DISITU
15 Mar 2019

Cara Membuat SKCK, Syarat dan Biaya Detailnya

Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau biasa disingkat dengan SKCK merupakan surat keterangan yang biasanya dibutuhkan oleh masyarakat yang ingin melamar pekerjaan. SKCK merupakan sebuah surat yang diterbitkan oleh kepolisian Republik Indonesia atau Polri melalui polsek dan polres.

Jadi, tujuan dibuatnya SKCK adalah untuk menerangkan ada atau tidaknya catatan seseorang yang bersangkutan dalam kegiatan kriminal atau kejahatan. Tidak hanya untuk melamar pekerjaan, SKCK juga diperlukan untuk berbagai macam urusan kelengkapan syarat administrasi seperti pada saat akan mengikuti seleksi rekrutmen CPNS, pendaftaran sekolah dalam maupun luar negeri, salah satu syarat mencalonkan diri sebagai pejabat dan lainnya.

Cara Membuat SKCK

cara membuat skck

Pada saat ini, cara membuat SKCK semakin mudah Anda bisa membuat SKCK online maupun offline langsung ke polres dan polsek. Proses pembuatan SKCK pun juga sangat cepat yakni hanya memerlukan waktu 30 menit lengkap dengan legalisirnya. Untuk mengurus SKCK online Anda bisa langsung mengunjungi website resmi polri yakni di alamat skck.polri.go.id.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini akan kami jelaskan secara lebih lengkap mengenai cara membuat SKCK, syarat membuat SKCK, hingga biaya pembuatannya.

Baca Juga : Temukan Pekerjaan Sesuai Passion dengan 5 Cara Jitu Ini!

Syarat Membuat SKCK

Bagi Anda yang berniat untuk membuat SKCK, berikut beberapa syarat membuat SKCK yang perlu Anda perhatikan dan Anda siapkan.

  • Pertama, hal yang harus Anda siapkan ketika akan mengurus SKCK adalah membuat Surat Pengantar Dari Kelurahan. Anda bisa datang langsung ke kantor desa dan kantor kecamatan tempat Anda tinggal.

  • Fotocopy KTP atau SIM bolak balik

  • Fotocopy Kartu Keluarga atau KK

  • Fotocopy ijazah terakhir/akta kelahiran

  • Pas foto ukuran 4x6 dengan background warna merah sebanyak 6 lembar.

Sedangkan bagi Anda Warga Negara Indonesia (WNI) berikut ini syarat membuat SKCK yang harus dipersiapkan.

  • Salinan atau fotocopy paspor;

  • Salinan surat nikah;

  • Salinan KITAS atau KITAP

  • Fotokopi IMTA dari kementerian tenaga kerja

  • Fotokopi STM dari kepolisian

  • 6 lembar Pas foto ukuran 4x6 dengan background kuning

Pengurusan SKCK di Polsek atau Polres

  • Setelah menyiapkan syarat membuat SKCK yang sudah disiapkan diatas, Anda bisa langsung membuat SKCK ke polsek terlebih dahulu kemudian dilanjutkan ke polres.

  • Disana Anda akan diminta untuk mengisi formulir daftar riwayat hidup yang sudah disediakan di kantor polisi, pastikan Anda mengisinya dengan lengkap dan benar.

  • Selanjutnya Anda akan diminta untuk melakukan pengambilan sidik jari oleh petugas polres yang ada disana. Nah, setelah proses selesai Anda akan diminta untuk menyalin atau mem-fotocopy SKCK yang nantinya akan dilegalisir.

Baca Juga : Cara Mudah Memperpanjang SIM Melalui SAMSAT dan Online

Biaya Pembuatan SKCK

Menurut informasi dari laman resmi polri.go.id ketika membuat SKCK anda akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 30.000 yang akan diminta di Polres. Untuk di Polsek Anda tidak akan dikenakan biaya apapun.

Satu hal yang harus Anda ingat adalah SKCK memiliki batas waktu berlakunya yakni masa berlaku SKCK adalah selama 6 bulan. Setelah itu, Anda bisa melakukan perpanjangan SKCK ke polsek atau polres dengan membawa lembar SKCK lama baik yang asli atau yang dilegalisir, membawa fotocopy KTP atau SIM, fotocopy KK, Fotocopy ijazah/akta kelahiran, pasfoto terbaru 4x6 background merah sebanyak 3 lembar da mengisi formulir perpanjangan SKCK yang disediakan.

Baca Juga : Cek Pajak Kendaraan di Samsat secara Online Sekarang

Sekarang Anda sudah paham kan bagaimana cara membuat SKCK, syarat dan biaya detailnya. Jadi Anda tidak perlu bingung lagi karena pembuatan SKCK pada saat ini sangat mudah, biaya pembuatannya juga murah. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT