DISITU
05 Jan 2019

Sikap Menghadapi Tawaran Kontrak Kerja Di Perusahaan

Tawaran kerja bisa menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh para pencari kerja. Bagaimana tidak, dewasa ini mencari pekerjaan bukanlah hal yang mudah dilakukan. Hal ini dikarenakan besarnya tingkat persaingan yang ada di dalam masyarakat. Salah satu pertimbangan yang memungkinkan seseorang untuk diterima dalam suatu pekerjaan adalah tingkat Pendidikan. Masyarakat terus didorong untuk memiliki Pendidikan yang tinggi untuk memperbaiki tingkat ekonomi masyarakat.

Beberapa perusahaan menawarkan kontrak kerja yang harus disetujui oleh para pencari kerja. Hal ini merupakan salah satu perjanjian kerja sama antara perusahaan dengan para pekerja. Biasanya didalam kontrak kerja terdapat beberapa persetujuan yang bertujuan untuk saling menguntungkan antara perusahaan dan pekerja. Jika Anda diberikan tawaran kontrak kerja di perusahaan, ada baiknya jika Anda tidak terburu-buru menerima tawaran tersebut dan mencermati terlebih dahulu perjanjian yang diberikan oleh perusahaan. Berikut beberapa hal di dalam perjanjian kerja yang dapat Anda cermati dan pertimbangkan terlebuh dahulu:

  1. Status Karyawan

pekerjaan

Status karyawan merupakan salah satu hal yang harus Anda perhatikan karena terdapat dua macam status dalam hal ini, yaitu karyawan tetap dan karyawan kontrak. Ada baiknya jika Anda mengetahui status Anda dengan jelas terlebih dahulu sebelum menerima tawaran kontrak kerja tersebut.

  1. Masa Kontrak Kerja

pekerjaan

Anda harus memperhatikan masa kontrak kerja yang diberikan oleh perusahaan atau dengan kata lain kapan tepatnya Anda dapat memulai dan berhenti dari pekerjaan Anda di perusahaan tersebut. Anda juga bisa memperhatikan mengenai syarat dan kondisi untuk bisa mengakhiri masa kerja Anda di tempat tersebut. Misalnya, apakah perusahaan bisa mengakhiri kontrak dengan pemberitahuan mendadak, atau apakah Anda harus membayar denda jika mengakhiri pekerjaan Anda sebelum kontrak kerja berakhir.

 

Baca juga: Cek Harga Diskon Promo Supermarket Secara Online

 

  1. Bayaran

pekerjaan

Bayaran atau gaji tentunya menjadi hal utama yang Anda perhatikan. Namun, tidak hanya memperhatikan total gaji pokok atau gaji inti yang akan diterima sebagai pekerja setiap bulannya, Anda juga harus memperhatikan uang lembur, uang transportasi, uang makan, serta tunjangan hari raya (THR) yang bisa menambah jumlah nominal yang akan Anda terima dalam setahun. Ada beberapa perusahaan juga memiliki kebijakan memberikan bonus bagi para karyawannya.

  1. Fasilitas Asuransi

pekerjaan

Fasilitas jaminan kesehatan seperti yang diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) No. 111 tahun 2013 merupakan hak bagi setiap karyawan yang bekerja di dalam suatu perusahaan. Asuransi ini diberikan dalam bentuk pendaftaran karyawan pada BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan dengan iuran dibagi antara pekerja dan perusahaan. Beberapa perusahaan juga biasanya memberikan asuransi tambahan, seperti asuransi kesehatan, ataupun asuransi perjalanan bagi karyawan yang banyak melakukan perjalanan bisnis.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT