DISITU
17 Mar 2019

Cara Cek BPJS Online, Terlengkap dan Terkini

Di era digitalisasi ini segala hal dapat dilakukan secara online, tak terkecuali dengan BPJS. Bagi anda warga Indonesia, pasti sudah tidak asing lagi mendengar kata BPJS. BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan adalah salah satu Badan Hukum Publik di Indonesia yang memiliki tugas untuk menjamin kesehatan Nasional bagi seluruh rakyat Indonesia terutama Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pensiunan PNS dan TNI/POLI, veteran, badan usaha lain, dan rakyat biasa. Badan Hukum yang telah beroperasi sejak tanggal 1 Januari 2014 memiliki tanggung jawab langsung kepada presiden.

Seiring dengan perkembangan teknologi, BPJS Kesehatan pun kini telah menerapkan teknologi dalam melayani pelanggannya, baik untuk daftar, cek tagihan bpjs kesehatan, dan membayar iuran secara online melalui jaringan internet. Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai cara cek BPJS online terlengkap dan terkini.

Cek-BPJS

Dengan kecanggihan teknologi, kini anda pengguna bpjs kesehatan tak perlu repot-repot untuk mendatangi kantor bpjs secara langsung karena transaksi dapat dilakukan secara online. Cara cek BPJS secara online adalah dengan membuka laman atau website resmi bpjs di www.bpjs-online.com. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus anda ambil untuk cek iuran atau pembayaran tagihan bpjs kesehatan secara online.

  • Pastikan bahwa anda telah mendaftar dan memiliki akun atau nomor peserta bpjs

  • Masuk ke website resmi bpjs di www.bpjs-online.com untuk melihat status, cek besaran iuran, dan bayar iuran bpjs.

  • Setelah masuk, klik link cek tagihan bpjs

  • Setelah itu, anda akan diantarkan menuju halaman untuk membayar tagihan iuran bpjs. Anda diharuskan untuk mengisi form diri diri yang terdiri dari nomor kartu, tanggal lahir, captcha atau angka validasi, nomor peserta, status peserta, jenis peserta, jumlah anggota peserta.

  • Setelah anda memasukan data bpjs, akan muncul kolom yang berisi informasi mengenai nama peserta, nomor peserta, tagihan, denda, total tagihan, tanggal pembayaran terakhir, nominal pembayaran, dan saldo.

Baca Juga : Syarat dan Cara Membuat BPJS Kesehatan

Cek-BPJS-Online

Selain menggunakan website resmi BPJS, anda juga dapat menggunakan smartphone untuk mengecek jumlah tagihan iuran BPJS, dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Masuk ke Play Store atau aplikasi sejenis dan instal JKN KIS, daftar menggunakan alamat email yang masih aktif

  • Login dan masuk ke menu JKN KIS Tagihan dan pilih premi

  • Apabila data yang anda masukan benar, akan muncul tagihan dari semua peserta yang tergabung dalam akun BPJS dan status pembayarannya.

Melalui aplikasi JKN KIS, anda juga dapat melakukan pembayaran tagihan iuran BPJS melalui mobile dengan bank yang telah bekerja sama seperti bank BNI, bank BRI, Bank BTN, dan kartu kredit. untuk kartu kredit yang dapat digunakan adalah kartu kredit VISA/Mastercard yang menggunakan kode OTP untuk otorisasi transaksi. Berikut ini adalah cara untuk membayar iuran BPJS menggunakan kartu kredit.

  • Masuk ke aplikasi JKN KIS, dan buka menu pembayaran-pembayaran mobile dan pilih kartu kredit*

  • Pilih bulan yang akan dilakukan pembayaran, apabila terdapat tagihan yang belum dibayar maka akan muncul tombol bayar untuk melanjutkan

  • Masukkan data kartu kredit yang meliputi nomor kartu, kode cvv, nama pemilik kartu, alamat email, dan nomor HP

  • Setelah data telah terisi dengan benar, kemudian klik tombol process dan ikuti langkah-langkahnya sampai selesai

*untuk via kartu kredit, anda akan dikenakan biaya sebesar Rp.2.500 selain admin bank dan biaya layanan kartu kredit yang besarannya mengikuti jumlah pembayaran tagihan iuran BPJS.

Baca Juga : Cara Mudah Pindah Kelas BPJS Kesehatan Secara Online

Demikian sedikit informasi mengenai cara cek BPJS Online terlengkap dan terkini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda semuanya.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT