DISITU
04 Mar 2019

Apa Saja Persyaratan untuk Pengajuan KTA Non Bank?

Apa itu KTA non bank? Anda yang sudah berpengalaman meminjam atau mengajukan pinjaman kredit uang tentu sudah mengetahui dan mengenalnya. Sementara Anda yang belum pernah sama sekali berurusan dengan pinjam meminjam, tentu belum mengetahuinya. Oleh karena itu, sudah tepat Anda membaca tulisan ini karena membahasnya. Meskipun pembahasannya tidak secara detail, tetapi minimal bisa menambah pengetahuan Anda sekalian di bidang ini.

KTA merupakan singkatan dari kredit tanpa agunan. Artinya, pengajuan kredit dalam bentuk barang atau pinjaman uang tanpa harus memberikan agunan atau pinjaman. Dalam hal ini adalah orang, calon konsumen, calon nasabah, atau apapun sebutannya yang ingin mengajukan pinjaman kredit. Biasanya, agunan tersebut dalam wujud surat berharga, seperti surat kendaraan, sertifikat tanah/rumah, atau yang lainnya. Sementara itu, bukan hanya pihak perbankan saja yang mau dan mampu memberikan KTA untuk masyarakat luas. Ada juga pihak atau lembaga non bank yang memberikan hal tersebut. Anda yang ingin mengambil atau mengajukan KTA non bank tentu perlu mengetahui syarat dan ketentuannya. Nah, silahkan membaca uraian di bawah ini yang akan menginformasikan beberapa di antaranya untuk Anda.

Kartu identitas

KTA

Kartu identitas sangat penting untuk dipersiapkan saat ingin mengajukan KTA non bank. Kartu identitas di sini adalah KTP, yang sekarang sudah berjenis eKTP atau KTP elektronik. Didalamnya terdapat informasi dasar identitas dari Anda yang ingin meminjam uang tanpa agunan, seperti nama, alamat, jenis kelamin, dan lain sebagainya. Pihak pemberi pinjaman dapat mencatat dan memasukkan informasi identitas ke dalam database atau basis data yang sangat penting diketahui. Biasanya, bukan hanya kartu identitas dari orang yang mengajukan KTA saja diminta, tetapi juga pasangan hidupnya bagi yang sudah menikah, atau bahkan seluruh anggota keluarganya. Jika seperti itu, bukan dalam bentuk KTP lagi tetapi bisa yang lainnya, seperti Kartu Keluarga (KK).

Baca Juga : Tips Mendapatkan Kredit Tanpa Agunan Pribadi Segera Cair

Surat perjanjian

KTA-Non-Bank

Namanya saja kegiatan jual beli tentu harus berdasarkan pembuktian yang kuat agar tidak ada masalah di kemudian hari. Surat perjanjian sangat penting saat ingin mengajukan KTA non bank. Di situ akan tertulis semua aturan main yang harus dikerjakan dan tidak boleh dilanggar oleh kedua pihak, baik pihak pemberi pinjaman maupun Anda sebagai peminjamnya. Surat tersebut harus ditandatangani di atas materai agar berlandaskan hukum. Biasanya, surat perjanjian dibuat oleh lembaga pemberi pinjaman. Anda yang ingin mengajukan pinjaman jangan langsung menandatangani. Baca dulu suratnya dengan detail dan menyeluruh. Jika ada yang belum jelas atau meragukan, segera tanyakan untuk mendapatkan jawaban yang memuaskan. Jika Anda sudah menandatangani suratnya, sama saja menyetujui semua aturan main yang dipersyaratkan.

Baca Juga : Pinjaman KTA Online Terbaik yang Bisa Didapatkan

Laporan keuangan pribadi dan atau keluarga

KTA

Laporan keuangan tersebut bisa berupa slip gaji, tabungan di bank atau koperasi, dan sejenisnya. Salah satu syarat yang harus Anda persiapkan saat ingin mengajukan kredit tanpa agunan. Pihak pemberi pinjaman membutuhkan informasi laporan keuangan Anda dan keluarga untuk memastikan Anda layak dan mampu mendapatkan pinjaman kredit tersebut atau tidak. Pasalnya, pengajuan KTA tentu tidak langsung diterima atau ditolak. Lembaga yang bersangkutan akan membaca, menganalisis, dan menyimpulkannya. Mereka butuh banyak informasi dan dokumen dari pihak calon konsumen atau nasabah sebagai bahan pertimbangannya.

Baca Juga : 10 Pinjaman KTA Tanpa Kartu Kredit Bunga Rendah

Itulah beberapa syarat yang perlu Anda persiapkan saat ingin mengajukan KTA non bank. Semoga bermanfaat tulisan di atas dan sukses selalu

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT