DISITU
18 Mar 2019

Jenis Asuransi dan Peran Asuransi Bagi Kehidupan Anda

Disadari atau tidak hidup kita tidak akan lepas dari yang namanya risiko yang mungkin terjadi di masa depan. Oleh karena itu, kita perlu mengantisipasi jika sesuatu hal yang tidak kita inginkan terjadi agar kita siap untuk menghadapi. Nah, solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan ikut program asuransi. Peran asuransi sangat besar dalam kehidupan kita karena asuransi merupakan salah satu solusi proteksi diri terhadap berbagai macam risiko.

Pada saat ini ada banyak tersedia perusahaan asuransi di Indonesia yang menawarkan berbagai macam jenis asuransi sebagai produknya. Bahkan, saat ini ada juga perusahaan asuransi syariah yang kegiatannya sesuai dengan syariat islam.

Nah, untuk lebih jelasnya berikut ini akan kami jelaskan beberapa jenis asuransi dan juga peran asuransi untuk kehidupan Anda berdasarkan jenisnya.

Jenis Jenis Asuransi dan Peran Asuransi

Asuransi

Berikut ini jenis jenis asuransi yang secara umum disediakan oleh perusahaan asuransi. Anda bisa memilihnya sesuai dengan keperluan dan kebutuhan Anda dan keluarga.

Baca Juga : Pengertian Asuransi Secara Umum Bagi Masyarakat

1. Asuransi Jiwa

Jenis asuransi yang satu ini memiliki manfaat asuransi yakni dapat memberikan keuntungan finansial pada tertanggung yang meninggal dunia. Asuransi jiwa ini dapat Anda beli untuk kepentingan diri sendiri atas nama tertanggung saja atau bisa juga dibeli untuk kepentingan orang ketiga.

Jadi, misal seorang suami bisa membeli asuransi jiwa yang dapat memberikan manfaat asuransi kepadanya setelah kematian sang istri. Begitu juga orang tua yang dapat mengasuransikan dirinya terhadap kematian sang anak.

2. Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi ini adalah produk asuransi yang akan menangani masalah kesehatan tertanggung karena suatu penyakit serta menanggung segala biaya proses perawatan.

3. Asuransi Kendaraan

Asuransi kendaraan merupakan jenis asuransi yang berfokus pada tanggungan cedera orang lain atau terhadap kendaraan orang lain yang disebabkan oleh si tertanggung. Tidak hanya itu, asuransi kecelakaan ini juga dapat digunakan untuk membayar kerugian kerusakan atau kehilangan pada kendaraan bermotor tertanggung.

Baca Juga : Beberapa Perbedaan Asuransi Syariah Dan Konvensional

4. Asuransi Pendidikan

Sesuai dengan namanya, jenis asuransi ini juga sangat populer di Indonesia dan menjadi favorit di kalangan para pemegang polis. Jadi, asuransi pendidikan biasanya akan dijadikan alternatif terbaik dan solusi untuk menjamin kehidupan yang lebih baik terutama pada aset pendidikan anak.

Perusahaan asuransi akan menerima premi asuransi untuk dikelola. Premi asuransi yang harus diberikan oleh peserta asuransi berbeda-beda sesuai dengan tingkatan pendidikan yang ingin mereka dapatkan nantinya.

5. Asuransi Bisnis

Asuransi bisnis merupakan salah satu asuransi untuk memberikan penggantian atau proteksi terhadap kerusakan atau kehilangan keuntungan dalam jumlah besar yang mungkin terjadi pada bisnis seseorang.

Jadi pemilik bisnis harus membayarkan premi secara rutin sebagai tertanggung. Perusahaan asuransi bertanggung jawab dalam mengelola premi asuransi untuk memberikan klaim pada saat tertanggung mengalami kerusakan, kehilangan atau kerugian bisnis. Jadi, perusahaan asuransi bertanggung jawab terhadap kerugian bisnis tertanggung dengan menerima premi.

6. Asuransi Kepemilikan Rumah atau Properti

Terkadang seseorang juga akan memberikan perlindungan pada aset yang dinilai cukup berharga seperti rumah atau properti yang dimilikinya. Jadi, adanya asuransi ini akan memberikan perlindungan dan keringanan jika rumah atau properti tertanggung mengalami musibah misalnya seperti kebakaran.

Baca Juga : Daftar Perusahaan Asuransi yang Terdaftar di OJK

Masih banyak jenis jenis asuransi dengan perannya masing-masing yang dapat Anda ikuti seperti asuransi kredit,asuransi umum, asuransi kelautan dan asuransi perjalanan. Sekarang Anda sudah tahu kan apa saja peran asuransi dan jenis asuransi. Jadi, jenis asuransi mana yang akan Anda pilih?

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT