DISITU
06 Jan 2019

Tips Yang Dapat Dilakukan Untuk Mengatasi Gigi Sensitif

Memiliki gigi yang sensitif merupakan masalah yang cukup mengganggu bagi sebagian orang. Gejala dari gigi sensitif ini biasanya ditandai dengan adanya rasa ngilu yang menusuk pada gigi yang biasanya muncul ketika mengonsumsi minuman dingin atau panas, makanan dan minuman manis, serta makanan atau minuman asam. Rasa sakit yang timbul merupakan akibat dari adanya iritasi yang terjadi pada saraf gigi. Permasalahan gigi sensitif ini dapat dikurangi dengan beberapa cara yang dapat Anda coba dibawah ini:
 

  1. Menghindari Makanan Tertentu

kesehatan

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa gigi sensitif akan menimbulkan rasa sakit ketika penderita memakan atau meminum sesuatu yang terlalu manis, asam, dingin ataupun panas. Cara termudah untuk menghindari rasa ngilu yang ditimbulkan adalah dengan menghindari makanan-makanan tersebut. Kebiasaan makan yang buruk seperti mengunyah es batu juga dapat memperparah rasa ngilu yang ditimbulkan karena iritasi pada saraf gigi tersebut.

  1. Memililih produk yang sesuai

kesehatan

Sekarang ini sudah terdapat banyak produk sikat gigi dan pasta gigi yang dikhususkan bagi penderita gigi sensitif. Anda sebaiknya memilih sikat gigi dengan jenis soft agar nyaman digunakan saat menyikat gigi. Teknik menyikat gigi yang tepat juga harus Anda terapkan agar tidak memperparah iritasi ayng terjadi pada saraf gigi. Selain itu, pasta gigi yang digunakan juga harus Anda diperhatikan karena ada beberapa pasta gigi dapat menyebabkan munculnya rasa sensitif pada gigi. Namun Anda tidak perlu khawatir karena pasta gigi khusus bagi penderita gigi sensitif yang tetap aman dan nyaman digunakan dapat dengan mudah Anda temukan.

 

Baca juga: Cari tau Tentang Kredit Multiguna BCA vs Kredit Multiguna BRI

 

  1. Air Garam

kesehatan

Jika Anda tetap merasakan sakit atau ngilu yang terjadi walaupun sudah melakukan dua tindakan di atas, Anda dapat mengurangi rasa sakit yang timbul dengan air garam. Beberapa sumber menyatakan bahwa berkumur dengan air yang dicampurkan dengan garam dapat mengurangi rasa ngilu yang dirasakan. Cobalah berkumur dengan air garam untuk mengurangi rasa ngilu yang timbul pada gigi sensitif Anda.

  1. Periksa Ke Dokter

kesehatan

Jika tips-tips di atas telah Anda lakukan tetapi rasa ngilu masih tetap Anda rasakan, bisa jadi bahwa tingkat kesensitifan gigi Anda tergolong cukup tinggi. Untuk mengetahui penyebab dan cara penangannya dengan tepat dan pasti, Anda disarankan untuk mengunjungi dokter gigi dan memeriksakan gigi Anda secara rutin sehingga dapat mengetahui kondisi gigi Anda dengan baik.

Beberapa orang mungkin memiliki kondisi gigi yang berbeda dengan kondisi orang lain secara umum. Untuk itu, Anda juga disarankan untuk lebih memperhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi dan mengetahui makanan apa saja yang harus Anda hindari. Pemilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda juga harus Anda perhatikan supaya masalah gigi Anda dapat diselesaikan dengan baik. Jika Anda ngilu yang ditimbulkan pada gigi Anda terasa cukup parah, Anda dapat mengkonsultasikannya dengan dokter gigi supaya dapat mengetahui kondisi gigi Anda dengan baik.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT