mengklaim JHT online

  • Kemudian pilihlah menu Cek Saldo JHT.

  1. Jika Anda ingin melakukan klaim saldo program layanan BPJS, perhatikan syarat dan ketentuannya terlebih dahulu. Peraturan BPJS TK terbaru bisa Anda ketahui lewat Peraturan Pemerintah No. 60 Tahun 2016.

Keistimewaan Program Layanan dari BPJS Ketenagakerjaan yang Bisa Anda Peroleh

Saat Anda bekerja di perusahaan jangan takut dan ragu lagi menghadapi hari tua, karena kini biaya jaminan sosial ketenagakerjaan bisa digunakan untuk program jaminan hari tua. Jaminan tersebut memiliki sistem penggunaan yang berbeda dengan program jaminan sosial yang lain seperti, JP, JK, dan JKK. Ketiga program tersebut dapat diklaim sewaktu-waktu jika Anda mengalami resiko dalam pekerjaan, seperti kecelakaan, sakit, meninggal dunia, dan sebagainya tanpa membayar iuran terlebih dahulu.

Klaim JHT hanya bisa dicairkan ketika masa aktif Anda di perusahaan yang berkaitan telah berakhir, dan dana tersebut dihasilkan dari biaya iuran bulanan Anda. Jika Anda mendapatkan JHT dari perusahaan, maka otomatis biaya BPJS ditanggung oleh pemberi kerja, baik berupa potongan gaji atau tambahan fasilitas sesuai ketentuan perusahaan.

Ada satu lagi catatan penting bagi para pekerja migran Indonesia / PMI, mereka tetap bisa mendapatkan akses layanan BPJS, hanya dengan membayar 370 ribu rupiah untuk jaminan KK dan kematian selama 31 bulan. Pembayaran dilakukan sebelum pergi ke negara tujuan.

Baca Juga : Cara Cek BPJS Online, Terlengkap dan Terkini

BPJS Ketenagakerjaan Untuk Mengurangi Resiko Fatal

Jadi, tunggu apalagi segera daftarkan tenaga kerja Anda ke BPJS Ketenagakerjaan untuk mengurangi resiko fatal yang mungkin terjadi dan agar para pekerja terus semangat bekerja

Baca Juga :
DISITU
09 Apr 2019
https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201904/190409/Banner/03 Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Dengan Mudah.jpg

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Dengan Mudah

Anda merupakan salah satu peserta yang baru saja menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan? Jangan bingun...

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT