DISITU
07 Mar 2019

Jangan Tertipu, Jebakan Kartu Kredit Mengincar Anda!

Penggunaan kartu kredit mungkin sudah familiar di telinga Anda. Apalagi sekarang ini di zaman modern rata-rata pembayaran sudah bisa mengakses kartu kredit. Sehingga semua opsi pembayaran tunainya jadi lebih cepat dan simple. Akan tetapi dibalik manfaat penggunaan kartu kredit masih terdapat beberapa jebakan kartu kredit yang sebenarnya bisa memberi efek kurang baik kepada nasabah. Maka dari itu setiap nasabah sebaiknya mencermati apapun yang menjadi indikasi sebuah jebakan sehingga Anda tidak tertipu.

Penipuan seputar kartu kredit sebenarnya sudah tak asing lagi di masyarakat, apalagi sampai sekarang sudah banyak nasabah pengguna kartu kredit mencoba lebih cermat dalam melihat opsi untuk tak tertipu oleh penggunaan kartu kredit. Lalu seperti apa jebakan kartu kredit yang setiap saat bisa mengincar siapa saja?

Baca Juga : Kartu Kredit vs Kartu Debit, Mana yang Lebih Baik?

1. Menyadap Data Kartu Kredit

Jebakan-Kartu-Kredit

Setiap pengguna kartu kredit pastinya memasukkan data pribadi di dalam proses penggunaannya. Bahkan sekarang sudah terdapat modus penipuan yang mana menggunakan sebuah alat penyadap data untuk mengambil semua data secara rahasia. Beberapa data pribadi seperti nomor pin ATM masih sering terjadi seperti yang dipasang pada ATM ataupun EDC di sebuah took hingga restoran.

2. Mengunduh Aplikasi

Jebakan-Kartu-Kredit

Terkadang ada modus penipuan kartu kredit dengan dalih mengunduh aplikasi. Sampai sekarang software ataupun aplikasi memang jadi modus jebakan kartu kredit dimana Anda akan diminta mengunduh sebuah aplikasi palsu. Jika mengunduhnya maka dari identitas ataupun data pribadi akan terserang virus kemudian bisa mengakses data-data pribadi dari ponsel.

3. Menggunakan Mesin EDC Palsu

Jebakan-Kartu-Kredit

Sudah jelas pengguna kartu kredit masih tergiur dengan membeli barang dengan menampilkan mesin EDC. Namun sekarang masih terdapat modus penipuan dengan kedok memanfaatkan mesin EDC palsu. Dari mesin tersebut akan menyalin seperti alat penyadap. Sehingga semua akses mengenai data pribadi sampai PIN ATM dan lainnya sangat mudah diakses.

Baca Juga : Cara Pintar Membuat Kartu Kredit Pertama Kali

4. Pengajuan Kartu Kredit Palsu

Jebakan-Kartu-Kredit

Seperti kita tahu bahwa pengajuan kartu kredit palsu ini sebenarnya sudah menjadi kedok cukup lama dalam penipuan pengajuan kartu kredit. Sampai detik ini pengajuan kartu kredit palsu memang cenderung mudah dilakukan. Sehingga banyak oknum tidak bertanggung jawab yang berani mengajukan pengajuan kartu kredit yang seringkali membuat pihak tertentu merasa dirugikan. Nantinya pihak tertentu akan menawarkan bantuan dengan mengajukan kartu kredit ditambah lagi adanya dana ataupun meminta uang untuk keperluan tersebut. Jadi jangan mudah tergoda oleh jebakan kartu kredit.

5. Hadiah Palsu

Jebakan-Kartu-Kredit

Kemungkinan besar masih terdapat modus penipuan ataupun jebakan kartu kredit yakni dalam bentuk hadiah palsu. Penipuan satu ini kerap menyusahkan pengguna kartu kredit karena memang sangat sulit diidentifikasi. Modusnya dari pihak penipu ini berpura-pura menjadi telemarketing kemudian menghubungi via telepon ataupun email. Kemudian mereka akan meyakinkan nasabah untuk mendapatkan hadiah palsu biasanya berupa voucher belanja ataupun menginap. Setelah itu mereka akan meminta data pribadi setiap nasabah. Dari situlah jebakan kartu kredit dilancarkan dengan mengambil data pribadi ataupun akses pin ATM dan lainnya.

Baca Juga : Trik Jitu Hindari Hutang Kartu Kredit

Jadi bisa kita lihat bahwa berbagai macam bentuk jebakan kartu kredit sebenarnya masih bisa dicegah dengan berhati-hati dan tak tergiur langsung oleh hadiah. Modus penipuan dari pihak tertentu harus segera dilaporkan agar tidak membuat dampak buruk kepada lainnya. Tambahkan keamanan dalam penggunaan kartu kredit kemudian jangan mudah tergiur oleh hadiah ataupun tawaran yang mencurigakan. Karena bisa jadi hal tersebut menjadi modus penipuan yang sebenarnya bisa dengan mudah kita cermati.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT