DISITU
20 Sep 2018

Kenali Gejala 5 Jenis Kanker Kulit yang Paling Umum

Masyarakat Indonesia memang dikenal sering menghabiskan waktu beraktivitas di luar ruangan. Tuntutan pekerjaan seringkali menjadi alasan tubuh akhirnya sering terpapar panasnya sinar matahari. Padahal tanpa disadari, dibalik kebiasaan tersebut tersimpan bahaya mematikan bagi kulit seperti risiko terkena salah satu jenis kanker paling mematikan yaitu kanker kulit.

Sesuai dengan namanya, kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang bagian kulit dimana hal ini terjadi karena adanya kelainan mutasi DNA sel dimana membuat sel kehilangan sifat dasarnya. Umumnya jenis kanker yang satu ini akan menyerang bagian kulit yang sering terpapar sinar matahari, namun tidak menutup kemungkinan bagian kulit lain yang tertutup juga dapat terkena penyakit ini.

Jenis kanker yang satu ini memang tidak memiliki angka kematian yang tinggi, namun terbilang mematikan karena dapat dengan cepat menyebar ke bagian organ lain. Karena itulah penyakit ini tidak boleh disepelekan dan ada baiknya Anda mengetahui 5 jenis kanker kulit yang umum menyerang manusia seperti berikut ini:

1. Artinic Kerastosis

Pada jenis kanker kulit yang pertama ini, ciri yang paling mudah dikenali adalah tanda seperti luka bakar. Artinic Kerastosis biasanya akan muncul pada bagian kulit yang sering terpapar sinar matahari. Bentuk dari jenis kanker yang satu ini biasanya merupakan bentuk awal dari karsinoma dan umumnya terjadi pada mereka yang telah terkena kanker kulit lebih dari kali.

2. Karsinoma Sel Basal

Jenis kanker kulit yang kedua adalah karsinoma sel basal dimana merupakan kasus kanker kulit paling umum di Indonesia dengan jumlah kasus sekitar 2 juta pertahunnya. Kanker kulit yang satu ini biasanya berwarna hitam pekat mirip dengan tahi lalat namun dalam ukuran yang lebih besar (tidak normal).  Namun tidak seganas jenis kanker yang lain, karsinoma sel basal umumnya berkembang dengan lambat sehingga tidak mudah menyebar pada organ tubuh lainnya. Untuk penyembuhannya sendiri, kanker yang biasa muncul pada daerah wajah dan leher ini bisa diobati dengan jalur meja operasi untuk pengangkatan kanker.

3. Karsinoma Sel Skuamosa

Kanker kulit jenis karsinoma sel skuamosa merupakan jenis kanker yang menyerang sel skuamosa atau sel yang membentuk lapisan kulit tengah dan luar. Karena menyerang sel skuamosa, maka kanker jenis ini dapat menyerang bagian tubuh manapun yang memiliki sel skuamosa. Namun kebanyakan kasus yang ditemui menyatakan bahwa kanker kulit ini umumnya menyerang bagian tubuh yang sering terpapar sinar matahari seperti kulit wajah, leher, tangan, dan kaki. Gejala paling umum dari kanker kulit jenis ini adalah timbulnya benjolan yang terus tumbuh, mengeras, bahkan berdarah. Karena bahaya inilah, meskipun menyebar dengan lambat, karsinoma sel skuamosa harus cepat mendapat tindakan medis agar kemungkinan sembuh semakin besar.

4. Melanoma

Melanoma merupakan jenis kanker kulit yang paling umum sekaligus paling mematikan. Bentuk awalnya yang menyerupai tahi lalat membuat banyak orang sering mengabaikannya hingga tidak disadari sudah masuk ke tahap lanjut. Pada jenis kanker yang satu ini biasanya akan terjadi perubahan warna mulai dari terang sampai semakin gelap. Selain itu tidak hanya satu, melanoma pun memiliki beberapa jenis seperti berikut:

a. Lentigo Maligna: jenis melanoma yang stau ini umumnya lebih banyak menyerang mereka yang berusia lanjut. Namun waspadalah, karena tidak menutup kemungkinan Anda yang berusia muda juga dapat terkena kanker ini. Ciri umum dari lentigo melanoma adalah timbulnya bercak kecokelatan datar yang akan menimbulkan rasa panas dan perih pada bagian yang terjangkit.

b. Acral Melanoma: tidak muncul di area yang mudah terlihat, kanker kulit yang satu ini justru biasa timbul pada bagian telapak tangan, kuku jari, dan bagian bawah jari. Bagian tubuh yang terkena kanker ini biasanya akan terasa lebih kaku dan tebal disertai timbulnya rasa nyeri.

c. Nodular Melanoma: sering muncul dengan ciri-ciri seperti benjolan kecil yang berwarna kebiruan, hitam, atau bahkan tidak berwarna. Kanker melanoma yang satu ini juga biasanya akan muncul disertai rasa gatal yang cukup mengganggu.

5. Kaposi Sarcoma

Meskipun secara umum tidak termasuk dalam kanker kulit, namun kaposi sarcoma merupakan salah satu penyakit pada kulit dimana dapat menyebabkan lesi (jaringan abnormal) tumbuh pada kulit, kelenjar getah bening, dan organ lain yang berselaput seperti hidung dan mulut. Penyakit yang terjadi sekitar 15 ribu kasus pertahun di Indonesia ini biasanya lebih sering menyerang mereka dengan tingkat imunitas rendah seperti penderita HIV/AIDS.

Itu tadi 5 jenis kanker kulit yang wajib Anda waspadai. Dengan suhu rata-rata Indonesia yang berkisar antara 26-26 derajat celsius, dengan tingkat sinar UV yang cukup tinggi, sudah sepatutnya Anda memiliki kesadaran untuk menjaga kesehatan kulit. Gunakan selalu tabir surya saat akan beraktivitas di luar rumah, dan periksa selalu jika ada bercak atau athi lalat dengan ukuran dan bentuk tidak normal.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT