DISITU
19 Sep 2018

Trik Mengatasi Demam dengan Cara Alami

Tidak selalu sehat, tubuh manusia juga memiliki batasan. Jika terlalu memaksakan beraktivitas tanpa diimbangi istirahat cukup dan konsumsi makanan yang bergizi, bukan tidak mungkin tubuh akan sakit. Salah satu penyakit yang paling sering dialami adalah demam atau kondisi dimana tubuh memiliki suhu tinggi di atas normal (37 derajat celcius). Tidak selalu menandakan penyakit serius, demam yang dialami seseorang bisa saja merupakan cara tubuh dalam melawan infeksi, bakteri, ataupun virus yang hendak menyerang.

Saat seseorang terserang demam, rasa tidak nyaman dan pusing seringkali menjadi gejala yang sering dirasakan. Jika sudah begini, rasanya tubuh ingin berbaring seharian saja di tempat tidur. Istirahat cukup memang menjadi salah satu cara sembuh demam alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Namun tidak cukup sampai disitu, jika demam tidak kunjung turun dalam sehari ada baiknya Anda melakukan beberapa tindak pengobatan.

Tidak harus minum obat dan pergi ke dokter, faktanya ada beberapa cara sembuh demam alami yang bisa dicoba. Berikut beberapa caranya:

  1. Cuka Apel

Sakit

Tidak hanya bermanfaat bagi kecantikan, cuka apel ternyata juga memiliki kegunaan dalam menyembuhkan demam secara alami. Cuka apel dipercaya memiliki khasiat dalam menurunkan suhu tubuh yang tinggi karena kandungan asam di dalamnya dapat mengeluarkan suhu tubuh yang panas. Selain itu, kandungan mineral di dalamnya juga dapat mengganti kandungan mineral dalam tubuh yang terbuang akibat demam.

Untuk dapat menurunkan demam, Anda bisa mencampurkan satu gelas cuka apel dalam bak berisi air hangat lalu berendamlah selama 5 sampai 10 menit. Lakukan saat suhu tubuh meningkat dan ulangi beberapa kali. Selain cara tersebut, Anda juga bisa mencelupkan handuk dalam air dingin yang telah dicampur cuka apel. Setelah dicelupkan kompres pada bagian dahi, perut atau kaki sampai handuk terasa hangat.

  1. Kismis

Sakit

Anda mungkin biasanya menggunakan kismis sebagai campuran dalam sarapan atau saat memasak kue. Namun kali ini cobalah menggunakan kismis untuk membantu menyembuhkan demam secara alami. Cara melakukannya, rendam 25 buah kismis dalam satu setengah gelas air selama satu jam atau sampai lembut. Setelah itu hancurkan kismis dan saring airnya sampai tidak ada ampas yang tersisa. Berikan perasan lemon lalu minum sampai habis.

Kandungan finonutrien fenolik yang ada dalam kismis memiliki fungsi sebagai antibakteri dan antioksidan yang berfungsi untuk membantu tubuh melawan bakteri.

  1. Kompres Air Hangat

Sakit

Saat demam kebanyakan orang mungkin akan menggunakan air es untuk menurunkan suhu tubuh. Padahal cara tersebut ternyata salah. Mengompres tubuh menggunakan air dingin justru akan membuat suhu tubuh saat demam semakin naik. Karena itu ada baiknya mulai sekarang Anda menggunakan kompres air hangat saat sedang demam. Sama seperti cara kompres pada umumnya, siapkan handuk bersih dan air hangat dalam wadah. Setelah itu celupkan handuk dan tempelkan pada daerah dahi serta lipatan untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi.

  1. Jahe

Sakit

Salah satu tanaman rimpang ini memang dikenal dapat menghangatkan tubuh. Karena itulah Anda dapat menggunakan jahe dalam menurunkan demam tinggi karena kandungan anti bakterinya dapat membantu tubuh menjaga kekebalan tubuh. Agar demam segera turun, ambil satu ruas jahe, cuci bersih lalu iris tipis. Campurkan dalam teh hangat dan minum secara perlahan. Anda juga bisa mengganti gula dalam teh dengan madu agar tenggorokan juga terasa lebih hangat dan rasa jahe tidak terlalu menyengat.

  1. Bawang Putih

Sakit

Salah satu bumbu dapur dengan bau menyengat ini memang terasa kurang sedap di hidung, namun dibalik itu semua bawang putih memiliki manfaat tersembunyi dalam menurunkan demam. Sebagai cara sembuh demam alami, bawang putih memiliki zat anti jamur dan anti bakteri yang dapat membantu tubuh untuk melawan infeksi dan bakteri. Untuk menggunakannya, Anda bisa mengambil satu siung bawang putih lalu cincang dan rebus selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu saring dan minum secara perlahan.

Beberapa cara di atas memang mampu membantu Anda dalam menurunkan demam. Tapi ingat, jika demam tidak kunjung reda setelah lebih dari tiga hari, ada baiknya Anda segera pergi ke pusat kesehatan terdekat untuk mendapat penanganan lanjut.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT