DISITU
27 Mar 2019

Kupas Tuntas Perbedaan Reseller Dan Dropship

Di jaman sekarang ini kita sudah tidak asing lagi dengan melakukan transaksi berbelanja online, sehingga membuat pertumbuhan toko online semakin pesat.

Dengan pesatnya pertumbuhan konsumen toko online, membuat banyak pemilik toko online harus bisa memasarkan produknya dengan berbagai teknik marketing online yang tepat. Salah satu teknik pemasaran dari bisnis online yang populer saat ini adalah Reseller dan Dropship.

Sehingga sekarang sering kita temukan di marketplace seperti tokopedia, bukalapak dan shopee ada keterangan ketika membeli kirim sebagai dropship. Sedangkan di instagram, facebook atau toko online lainnya juga banyak pemilik toko online menawarkan kerja sama sebagai reseller.

Apa Saja Perbedaan Reseller Dan Dropship?

Apa Saja Perbedaan Reseller Dan Dropship

Lalu apa sebenarnya pengertian dan perbedaan antara reseller dan dropship? Bukankah keduanya sama-sama menjualkan produk dari orang lain dan bisa mendapatkan keuntungan? Untuk mengetahui perbedaan dari reseller dan dropship lebih detail silahkan simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Reseller

Arti reseller sendiri adalah orang yang menjual barang dagangan orang lain dengan membeli beberapa barang dari penjual dengan harga grosir yang lebih murah, untuk dijual lagi ke konsumen.

Pengertian Dropship

Pengertian Dropship

Arti Dropship adalah orang menjualkan barang dagangan milik orang lain, tanpa harus membeli barang terlebih dahulu dan hanya perlu memesan ke penjual untuk mengirimkan barang dagangannya dengan atas nama pengirim dropshipper nya.

Baca Juga : Yang Perlu Dipersiapkan Untuk Ide Bisnis Online

Kelebihan dan Kekurangan Antara Reseller dan Dropship

Kelebihan dan Kekurangan Antara Reseller dan Dropship

Dari segi pengertian dari reseller dan dropship, apakah Kamu sudah menemukan perbedaannya? Jika masih belum jelas, maka Kamu harus simak tabel perbedaan dari reseller dan dropship berikut ini :

Reseller

Dropship

Butuh Modal Untuk Memiliki Barang

Tidak Membutuhkan Modal Untuk Memiliki Barang

Bisa Menjual Barang Dengan Keuntungan Yang Lebih Besar

Menjual Barang Dengan Keuntungan Yang Kecil

Packing dan Kirim Barang Ke Konsumen Sendiri

Packing dan Kirim Barang Sudah Langsung Dari Penjual Ke Konsumen Sehingga Anda Tidak Perlu Repot

Bisa Mengontrol dan Mengetahui Stok Barang Realtime

Tidak Bisa Mengontrol dan Mengetahui Stok Barang Realtime

Komplain Pelanggan Bisa Ditangani Langsung

Komplain Pelanggan Menunggu Konfirmasi dari Penjual Barang

Proses Transaksi Lebih Cepat Dari Penjual ke Konsumen

Proses Transaksi Lebih Lama Melibatkan Penjual, Dropship dan Konsumen

Barang Yang Dijual Bisa Menentukan Model, Warna Dan Ukuran Sendiri

Tergantung Stok Dari Penjual

 

Sudah lebih jelas tentang perbedaan dari Reseller Dan Dropship? Jadi sekarang Kamu bisa menentukan apakah Kamu ingin berjualan online menjadi seorang reseller atau menjadi dropshipper. Dari keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk memulai bisnisnya. Untuk menjadi reseller dan dropshipper kami memiliki beberapa tips dan cara sukses untuk berikut :

Tips dan Cara Sukses Menjadi Reseller

  • Riset pasar produk yang sedang trend laku dijual secara online sehingga akan mudah untuk menjualnya.

  • Perlu memiliki modal yang cukup besar untuk membeli produk yang banyak, sehingga stok barang yang banyak yang dijual lebih bervariasi.

  • Mencari supplier yang memiliki banyak pilihan produk dengan model, ukuran dan warna yang bervariasi.

  • Cari supplier yang memiliki stok banyak dan harga murah.

  • Buat akun marketplace sendiri di tokopedia.com, bukalapak.com, shopee.com dan lainnya.

  • Buat toko online sendiri untuk menjual barang.

  • Buat akun instagram, facebook dan twitter serta akun jejaring social media lainnya.

Tips dan Cara Sukses Menjadi Dropship

  • Untuk menjadi dropship yang sukses cari supplier melalui tokopedia, bukalapak, dan shopee atau lainnya yang memiliki banyak stok dan harga murah.

  • Mencari supplier di marketplace dengan reputasi atau rating yang bagus, sehingga barang yang Kamu jual ke konsumen tidak mengecewakan.

  • Cari supplier yang memiliki fast respon, karena Kamu harus melayani banyak pertanyaan dari calon konsumen tentang produk yang dijual ke supplier. Misalnya tentang stok barang, pilihan bahan, warna dan ukuran dan diskon, atau pertanyaan lainnya.

  • Jual barang di tempat berbeda dari supplier yang Kamu ambil barangnya, misal Kamu mendapat supplier dari tokopedia.com, bukalapak.com, dan shopee.com. Kamu harus menjual produk tersebut di media sosial seperti facebook, instagram, twitter atau membuat toko online sendiri atau juga bisa dengan menawarkan barang secara langsung ke teman, saudara atau tetangga.

Baca Juga : 6 Rahasia Sukses Bisnis Online Shop Yang Penting

Memulai Bisnis Menjadi Reseller dan Dropship

Bagi yang memiliki modal untuk memulai bisnis bisa dengan menjadi reseller dan untuk yang minim modal bisa berjual dengan sistem dropship. Raih kesempatan untuk memiliki bisnis online dan mendapatkan keuntungan dari bisnis yang dijalankan.

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT