DISITU
01 Apr 2019

Mengenal Lebih Dekat Startup Unicorn di Indonesia

Siapa yang tidak mengenal bisnis di dunia startup yang sedang booming di masa kini? Jika Anda mengenalnya tentu mengetahui istilah unicorn yang akhir-akhir ini menjadi viral di Indonesia setelah momen penting pada acara debat capres 2019.

Mengenal Istilah Unicorn Sejak Pertama Kali Muncul

Mengenal Istilah Unicorn Sejak Pertama Kali Muncul

Perlu diketahui, bahwa perusahaan startup atau perusahaan rintisan ini dikenal karena sebelum benar-benar berdiri, mereka masih menjalankan perusahaan saat berada pada tahap perintisan. Sukses dengan hanya berbekal nama merk, serta produk pengembangan yang unik dan diminati banyak orang. Perusahaan startup ini kebanyakan bergerak melalui media digital dan teknologi terlebih dahulu, sebelum menjalankan secara nyata bidang usahanya.

Para pebisnis dan pengusaha sukses tentu sangat mengenal dengan istilah unicorn, namun bagi orang biasa atau seseorang yang baru saja mau memulai bisnisnya istilah tersebut masih asing. Terutama pada saat sebelum terjadinya kejadian viral yang diunggah oleh pihak tertentu saat presiden Jokowi memberikan pertanyaan tentang unicorn. Jika Anda melihat siaran acara yang dihadiri oleh presiden Jokowi tersebut tentu mengetahui pertanyaannya, dan akan membayangkan secara spontan unicorn seperti yang dikenal secara umum di dunia peternakan kuda.

Ya, memang benar bahwa istilah tersebut berasal dari kuda bertanduk yang disebut unicorn. Kata tersebut diperkenalkan pertama kali oleh Aileen Lee pada tahun 2013 lewat artikel yang terbit di media Techcrunch. Dia adalah seorang pendiri perusahaan Cowboy Ventures, lahir di Amerika serikat, yang menjadi seorang investor pada perusahaan startup di seluruh dunia.

Wanita ini menyebut tentang dunia unicorn, yang berarti sebutan untuk perusahan-perusahaan startup sukses di dunia yang mampu mendapatkan valuasi nilai keuntungan hingga lebih dari 1 miliar dolar Amerika Serikat (USD). Aileen bahkan kini telah mendanai berbagai perusahaan rintisan dunia yang berhasil berada di posisi unicorns, dengan jumlah sebanyak 94 perusahaan.

Perkembangan Sebutan Istilah Bagi Status Perusahaan Startup Sukses Dunia

Melihat perkembangan dunia bisnis yang mengikuti arus teknologi informasi dan komunikasi yang semakin maju saat ini membuat banyak perusahaan startup bermunculan di berbagai belahan dunia, baik dari Indonesia maupun luar negeri. Bahkan Aileen Lee pun memprediksi bahwa jumlah bisnis startup yang berhasil menduduki posisi unicorn tiap tahunnya mengalami kenaikan sehingga jumlah dana 1 milyar dalam dunia startup sudah dianggap biasa.

Pada akhirnya muncul sebuah istilah decacorn untuk menyebut perusahaan-perusahaan yang berhasil mendapatkan valuasi lebih dari 10 miliar dolar US. Salah satu perusahaan tersebut adalah Grab, yang juga sangat populer di Indonesia dengan jutaan pengguna, serta menjadi satu-satunya hectacorn di Asia tenggara.

Ada lagi istilah yang lebih tinggi dari decacorn, yakni hectacorn yang menunjukkan sebuah status bagi perusahaan startup yang mampu mendapatkan penghasilan dengan nilai lebih dari 100 milyar dollar US. Perusahaan yang berhasil memperoleh gelar tersebut tentu menjadi perusahaan terkaya di dunia.

Status unicorn pada tahun ini diberikan kepada lebih dari 300 perusahaan startup di seluruh dunia. Kemudian perusahan-perusahaan yang mampu menduduki status lebih tinggi dari unicorn, yakni hektacorn antara lain berhasil diperoleh hanya di beberapa negara. Seperti Cina, dan Amerika Serikat yang mendominasi pasar perusahaan startup.

Jumlah valuasi yang mampu diperoleh perusahaan-perusahaan di kedua negara tersebut berada di sekitar nilai 29 miliar, hingga tertinggi 75 miliar dollar US yang berhasil diraih oleh Toutiao Bytedance di China.

Ini Dia Perusahaan Startup di Indonesia yang Digolongkan Sebagai Para Unicorn

Ini Dia Perusahaan Startup di Indonesia yang Digolongkan Sebagai Para Unicorn

Tidak kalah dengan negara-negara di seluruh dunia yang berada di luar negeri, di Indonesia juga terdapat beberapa perusahaan startup yang dapat mencapai valuasi nilai lebih dari 1 milliar dollar US. Bahkan ada yang mampu mencapai lebih dari 10 milliar US dan statusnya menjadi hectacorn. Berikut para unicorn dan hectacorn yang ada di Indonesia, seperti yang disebutkan dalam perkataan Jokowi yang menjadi viral.

1. Perusahaan Startup Unicorn Bukalapak

Perusahaan dengan gelar unicorn yang bergerak di bidang e commerce dari Indonesia adalah Bukalapak. Perusahaan startup ini bermula dari ide tentang pencetusan aplikasi secara online yang mampu mempermudah transaksi jual beli dari jarak jauh secara online dengan keamanan terjamin. Penggunanya berasal dari jutaan masyarakat yang ada di Indonesia. Bukalapak memiliki capaian 1 miliar dollar sehingga ia berhasil mendapatkan status Unicorn beberapa waktu belakangan.

2. Perusahaan Startup Unicorn Go-Jek

Perusahaan rintisan dari Indonesia yang berhasil memperoleh status Unicorn untuk pertama kalinya adalah Go-Jek. Ide kreatif untuk menciptakan ojek online ini dapat menarik minat masyarakat dengan antusiasme tinggi. Pasalnya teknologi Go-Jek sudah mampu memberikan berbagai pelayanan mudah dan praktis, antara lain ojek online atau go ride, mobil online atau go car.

Selain itu, saat Anda membutuhkan makanan tapi tidak dapat membelinya karena jarak yang cukup jauh, Anda bisa menggunakan layanan go food. Bahkan perusahaan ini juga menyediakan pembayaran secara non tunai yang lebih murah dan praktis melalui go pay dengan mengisi saldo lewat driver Go-Jek. Go-Jek berhasil meraih valuasi nilai sebanyak 9.5 miliar dollar US.

3. Perusahaan Startup Unicorn Traveloka

Perusahaan startup di Indonesia yang memperoleh gelar unicorn selanjutnya bergerak di bidang pariwisata dan akomodasi, yakni Traveloka. Perusahaan tersebut mampu menghasilkan valuasi sebanyak 4.1 miliar dollar US.

4. Perusahaan Startup Unicorn Tokopedia

Gelar Unicorn dengan valuasi 7 miliar dollar US selanjutnya diperoleh Tokopedia, yakni perusahaan startup di bidang e-commerce yang menawarkan jasa marketplace online. Produk-produk di sana pun terjamin aman dan bagus kualitasnya.

Baca Juga : Ingin Jadi GOJEK Driver? Cara Daftar Dan Syaratnya

Kenali Perusahaan Startup Unicorn

Sekarang Anda sudah tahu kan apa saja perusahaan startup unicorn yang ada di Indonesia pada saat ini? Tertarik untuk bergabung dan membesarkan perusahaan startup di Indonesia? Segera cari informasinya dapat melalui situs lowongan pekerjaan, situs langsung perusahaan startup tersebut atau informasi dari teman yang bekerja di perusahaan startup tersebut

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT