DISITU
20 Mar 2019

Cara Membuat Paspor Online Terlengkap

Pada saat Anda berencana untuk pergi ke luar negeri, tentunya terdapat dokumen penting yang harus Anda miliki yaitu paspor. Paspor adalah dokumen resmi yang dapat digunakan sebagai identitas pengenal pada saat Anda berada di luar negeri atau Negara asing. Tanpa adanya paspor, Anda tidak akan diperbolehkan untuk melewati imigrasi keberangkatan dan tidak mungkin Anda bisa berada di pesawat.

Oleh karena itu,sebelum pergi ke luar negeri pastikan Anda membuat paspor. Pada saat ini pembuatan paspor juga semakin mudah dengan adanya layanan paspor online, Anda juga bisa membuat paspor secara manual dengan datang langsung ke kantor imigrasi untuk membuat paspor.

Namun, agar lebih cepat kami sarankan Anda untuk mencoba pembuatan paspor secara online, karena pengajuan paspor dan pengurusan paspor secara online tentu lebih cepat dan mudah Anda bisa membuatnya kapan saja dan dimana saja tanpa perlu datang ke kantor imigrasi dan mengantri.

Syarat Membuat Paspor Online

Syarat Membuat Paspor Online

Sebelum Anda tahu cara membuat paspor online, berikut ini beberapa syarat membuat paspor online yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu.

Untuk Pengguna Paspor Warga Negara Indonesia:

  • KTP yang masih berlaku

  • Kartu Keluarga atau KK

  • Akta Kelahiran

  • Buku Nikah dan Ijazah

  • Paspor lama (jika ingin perpanjang paspor)

Untuk anak WNI yang berdomisili di Indonesia, persyaratannya juga sama hanya saja persyaratan menggunakan dokumen orang tuanya seperti KTP, KK, dan buku nikah.

Baca Juga : Cek Tagihan BPJS Sekarang Bisa Secara Online Loh!

Cara Membuat Paspor Online

Cara Membuat Paspor Online

Bagi Anda yang ingin mengurus paspor secara online berikut ini beberapa cara membuat paspor online. Anda bisa menggunakan dua cara pada saat akan membuat paspor yakni dengan menggunakan aplikasi paspor online atau langsung mengunjungi website imigrasi untuk membuat permohonan paspor yang akan dibuat.

Cara Membuat Paspor Online Menggunakan Aplikasi

Pertama kami akan menjelaskan cara membuat paspor online dengan menggunakan apliksi untuk mendapatkan antrian paspor. Nah, nomor antrian inilah yang nantinya dapat Anda tunjukkan pada petugas pelayanan paspor.Langsung saja yuk ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pertama, Anda harus mengunduh aplikasi antrian paspor di play store.

  • Selanjutnya, lakukan pendaftaran dengan klik “masuk” pada aplikasi, pastikan Anda mengisi data dengan benar.

  • Setelah semua data lengkap, maka Anda bisa login.

  • Kemudian pilih jadwal pembuatan paspor baik lokasi pelayanan paspor ataupun waktunya.

  • Nah, sekarang Anda bisa melihat jadwal di laman user, klik “lihat jadwal” untuk mengecek jadwal pengurusan paspor.

  • Selesai, Anda akan mendapatkan QR code yang nantinya harus Anda tunjukkan pada petugas pelayanan kantor.

Baca Juga : Cara Mudah Pindah Kelas BPJS Kesehatan Secara Online

Cara Membuat Paspor Melalui Website Imigrasi

Tidak hanya dapat menggunakan aplikasi paspor online, Anda juga bisa langsung mengunjungi website imigrasi dengan langsung mengunjungi website dengan alamat antrian.imigrasi.go.id. Ikuti langkah-langkah seperti pada saat Anda mendaftarkan diri di aplikasi paspor online.

Anda bisa memilih salah satu dari kedua cara membuat paspor online diatas. Sekarang Anda bisa langsung mengunjungi kantor imigrasi atau pelayanan paspor untuk bisa mendapatkan paspor. Setelah itu, Anda akan diminta untuk wawancara,  pengambilan foto, verifikasi berkas dan juga pengambilan biometrik sidik jari.

Biaya Pembuatan Paspor Online

Selanjutnya Anda hanya perlu melakukan pembayaran ke bank BNI atau melalui ATM BNI dengan memilih menu pembayaran di ATM kemudian masukkan nomor permohonan paspor dan kode pembayaran.

Untuk biaya pembuatan paspor pada saat ini untuk pembuatan baru atau perpanjangan paspor dengan jumlah 48 halaman adalah sebesar Rp. 360.000 (termasuk biaya administrasi bank Rp. 5.000). Sedangkan untuk paspor biasa 24 halaman biayanya sebesar Rp. 100.000.

Setelah itu Anda bisa datang kembali ke lokasi pelayanan kantor setelah 3 atau 4 hari kerja untuk mengambil paspor yang Anda buat.

Baca Juga : Cara Mudah Memperpanjang SIM Melalui SAMSAT dan Online

Satu hal penting yang harus Anda ingat adalah membuat paspor online bukan bukan berarti membuat paspor elektronik atau e paspor. Karena yang dimaksud dengan membuat paspor online adalah tata cara membaut paspor yang dilakukan secara online. Terimakasih.

Baca Juga :
DISITU
21 Mar 2019
https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201903/190321/Banner/Cara Perpanjang Paspor.jpg

Cara Perpanjang Paspor Online Terlengkap

Bagi Anda yang berniat untuk pergi ke luar negeri, memiliki paspor merupakan salah satu syarat wajib...

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT