DISITU
25 Sep 2018

Inilah 7 Trik Beli Smartphone Secara Online

Kebutuhan akan alat komunikasi seperti handphone rasanya telah menjadi kebutuhan utama atau primer bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Tidak mengherankan, tuntutan untuk serba cepat dalam mengerjakan berbagai aktivitas membuat kebutuhan akan ponsel pintar semakin meningkat. Tidak hanya digunakan sebagai alat komunikasi, lebih dari itu smartphone kini menjadi alat penting dalam membangun relasi dan bersosialisasi melalui sosial media. Karena itulah smartphone dengan spesifikasi canggih menjadi incaran banyak orang. Sementara itu untuk mendapatkan ponsel pintar tidaklah sulit, di zaman yang semakin canggih ini selain membeli langsung di toko offline, Anda juga bisa membeli smartphone secara online.

Jangan Tertipu, Pelajari 7 Trik Beli Smartphone Secara Online

Kemudahan mendapatkan smartphone secara online memang sangat membantu banyak orang yang tidak bisa membeli langsung di toko. Selain mudah, pembeli juga bisa merasa lebih bebas melihat berbagai jenis telepon seluler yang diinginkan tanpa risih diikuti oleh penjaga toko.

Namun dibalik kemudahan yang ditawarkan, tersimpan juga bahaya dari membeli smartphone secara online. Tidak terlihatnya wujud toko atau penjual seringkali dimanfaatkan beberapa oknum untuk melakukan kejahatan seperti menjadi penjual online palsu. Terbukti banyak sekali kasus penipuan online berkedok jual beli barang murah yang akhirnya justru merugikan customer.

Nah agar Anda tidak tertipu saat hendak membeli barang elektronik terutama smartphone, ada baiknya kenali terlebih dahulu trik beli membeli smartphone secara online berikut ini:

  1. Pastikan Beli Smartphone Online di Situs Terpercaya

Smartphone

Trik pertama jika ingin membeli ponsel secara online adalah pastikan Anda membelinya pada situs terpercaya. Hal ini jelas sangat penting sebab situs terpercaya dan memiliki reputasi baik akan mengurangi risiko Anda tertipu membeli barang palsu. Sebelum membeli pastikan situs yang Anda kunjungi memiliki kebijakan jelas dan tertulis mengenai garansi kualitas dan keaslian barang yang dijual. Selain itu ada baiknya Anda membeli pada situs yang memiliki sistem pelacakan barang dan sistem transfer yang masuk ke rekening situs. Fitur ini penting karena jika penjual ternyata menipu dan barang tidak dikirim maka uang Anda akan kembali secara otomatis karena situs biasanya baru akan memberikan uang pada penjual ketika barang sudah benar-benar terkirim.

  1. Jangan Beli Melalui Media Sosial

Smartphone

Selain digunakan untuk bersosialisasi, media sosial saat ini banyak dimanfaatkan sebagai lahan untuk berjualan. Sayangnya membeli barang terlebih smartphone melalui media sosial terbilang sangat berisiko. Pasalnya banyak orang yang sengaja membuat akun palsu untuk menipu dan mendapat keuntungan. Karena itu sebaiknya Anda jangan membeli smartphone di media sosial terlebih jika diiringi dengan diskon dan bonus yang terasa tidak wajar.

  1. Pastikan Garansi Barang

Smartphone

Membeli barang dengan garansi resmi merupakan hal yang sangat penting. Selain untuk memastikan barang yang Anda terima asli, garansi juga menjamin adanya penggantian barang jika ada kerusakan akibat kesalahan penjual. Periksalah dengan teliti mengenai garansi barang dari perusahaan resmi penjual smartphone dan juga situs tempat Anda belanja. Jangan sampai karena tergiur dengan harga murah Anda jadi tidak memperhatikan hal yang satu ini dan akhirnya menerima barang ilegal.

  1. Jangan Tertipu Diskon Menggiurkan

Smartphone

Melihat angka diskon 50 atau 70 persen tentu membuat siapapun jadi ingin berbelanja, terlebih jika barang tersebut adalah smartphone incaran Anda. Namun sebagai trik membeli smartphone, sebaiknya Anda tidak mudah tergiur dengan diskon besar semacam ini. Untuk menghindarinya, sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu harga pasaran smartphone yang diinginkan agar mengetahui harga rata-rata. Jika ada yang menjual dengan harga jauh di bawah pasaran disertai diskon besar, kemungkinan besar hal tersebut penipuan.

  1. Perhatikan Rating Penjual

Smartphone

Beberapa situs seperti marketplace biasanya memiliki penilaian terhadap penjual yang ada di dalamnya. Sekilas hal ini mungkin terkesan tidak penting, namun saat membeli barang bernilai tingi seperti smartphone rating atau penilaian penjual menjadi salah satu hal yang perlu Anda perhatikan. Rating atau penilaian dapat menjadi gambaran dari kualitas barang dan pelayanan penjual. Anda bisa melihat beberapa ulasan yang menyertakan bukti foto barang yang dijual. Dengan demikian Anda akan jauh lebih tenang saat harus membeli smartphone secara online.

  1. Perhatikan Metode Pembayaran

Smartphone

Trik membeli smartphone lainnya adalah memperhatikan metode pembayaran yang ditawarkan. Selain dengan menggunakan transfer bank, beberapa metode pembayaran yang umum digunakan adalah cicilan atau cash on delivery (COD). Jika Anda masih merasa ragu dengan penjual, metode cicilan dan COD akan menjadi pilihan yang tepat. Terlebih dengan COD, Anda akan sangat terbantu dengan metode ini karena uang baru akan dibayarkan jika barang sudah sampai di rumah.

  1. Pastikan Penjual Mudah Dihubungi

Smartphone

Membeli smartphone pada penjual yang sulit dihubungi? Sebaiknya Anda pertimbangkan lagi pilihan tersebut. Saat membeli ponsel secara online, baiknya Anda memastikan penjual dapat dihubungi dengan mudah dan memiliki respon cepat. Penjual yang cepat tanggap akan membantu Anda untuk bertanya seputar spesifikasi, harga, dan garansi yang dimiliki.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT