DISITU
01 Mar 2019

DJP Online EFiling : Sistem Lapor Pajak Online

Mungkin masih ada sebagian masyarakat yang belum mengerti mengenai DJP online efiling walaupun hal ini sudah diwajibkan bagi pengusaha kena pajak (pengusaha atau perusahaan yang memiliki omzet penjualan lebih dari Rp 4.8 miliar) sejak 1 April 2018.  Dimana setiap tahun wajib pajak orang pribadi baik yang bekerja sebagai pegawai maupun pemilik bisnis / pekerja bebas harus melaporkan SPT Tahunan dimana mengenai informasi pendapatan kotor dan pajak yang telah dibayarkan kepada negara. Selain itu, sesuai dengan PPh Pasal 21 (Pajak Penghasilan Pasal 21) yang ditegaskan dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 9/PMK.03/2018 berisi bahwa melalui sistem lapor pajak online, badan wajib pajak juga mewajibkan penyampaian pajak atas penghasilan berupa gaji, tunjangan dan pembayaran lain yang sehubungan dengan pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan.

E-filing Pajak

Efilling Pajak Online ini adalah suatu layanan dimana proses daftar SPT (Surat Pemberitahuan) wajib pajak orang pribadi dapat dilakukan melalui saluran pelaporan pajak elektronik atau online yang telah ditetapkan oleh DJP (Direktorat Jenderal Pajak). eFiling pajak online ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan penyampaian hal-hal terkait perpajakan. Anda bisa menggunakan e-Filing untuk lapor pajak secara online, dari mana dan kapan saja.

E-filing (Electronic Filing Identification Number) atau aplikasi e SPT ini juga memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menyampaikan SPT atau pemberitahuan perpanjangan SPT Tahunan secara online dan real-time melalui aplikasi yang disediakan ASP (Application Service Provider/Penyedia Jasa Aplikasi) pajak, Online Pajak ataupun melalui situs efiling pajak.go.id.

Baca Juga : SSE Pajak Online, Cara Mudah Bayar Pajak

Manfaat Efiling Pajak

a. Kapan Saja Dimana Saja

Efiling

Sejak adanya sistem efiling pajak, Anda tidak perlu lagi berkunjung dan mengantri lagi ke KPP untuk lapor pajak. Dengan bantuan internet, Anda dapat melakukan penyampaian SPT Pajak  ini kapan saja dan dimana saja. Anda dapat mengunjungi website http://djponline.pajak.go.id kemudian klik tombol ‘Daftar’ setelah itu isi Nomor Pokok Wajib Pajak dan nomor EFIN yang sebelumnya telah diperoleh dari KPP, kemudian Anda akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan ke email Anda untuk melakukan aktivasi terhadap proses pendaftaran Anda

b. Hemat Waktu

Pajak-Online

Anda tentunya dapat menghemat waktu dan tenaga karena Anda tidak perlu lagi mengunjungi KPP terdekat untuk melakukan pelaporan. E-filing pajak ini juga secara langsung berdampak pada pengurangan antrian dan volume pekerjaan proses penerimaan SPT. Adanya lapor SPT online bertujuan agar mengurangi jumlah wajib pajak yang datang ke KPP sehingga tidak ada lagi antrean Panjang sehingga proses pelaporan pajak dapat berjalan secara efektif.

c. Berkas Lapor Tersimpan

Filing-Pajak

Dalam pelaporan wajib pajak yang dilakukan secara manual Anda biasanya akan diberi bukti lapor berupa Bukti Penerimaan Surat (BPS) yang berwarna kuning yang sering kali juga disebut sebagai 'bukti kuning'. Pada sistem lapor pajak online ini, bukti lapor tersebut berupa Bukti Penerimaan Elektronik (BPE), yang berisi Nomor Tanda Terima Elektronik (NTTE).

Terdapat 3 jenis SPT untuk wajib pajak orang pribadi yang digunakan untuk penyampaian SPT Tahunan antara lain :

  1. SPT / Formulir 1770 S adalah Surat Pemberitahuan pajak tahunan bagi orang pribadi yang memiliki pendapatan lebih dari Rp 60 juta selama 1 tahun terakhir. 
  2. SPT / Formulir 1770 SS adalah Surat Pemberitahuan pajak tahunan bagi orang pribadi yang memiliki pendapatan kurang dari Rp 60 juta selama 1 tahun terakhir.
  3. SPT / Formulir 1770 yaitu Surat Pemberitahuan pajak tahunan bagi orang pribadi yang memiliki bisnis atau pekerjaan bebas.

Dengan menggunakan e-Filing bukti ini akan tersimpan secara otomatis serta akan tetap aman dan terjaga dari kehilangan.

Sistem ini juga berperan langsung dalam mengurangi volume berkas fisik ataupun dokumen-dokumen perpajakan berbentuk kertas. Pemanfaatan sistem online tentu akan mengurangi penggunaan kertas atau dokumen yang perlu dibawa oleh wajib pajak dan juga berisiko hilang dan rusak saat melakukan penyimpanan.

d. Mempermudah Pembayaran

Efiling-Pajak-Online

Anda tetap dapat melaporkan pajak meskipun kantor pajak sudah tutup melalui layanan pelaporan pajak online ini. Waktu dimana Anda mengunggah file SPT dan mengklik lapor, akan menjadi waktu yang tercatat pada sistem BPE. Sehingga melalui efiling pajak ini, Anda dapat terhindar dari denda yang akan diberikan karena keterlambatan pembayaran pajak dari DJP. Pada penyedia jasa aplikasi e-filing tertentu misalnya, juga selalu mengirimkan email pengingat otomatis yang mengingatkan pengguna aplikasinya untuk melaporkan pajak tepat waktu, bahkan lebih awal, agar terhindar dari masalah teknis.

Baca Juga : Ini Pengertian Lengkap Pajak,Wajib Kamu Ketahui!

Baca Juga :
DISITU
02 Mar 2019
https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201903/190302/Banner/04 DJP Online EFilling Sistem Lapor Pajak Online.jpg

Cara Lapor SPT dengan DJP Online Pajak

Direktorat Jenderal Pajak DJP menawarkan proses lapor pajak online yang lebih praktis, mudah dan bis...

ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT