DISITU
09 Apr 2019

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Dengan Mudah

Anda merupakan salah satu peserta yang baru saja menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan? Jangan bingung saat Anda ingin mengetahui jumlah saldo yang ada di dalamnya, karena kini terdapat banyak layanan praktis dan mudah untuk melakukan pengecekan saldo secara online. Dengan begitu Anda tidak perlu repot lagi untuk mendatangi kantor BPJS, apalagi jika lokasinya jauh dari tempat tinggal Anda.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Cek Saldo dan Klaim Dana BPJS Ketenagakerjaan

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Cek Saldo dan Klaim Dana BPJS Ketenagakerjaan

Saat Anda menjadi peserta BPJS TK tentu Anda telah menggunakan atau berbagai program layanannya, seperti Jaminan Kesehatan, Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Pensiun (JP), dan yang lainnya. Beberapa program layanan seperti jaminan pensiun atau JHT memiliki banyak peminat, pasalnya dana dari jaminan tersebut bisa digunakan saat Anda menjalani kehidupan di hari tua.

Layanan BPJS Ketenagakerjaan

Program layanan tersebut tidak bisa diakses jika Anda tidak memiliki kartu BPJS ketenagakerjaan dan aktif untuk membayar iuran tiap bulannya. Anda juga harus benar-benar memahami tentang persyaratan cek dan klaim dana BPJS untuk bisa mencairkannya. Beberapa program, seperti JHT memiliki ketentuan tertentu khususnya pada waktu klaim dana tersebut, yakni harus pada periode dan kondisi tertentu. Misalnya pada saat pemutusan hubungan kerja atau PHK, serta pada saat Anda dipensiunkan sehingga dapat memanfaatkan dana tersebut untuk jaminan pensiun sekaligus.

Baca Juga : Cek Tagihan BPJS Sekarang Bisa Secara Online Loh!

Berikut Cara Cek Saldo dan Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online Anti Ribet

Berikut Cara Cek Saldo dan Klaim BPJS Ketenagakerjaan Online Anti Ribet

Cara cek saldo dan klaim BPJS ketenagakerjaan saat ini berbeda dengan beberapa tahun yang lalu. Kini sistemnya semakin dipermudah dengan berbagai layanan secara online. Para peserta BPJS ketenagakerjaan tentu akan membutuhkan langkah untuk mengecek sisa saldo sewaktu-waktu, apalagi jika saldo tersebut hendak diklaim.

Anda bisa mencari informasinya melalui berbagai media, salah satunya seperti pada langkah cek saldo yang telah dirangkum di bawah ini.

1. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Lewat Aplikasi BPJSTK Mobile

Program pengembangan layanan BPJS ketenagakerjaan pun tidak mau kalah dengan lembaga dan perusahaan lainnya untuk memudahkan sistem pelayanan pelanggan. Teknologi praktis tersebut berupa Aplikasi Mobile yang dinamakan BPJSTK. Aplikasi tersebut maksudnya bisa diakses melalui ponsel pintar dengan mengunduhnya terlebih dahulu di aplikasi perantara google yakni Play Store. Di dalamnya Anda sudah bisa melihat status informasi tentang akun BPJS Anda jika sudah terdaftar, lengkap dengan informasi saldonya. Di aplikasi tersebut juga berbagai menu yang bisa digunakan juga untuk memenuhi kebutuhan transaksi online Anda yang lain, seperti membayar tagihan bulanan air, listrik, dan sebagainya. Berikut langkah yang lebih detail,

  • Unduh dan Install aplikasi BPJSTKU Mobile di Play Store

  • Daftar akun menggunakan email, jika Anda sudah memilikinya maka tinggal login

  • Input nomor Pin Anda

  • Daftarkan pin aktivasi dengan mengisi identitas sesuai KTP

  • Upload foto KTP

  • Input nomor kepesertaan KPJ

  • Input nomor HP yang telah terdaftar atau baru didaftarkan

  • Input kode verifikasinya

  • Cek saldo BPJS Anda (berlaku untuk semua program pelayanan termasuk untuk cek saldo JHT)

2. Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Via SMS

Cara paling mudah selanjutnya adalah mengecek saldo via SMS. Caranya Anda cukup mendaftarkan kepesertaan Anda terlebih dahulu dengan cara,

  • Ketik SMS dengan format, Daftar (spasi) Saldo”nomor KTP#Tanggal lahir dengan format DD-MM-YYYY, artinya Hari-Bulan-Tahun#nomor peserta#email, lalu tinggal kirim ke nomor 2725

  • Apabila Anda telah terdaftar maka kirimlah dengan susunan format tulisan, Saldo (spaso) nomor peserta, kemudian tinggal kirim ke nomor 2725.

  • Tunggu hingga Anda mendapatkan balasan SMS berupa informasi jumlah saldo akun BPJS ketenagakerjaan milik Anda, sangat mudah bukan? Tentu dalam melakukan langkah ini Anda akan dikenai biaya tertentu.

3. Cek Saldo Lewat Website BPJS Ketenagakerjaan Resmi

Cara online selanjutnya juga tidak kalah mudah dan praktis seperti saat menggunakan aplikasi mobile. Dengan mengunjungi website resminya pun Anda juga bisa mengecek saldo BPJS kapan saja dan di mana saja, baik lewat smartphone maupun lewat PC. Namun, pastikan bahwa perangkat Anda tersambung dengan internet yang anti lemot. Berikut beberapa langkah untuk mengeceknya,

  • Segera kunjungi alamat website resmi BPJS ketenagakerjaan yakni di https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/

  • Jika Anda telah terdaftar sebagai peserta maka bisa langsung memasuki halamannya dengan mengklik menu “Masuk”

  • Klik “BPJSTKU”

  • Buat akun atau login kemudian Anda bisa memilih menu untuk cek saldo.

4. Klaim Dana BPJS Ketenagakerjaan Menggunakan e Klaim Praktis dan Cepat

Layanan e klaim pada BPJS ketenagakerjaan kini hadir untuk mempermudah para peserta saat ingin melakukan pencairan dana, khususnya pada saldo JHT. Caranya adalah sebagai berikut,

  • Kunjungi alamat website resi di https://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/login/

  • Kemudian isi kolom perintahnya sesuai dengan identitas diri yang tertera di KTP

  • Isi nomor KPJ

  • Isi kolom alasan klaim dan sebutkan alasan Anda

  • Isi kolom untuk nomor ponsel agar Anda menerima pemberitahuan lewat SMS

  • Sertakan juga alamat email yang masih aktif

  • Isi pada halaman website tersebut kode verifikasi yang telah dikirimkan kepada Anda

  • Tunggu hingga mendapatkan konfirmasi melalui email maupun SMS tentang pencairan dana

  • Jika sudah dikonfirmasi maka saldo Anda akan ditransfer melalui cabang kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat di tempat tinggal Anda. Dengan begitu, Anda bisa mengunjungi kantor tersebut saat mendapatkan pemberitahuan tentang pencairan dana.

Baca Juga : Belum Punya BPJS Ketenagakerjaan? Ini Manfaatnya

Cek Saldo BPJS Kapan Saja Dimana Saja

Sekarang Anda sudah paham kan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan? Sangat mudah sekali bukan? Sekarang Anda bisa cek saldo BPJS kapan saja saat ini.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT