DISITU
26 Mar 2019

Kekurangan Kartu Kredit Dalam Pemakaian Sehari-hari

Kartu kredit memang menawarkan banyak kemudahan. Cukup berbekal satu kartu maka kita tidak perlu repot membawa banyak uang tunai untuk membayar barang belanjaan. Kartu kredit juga bisa membantu kita dalam membeli barang impian dengan proses mencicil. Biasanya ada banyak toko yang memberikan fasilitas cicilan untuk pembayaran via kartu kredit. Barang pun bisa kita tenteng saat itu juga.

Kartu kredit paling terasa manfaatnya saat kita bepergian ke luar negeri. Hal ini disebabkan tidak semua bank di sana bisa sesuai dengan kartu debit nasional maka solusi untuk mengatasi jika terjadi kondisi darurat keuangan adalah dengan memakai kartu kredit.

Kenali Kekurangan Kartu Kredit

Di balik kemudahan dan manfaat di atas, terdapat kekurangan kartu kredit yang harus diketahui. Berikut adalah beberapa kekurangan kartu kredit agar tidak menyesal di kemudian hari:

1. Membayar iuran bulanan atau tahunan

Membayar iuran bulanan atau tahunan

Kekurangan kartu kredit yang pertama adalah kita wajib membayar iuran per bulan atau per tahun ke pihak yang mengeluarkan kartu kredit. Hal ini tentunya memberikan beban keuangan tersendiri bagi pemakainya di luar jika ada bunga dan biaya lainnya.

Baca Juga : Perhitungan Pembayaran dan Simulasi Kartu Kredit

2. Memicu gaya hidup konsumtif

Memicu gaya hidup konsumtif

Ada cerita tentang banyak orang yang terjebak menjalani gaya hidup konsumtif gara-gara tidak bisa menahan hasrat berbelanja di luar kemampuan lantaran kemudahan yang diberikan oleh kartu kredit. Seperti yang disinggung di atas, kartu kredit memberikan fasilitas kepada pengguna untuk membeli barang incaran dengan proses mencicil. Akhirnya banyak yang tergoda membeli agar menikmati fasilitas cicilan padahal keuangan belum tentu kuat. Belum lagi ada yang tergiur dengan iming-iming diskon untuk jenis kartu kredit tertentu bagi barang tertentu. Yang tidak tahan imannya, kemungkinan akan membeli barang tersebut demi memperoleh diskon meski sebenarnya kurang memerlukannya.

3. Biaya tarik tunai yang tinggi

Biaya tarik tunai yang tinggi

Kekurangan kartu kredit berikutnya adalah pengenaan biaya yang tinggi untuk tarik tunai. Jadi, gunakan kartu kredit untuk penarikan uang tunai hanya dalam kondisi benar-benar memerlukannya saja. Lebih baik pakai kartu debit jika memang kondisi masih memungkinkan.

Baca Juga : Cara Pintar Membuat Kartu Kredit Pertama Kali

4. Adanya minimal transaksi

Adanya minimal transaksi

Beberapa merchant menetapkan minimal transaksi untuk pemakaian kartu kredit. Hal ini dapat memicu sebagian orang tertarik membeli barang atau menggunakan jasa tertentu demi bisa dibayar dengan kartu kredit meski sebenarnya kurang membutuhkannya. Pada akhirnya berujung pada gaya hidup yang boros.

5. Berisiko berurusan dengan debt collector jika gagal bayar

Berisiko berurusan dengan debt collector jika gagal bayar

Kekurangan kartu kredit yang terakhir adalah berisiko berurusan dengan penagih utang atau debt collector jika tidak sanggup membayar tagihan. Para penagih utang ini akan mendatangi rumah jika perlu untuk menagih utang di kartu kredit kita. Tidak jarang yang sampai terseret ke ranah hukum akibat kegagalan dalam membayar hutang kartu kredit. Sebelum ini terjadi harap diingat bahwa memakai kartu kredit berarti mempunyai utang. Setiap pemakaian kartu kredit berarti kita menambah utang baru. Jadi pastikan selalu bisa mengendalikan keinginan agar kita tidak membeli barang yang tidak diperlukan.

Baca Juga : Cara Menambah Limit Kartu Kredit Untuk Keperluan Anda

Godaan Kartu Kredit, Ingat Bayar Tagihan

Hal ini sangat penting mengingat godaan gaya hidup zaman sekarang yang menawarkan banyak kemudahan pembayaran. Jika tidak dilatih untuk menahan godaan tersebut, hidup kita bisa terlilit utang kartu kredit untuk yang tidak perlu. Meski kartu kredit memang memberikan banyak kemudahan tetapi akan tidak gampang untuk membayar tagihannya apabila kondisi keuangan kita tidak cukup. Bijaklah dalam menggunakan kartu kredit agar hanya bermanfaat sesuai keadaan saja.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT