DISITU
28 Aug 2018

Stadion Patriot Chandrabhaga, Stadion Multi-Fungsi Pesta Olahraga

Stadion Patriot Candrabaga adalah stadion multi-fungsi yang biasanya digunakan sebagai tempat diselenggarakannya pertandingan sepak bola. Stadion yang terletak di Bekasi ini dibangun dengan tujuan menjadi venue dari Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat IV Tahun 1984.

Stadion yang dikenal sebagai Stadion Patriot ini terletak di pusat Kota Bekasi, berada di dekat beberapa pusat perbelanjaan dan transportasi umum. Beberapa opsi transportasi umum juga dapat ditemukan untuk mencapai stadion ini.

Stadion ini direnovasi menjadi stadion bertaraf internasional yang berkapasitas 30,000 dan diresmikan pada 11 Maret 2014. Stadion Patriot ini pun dipilih menjadi venue pertandingan sepak bola pada pesta olahraga Asian Games 2018.

Fasilitas Stadion Ditingkatkan Untuk Menyambut Asian Games 2018

Dalam rangka menyambut Asian Games ini, peningkatan-peningkatan fasilitas stadion terus dilakukan. Standar peningkatan fasilitas adalah berdasarkan rekomendasi dari International Olympic Committee (IOC), Federation of International Football Association (FIFA) dan beberapa konsultan lainnya.

Tempat duduk yang disediakan untuk para penonton telah dibongkar dengan alasan penyediaan akses evakuasi, yang awalnya berjumlah 30.000 menjadi 27.000 penonton. Tempat duduk khusus untuk penyandang disabilitas juga disediakan mengikuti aturan untuk pelaksaan Asian Games.  Bangku untuk pemain cadangan juga diganti sesuai standar Asian Football Confederation (AFC).

Selain itu, rumput lapangan yang sebelumnya dinilai berkualitas sangat buruk dengan rumput jenis Bermuda telah diganti dengan jenis Zoysia Matella. Tidak lupa, sistem drainase di sekitar lapangan juga turut dibenahi untuk menghindari genangan-genangan pada lapangan.

Dalam upaya meningkatkan fasilitas serta pengawasan dan keamanan selama pelaksanaan ajang Asian Games berlangsung, kamera pengawas (CCTV) juga ditambah menjadi 60 unit. Lampu-lampu yang menerangi lapangan yang awalnya berdaya 1.600 lux ditingkatkan menjadi 2.000 lux.

Papan skor (scoring board) diubah menjadi papan digital jenis LED. Selain itu, kolam rendam bagi para pemain juga dibangun sebagai fasilitas untuk merelaksasikan otot usai bermain.

Tidak hanya berfokus pada fasilitas untuk para pengunjung, stadion ini juga menyediakan fasilitas-fasilitas untuk para atlet yang berpartisipasi dalam pertandingan. Ada dua fasilitas utama yang disediakan bagi para atlet, yaitu rumah sakit dan hotel. Terdapat empat rumah sakit yang berada tidak jauh dari stadium ini, seperti Rumah Sakit Mitra Keluarga, Global, Hermina, dan Rumah Sakit Umum Kota Bekasi. Terdapat pula dua hotel yang terletak tidak jauh dari stadion, yakni Hotel Horison dan Hotel Aston.

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT