DISITU
27 Mar 2019

Inilah simulasi cicilan kartu kredit BCA untuk Anda

Sebelum melakukan pengajuan kartu kredit, ada baiknya kita melakukan simulasi terlebih dahulu. Hal ini penting agar kita memperoleh gambaran yang harus dibayarkan saat menggunakan kartu kredit. Selain itu, melakukan simulasi memberikan gambaran kesesuaian pembayaran kartu kredit dengan keuangan kita.

Di sini kita akan mencoba melakukan simulasi cicilan kartu kredit BCA. PT Bank Central Asia (BCA) Tbk merupakan salah satu bank terbesar nasional dengan reputasi bagus. Mengeluarkan produk kartu kredit menjadi salah satu cara bank swasta ini menggaet lebih banyak pelanggan.

Simulasi Cicilan Kartu Kredit

Simulasi Cicilan Kartu Kredit

Seperti kami ambil dari situs bank ini sendiri, dalam simulasi cicilan kartu kredit BCA terdapat komponen yang harus diperhatikan, yakni tenur dan jumlah kredit yang diambil. Dengan adanya tabel simulasi cicilan kartu kredit BCA, calon debitur bisa mengetahui berapa bunga yang harus dibayarkan menurut tenor cicilan yang dipilih.

Contoh Cicilan Kartu Kredit

Sebagai contoh, kami akan menaruh simulasi cicilan kartu kredit BCA untuk bunga 0,75 persen. Ambil contoh, kita mengambil nominal Rp500 ribu dengan bunga 0,75 persen. Dalam tabel simulasi cicilan kartu kredit BCA, tersedia beberapa tenur, yakni 12 bulan, 15 bulan, 18 bulan dan 24 bulan. Dengan nominal Rp 500 ribu dan bunga 0,75 persen, cicilan per bulannya menjadi Rp45.417 untuk tenor 12 bulan, Rp37.083 untuk tenur 15 bulan, Rp31.528 untuk tenor 18 bulan dan Rp24.583 untuk tenor 24 bulan. Jumlah tersebut berarti jumlah yang mesti kita bayar yang sudah mencakup bunga 0,75 persen setiap bulannya.

BCA menerapkan rumus seperti ini untuk menghitung simulasi cicilan: harga barang ditambah hasil dari harga barang dikali bunga dikali jangka waktu kemudian dibagi dengan jangka waktu atau tenor yang kita ambil.

Baca Juga : Perhitungan Pembayaran dan Simulasi Kartu Kredit

Pembatalan Cicilan Kartu Kredit

Selain memberikan simulasi di atas, BCA menambahkan ketentuan pembatalan cicilan. BCA membebankan biaya penalti sebesar Rp100 ribu per transaksi bagi pemegang kartu kredit BCA yang membatalkan transaksi cicilannya.

Ubah Transaksi Menjadi Cicilan

Ubah Transaksi Menjadi Cicilan

Pemegang kartu kredit BCA mempunyai keluwesan dalam mengubah transaksi menjadi Cicilan BCA. Mereka bisa mendatangi langsung merchant bertanda Cicilan BCA. Atau, cukup mengirimkan SMS ke 69888 untuk mengubah menjadi Cicilan BCA. Bisa pula dengan menghubungi Halo BCA di 1500888 sehari setelah melakukan transaksi.

Harap mengecek periode berlakunya bunga sebelum melakukan mengubah menjadi transaksi Cicilan BCA. Untuk bunga 0,75 persen di atas, misalkan, hanya berlaku hingga 28 Februari 2019 saja. Jadi pastikan untuk terus memantau perkembangan bunga yang pastinya akan mempengaruhi perhitungan simulasi cicilannya.

Keuntungan Transaksi di Merchant Khusus

Keuntungan Transaksi di Merchant Khusus

Ada ketentuan yang berbeda jika transaksi dilakukan di merchant di luar negeri. BCA memberikan Cicilan 0% khusus untuk transaksi di luar negeri. Pemegang kartu kredit BCA dapat menikmati Cicilan 0% untuk transaksi di luar negeri menurut jenis kartu mereka (BCA Card, BCA Visa Black/Mastercard Black, BCA American Express Premium, BCA VisaMastercard). Ada minimum transaksi yang harus diperhatikan sebelum mengikuti program ini, seperti jumlah minimum transaksi dan di negara mana merchant berada. Program Cicilan 0% ini pun hanya berlangsung sampai 31 Januari 2019 dengan tenur mulai dari tiga hingga 12 bulan.

Baca Juga : Berbagai Promo Kartu Kredit yang Dapat Anda Nikmati

Dengan Cicilan Berarti Tambah Hutang

Demikian informasi tentang simulasi dari kartu kredit BCA. Gunakan simulasi ini dengan bijak agar tidak hanya menambah hutang di kemudian hari akibat terlalu berhasrat membeli barang yang tidak diperlukan demi memanfaatkan program menarik penyedia kartu kredit. Untuk persentase bunga berbeda bisa dihitung sendiri dengan rumus yang sudah tersedia di atas.

Baca Juga :
ARTIKEL TERPOPULER

ARTIKEL TERFAVORIT