DISITU
08 Jan 2019

Ketahui Bahaya Air Kelapa Bagi Kesehatan

Selain air putih, air kelapa dikenal sebagai minuman terbaik untuk dehindrasi. Di Indonesia yang merupakan negara beriklim tropis, buah kelapa bisa kita temukan dimana saja. Hal ini mendorong tingkat konsumsi buah kelapa yang cukup tinggi di dalam masyarakat Indonesia. Contohnya saja, kesegaran air kelapa pastinya akan selalu menemani waktu liburan kamu di pantai.

Namun meskipun dikenal sebagai buah yang sehat dengan berbagai manfaat kesehatan, ternyata air kelapa juga bisa menjadi minuman yang cukup berbahaya bagi beberapa orang yang memiliki kondisi kesehatan tertentu. Untuk itu, yuk simak beberapa kondisi kesehatan yang dianjurkan untuk tidak mengonsumsi air kelapa dibawah ini supaya kondisi kesehatan kamu tetap terjaga.

  1. Penderita Diabetes

kesehatan

Dibalik kesegaran air kelapa, terdapat karbohidrat dan kalori yang cukup tinggi. Hal inilah alasan mengapa air kelapa sering kali dikonsumsi untuk melepas kelelahan dan dijadikan minuman isotonik. Nah, kandunga karbohidrat dan kalori yang tinggi ini ditakutkan akan mendorong peningkatan kadar glukosa di dalam tubuh yang tentunya akan membahayakan para penderita diabetes.  

  1. Penderita Gangguan Ginjal

kesehatan

Para penderita gangguan ginjal biasanya dianjurkan untuk tidak mengonsumsi minuman atau makanan yang mengandung zat-zat yang akan mempersulit proses penyaringan pada ginjal. Demi kestabilan kondisi tubuh, air kelapa tidak disarankan bagi penderita gangguan ginjal karena mengandung kalsium dan elektrolit yang mendorong ginjal untuk bekerja secara maksimal di dalam tubuh. Jika tidak tersaring dengan baik, zat-zat tersebut dapat mengakibatkan hyperkalemia dalam darah.

 

Baca juga: Daftar Asuransi Mobil Murah, Asuransi All Risk Mobil

 

  1. Penderita Hipotensi atau Tekanan Darah Rendah

kesehatan

Air kelapa dikenal cukup ampuh dalam menurunkan tekanan darah. Untuk itu bagi Anda yang menderita Hipotensi atau memiliki tekanan darah rendah sebaiknya menjauhi buah ini. Dengan kata lain, buah ini akan cukup bermanfaat bagi Anda yang menderita Hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hmm, lebih baik mengenal dahulu kondisi tubuh kamu sebelum mengonsumsi buah ini yaa.

  1. Ibu Hamil

kesehatan

Buah kelapa sering kali disarankan bagi ibu hamil karena merupakan buah yang memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Namun jangan salah, karena buah ini akan menjadi sangat berbahaya jika dikonsumsi pada saat usia kehamilan yang masih cukup dini. Ibu hamil disarankan untuk tidak konsumsi air kelapa di awal fase kehamilan, yaitu saat usia kehamilannya masih 2-4 pekan. Air kelapa ini dapat memicu asam lambung yang berdampak pada rasa mual yang berlebihan dan gak sehat buat janin.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT