DISITU
10 Apr 2019

Penyebab, Gejala dan Obat Asam Urat Dan Pantangannya

Penyakit nyeri pada sendi seperti asam urat tentu sangat populer di kalangan masyarakat, terutama yang telah menginjak dewasa, paruh baya, hingga usia lanjut. Segera obati asam urat sebelum timbul efek berbahaya yang mengancam kehidupan berharga Anda dan keluarga!

Mengenali Ciri Ciri Gejala Asam Urat

Mengenali Ciri Ciri Gejala Asam Urat

Penyakit tentu menjadi momok menakutkan bagi setiap orang yang mengancam nyawa mereka. Namun, ada beberapa kategori yang tergolong dalam penyakit ringan, sedang dan juga berat, apabila penyakit ringan tidak segera ditangani tentu bisa saja menjadi penyakit berat yang mengakibatkan ancaman kematian.

Salah satu penyakit berbahaya adalah asam urat dalam tubuh yang sudah menyebar. Banyak orang yang mengalami penyakit ini di saat kondisi sudah semakin parah, padahal langkah terbaik adalah mencegah sebelum mengobati. Oleh karena itu, Anda harus jeli untuk memperhatikan ciri dari gejala penyakit asam urat.

Asam urat biasanya terjadi pada rentang usia dewasa hingga lanjut usia, dan kebanyakan dialami oleh para wanita yang menuju usia untuk menopause. Tetapi kini penyakit tersebut juga bisa menyerang seseorang di rentang usia anak-anak, maupun remaja. Ciri-cirinya ditandai dengan rasa nyeri berlebihan di bagian kaki, yang paling umum adalah jempol kaki beserta jari-jarinya. Untuk mengetahui penderita asam urat, biasanya seseorang mengalami rasa sakit berlebihan di bagian sendi saat malam dan pagi hari sejak bangun tidur pertama kali, rasa sakitnya bahkan bisa terjadi selama 4 hingga 11 hari.

Jika gejala tersebut tidak segera ditangani maka akan semakin bengkak dan menimbulkan warna kemerahan pada kulit. Kemudian sendi yang biasanya digunakan untuk menggerakkan salah satu anggota badan dengan leluasa tersebut menjadi kaku, keras dan agak susah digerakkan. Segera tangani jika Anda mengalami gejala tersebut, karena jika terlambat bisa menyebabkan kelumpuhan jangka panjang.

Penyebab dan Pantangan Harus Dijauhi oleh Penderita Asam Urat

Penyebab dan Pantangan Harus Dijauhi oleh Penderita Asam Urat

Zat asam urat biasanya menyerang pada bagian persendian, seperti pada tangan, lutut, kaki, dan jari kaki. Hal itu karena pada bagian-bagian tersebut terdapat tumpukan lemak yang menghasilkan asam urat berlebih, asalnya dari berbagai zat makanan yang memiliki kandungan asam urat tinggi. makanan tersebut antara lain jeroan ayam maupun sapi, berbagai makanan laut, serta daging merah. Anda diperbolehkan makan makanan tersebut, namun harus dalam kadar yang normal, tidak terlalu berlebihan selama mengkonsumsinya.

Selain makanan, beberapa jenis minuman juga bisa menjadi faktor pemicu timbulnya penyakit asam urat, seperti minuman beralkohol, minuman dengan zat pemanis atau gula berlebihan, minuman bersoda, dan minuman untuk meningkatkan stamina tubuh. Selain itu, bisa juga disebabkan karena sensitivitas tubuh terhadap efek samping obat-obatan untuk beberapa penyakit, seperti hipertensi, stroke, batu ginjal, serta penyakit jantung.

Penyebabnya karena beberapa zat makanan tersebut mengandung zat yang bisa mengubah asam urat berlebihan menjadi zat yang berbentuk kumpulan kristal tajam. Untuk mencegah penyakit tersebut, Anda harus menghindari untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung zat asam urat berlebihan, serta berbagai jenis minuman yang telah disebutkan sebelumnya. Serta menjalani pola hidup sehat tanpa harus.

Ini Dia Cara Mengobati Asam Urat

Ini Dia Cara Mengobati Asam Urat

Sebelum Anda mengobati penyakit asam urat tanpa pemberitahuan dokter, sebaiknya lakukan pemeriksaan agar diagnosis penyakit asam urat lebih jelas. Ada beberapa langkah yang biasa dipakai oleh para dokter untuk mendiagnosa para penderita asam urat, antara lain yakni.

  • Mengecek riwayat penyakit nyeri yang Anda alami khususnya di bagian persendian.

  • Menghitung frekuensi rasa nyeri yang dialami dalam satu minggu, disertai dengan gejala lain yang mendukung.

  • Anda biasanya diminta untuk memberi keterangan tentang berbagai jenis obat yang telah Anda konsumsi sebelum dan saat sedang merasakan nyeri pada sendi.

  • Dokter akan menanyakan kepada Anda tentang riwayat kesehatan selama hidup Anda.

  • Kemudian dokter akan memeriksa kadar asam urat yang ada pada peredaran darah Anda.

Jika Anda telah didiagnosa sedang menderita penyakit asam urat maka tahap selanjutnya Anda harus mengontrol dan mengobati penyakit tersebut secara rutin dan bertahap. Berikut berbagai cara mengobati yang bisa dilakukan secara medis maupun alternatif.

  1. Biasanya jika Anda positif menderita asam urat, maka dokter akan memberikan beberapa resep obat untuk diminum secara rutin.

  2. Selanjutnya Anda lebih disarankan mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat dengan kadar kalori rendah, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, buah, sayur, dan sebagainya.

  3. Anda harus mulai mengubah pola hidup dengan diet dan menjaga agar berat badan tetap ideal.

Beberapa Jenis Obat Asam Urat

a. Obat pereda rasa nyeri

Obat-obatan ini hanya bisa dikonsumsi dengan petunjuk dokter, antara lain colchicines, obat-obatan jenis steroid, serta obat anti inflamasi yang tidak tergolong steroid (OAINS).

b. Obat mengurangi kadar asam urat

Selain pereda nyeri, yang penting untuk Anda konsumsi secara rutin tanpa terlambat sedikitpun adalah penurun kadar asam urat. Salah satunya obat allopurinol. Pastikan Anda mengonsumsi dibawah resep dokter, bukan karena keinginan pribadi dengan diagnosa pribadi, karena jika terjadi kesalahan diagnosis bisa berakibat fatal.

Baca Juga : Waspada, 5 Penyakit Berbahaya Ini Intai Usia Produktif

Segera Tangani Penyakit Sebelum Menimbulkan Penyakit Serius

Segera tangani dan periksa ke dokter jika Anda mengalami gejala asam urat, karena meskipun penyakit tersebut tidak tergolong sebagai penyakit berbahaya. Namun, justru dapat menimbulkan penyakit serius seperti kerusakan tulang, radang tulang, gangguan fungsi ginjal, batu ginjal, serta radang sendi. Inilah nantinya yang dapat menyebabkan kelumpuhan total dalam waktu lama pada sendi-sendi Anda.

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT