DISITU
20 Sep 2018

Kemampuan Spesial Dari Seorang Customer Service

Profesi sebagai seorang customer service mungkin terlihat ringan dan mudah dilakukan. Namun, untuk berhasil di bidang ini, Anda tentu harus menguasai beberapa kemampuan untuk dapat berhadapan langsung dengan pelanggan dengan baik. Tanpa kemampuan ini, Anda mungkin akan kehilangan pelanggan karena layanan Anda terus mengecewakan orang.

Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa keterampilan universal yang dapat Anda kuasai. Dengan menguasai skill atau kemampuan dibawah ini, Anda diharapkan dapat meningkatkan performa dalam pekerjaan Anda.

1. Kesabaran

Pekerjaan

Kesabaran merupakan hal yang paling sering diucapkan dan terdengar mudah dilakukan. Namun tentu pada praktiknya, kesabaran merupakan hal yang cukup sulit untuk dikendalikan.

Dari namanya, customer service atau layanan pelanggan, Anda pastinya akan berhadapan dengan para pelanggan sepanjang hari. Pastikan untuk tetap sabar ketika melayani para pelanggan yang mungkin saja memiliki sifat dan masalah yang berbeda-beda. Pastikan juga untuk meluangkan waktu untuk mencari tahu apa yang mereka inginkan agar mereka mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

2. Perhatian

Pekerjaan

Kemampuan untuk benar-benar mendengarkan pelanggan sangat penting dalam menyediakan layanan yang baik. Beberapa pelanggan mungkin tidak mengungkapkan sesuatu secara langsung, sehingga Anda perlu mencari tahu mengenai kendala yang dialami oleh pelanggan. Salah satu contohnya jika seorang pelanggan menanyakan tentang suatu informasi yang sudah dijelaskan sebelumnya, mungkin saja hal ini berarti bahwa penjelasan yang Anda berikan belum cukup baik.

3. Kemampuan komunikasi yang jelas

Pekerjaan

Pastikan Anda menyelesaikan masalah dengan cepat dan fokus, pelanggan tidak perlu mendengar tentang hal-hal lain yang tidak ada kaitannya dengan hal yang sedang didiskusikan. Sampaikanlah poin-poin penting yang perlu Anda sampaikan dengan jelas kepada pelanggan, buatlah tetap sederhana dan jangan berbelit-belit.

4. Kemampuan untuk 'membaca' pelanggan

Pekerjaan

Anda tidak akan selalu dapat melihat pelanggan secara tatap muka, sehingga Anda harus dapat menebak suasana yang tergambar saat ini.  Lihat dan dengarkan petunjuk halus tentang suasana hati mereka saat ini, tingkat kesabaran, kepribadian, dll., sehingga Anda dapat berusaha untuk menjaga interaksi pelanggan Anda agar tetap positif.

5. Fokus pada tujuan

Pekerjaan

Anda tetap harus fokus pada tujuan Anda. Tujuan dari pekerjaan Anda adalah memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan, dan membantu para pelanggan yang memiliki masalah dengan produk yang Anda tawarkan. Tetaplah fokus sehingga Anda dapat bekerja dengan efisien untuk mencapai hasil yang maksimal.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT