DISITU
02 Dec 2018

Buat Kerja Remote Lebih Efektif dengan 5 Cara Ini

Bekerja dari rumah atau remote working memang tengah menjadi tren di tengah masyarakat. Saat ini banyak perusahaan yang memperbolehkan karyawannya bekerja secara remote dengan berbagai alasan seperti menghemat tempat di kantor atau agar para karyawan tidak merasa jenuh.

Cara bekerja ini tentu sangat menyenangkan! Sayangnya, kebanyakan kerja remote justru berakhir tidak efektif karena adanya berbagai gangguan di rumah. Nah, bagi Anda yang sering melakukan pekerjaan dari rumah, Tim DISITU.com memiliki cara untuk membuat kerja remote jadi lebih efektif.

 

  1. Buat ruang kerja pribadi di rumah

pekerjaan

Trik pertama untuk membuat kerja dari rumah lebih efektif adalah membuat ruang kerja. Jika selama ini Anda selalu mengerjakan pekerjaan di atas tempat tidur, sebaiknya segera hentikan kebiasaan tersebut. Bekerja di atas tempat tidur hanya akan membuat pekerjaan Anda tidak efektif karena pikiran akan terus tersugesti untuk tidur. Karena itu, sebaiknya miliki ruangan khusus untuk bekerja. Pastikan ruangan tersebut bebas dari gangguan suara agar Anda lebih konsentrasi. Agar semakin nyaman, hias meja kerja Anda dengan berbagai aksesoris pendukung seperti kata-kata motivasi, tanaman hias kecil, atau lilin aromaterapi.

 

  1. Gunakan pakaian rapi

pekerjaan

Banyak karyawan berpikir, bekerja secara remote membuat mereka dapat menggunakan pakaian apapun karena tidak perlu keluar rumah. Pikiran tersebut salah besar! Saat bekerja dari rumah, sebaiknya Anda tetap memakai pakaian rapi selayaknya pergi ke kantor. Membiasakan diri untuk berpakaian rapi saat bekerja di rumah akan membuat tubuh dan pikiran Anda sadar bahwa sudah waktunya untuk bekerja. Berpakaian rapi juga dapat menjadi antisipasi jika tiba-tiba atasan Anda meminta rapat secara online melalui video call.

 

  1. Buat jam kerja yang terstuktur

pekerjaan

Bekerja dari rumah memang membuat Anda tidak perlu bangun pagi untuk bergegas ke kantor. Namun bukan berarti Anda dapat memulai jam kerja sesuka hati tanpa jadwal yang terstruktur. Agar pekerjaan jadi lebih efektif dan tidak ada yang menumpuk, buatlah jam kerja yang pasti setiap harinya. Jangan lupa, masukan waktu istirahat agar tubuh dan pikiran Anda kembali rileks. Membuat jam kerja yang teratur akan membuat Anda jadi lebih disiplin dan mampu memanajemen waktu untuk memisahkan antara pekerjaan kantor dengan pekerjaan rumah.

 

  1. Cari suasana baru

pekerjaan

Meskipun menyenangkan, bekerja dari rumah juga dapat membuat Anda merasa bosan lho. Untuk itu, sesekali pergilah ke kafe terdekat atau perpustakaan guna mencari suasana baru dalam bekerja. Selain menghadirkan suasana baru, bekerja di tempat yang berbeda akan membantu Anda menyegarkan pikiran untuk mencari kreativitas sehingga pekerjaan dapat dilakukan lebih efektif.

 

  1. Buat daftar prioritas pekerjaan

pekerjaan

Tantangan terbesar saat bekerja dari rumah adalah distraksi atau gangguan dari penghuni rumah, binatang peliharaan, dan bahkan diri sendiri. Agar pekerjaan tidak terganggu dan selesai tepat waktu, buatlah daftar prioritas yang berisi tugas apa saja yang perlu dikerjakan dalam satu hari. Sebaiknya, susun daftar pekerjaan berdasarkan tingkat kepentingan sehingga Anda memiliki prioritas dalam mengerjakannya.

Itu tadi 5 cara yang dapat Anda gunakan untuk membuat kerja remote lebih efektif. Memiliki kesempatan bekerja dari rumah, bukan berarti Anda dapat melakukan pekerjaan sesuka hati tanpa arah yang jelas. Sebaliknya, manfaatkan kesempatan tersebut untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat sehingga Anda memiliki waktu untuk beristirahat atau mengerjakan pekerjaan lain.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT